Indra Penciuman Pada Manusia : Pengertian, Bagian, Fungsi dan Gangguannya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Penjelasan, Bagian Dan Fungsi Indra Penciuman Pada Manusia Beserta Gangguan Pada Hidung

Indra penciuman: penjelasan, bagian dan fungsinya – alat indra penciuman ini sangat penting sekali peranannya di dalam kehidupan kita guna memperlancar pada setiap aktivitas manusia. Coba saja kalian bayangkan bila tidak ada alat indra kita yang satu ini, tentunya kita akan terbengkalai waktu menjalankan aktivitas kita di setiap harinya. Lalu alat indra lain misalnya seperti indra pendengaran, maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan lancar bersama orang sekitar kita.

Nah, dalam kesempatan kali ini penulis akan memaparkan materi tentang indra penciuman pada manusia. Mari kita simak berikut ulasan lengkapnya dengan bersama sama.

Mengenal indra penciuman

Seperti yang telah kita ketahui secara bersama, bahwa indra penciuman pada manusia ini adalah hidung. Hal bisa kalian bayangkan bila ada satu diantara kalian yang tidak mempunyai hidung, maka apa dampaknya bagi kalian?

Adapun hidup sendiri merupakan reseptor maupun penerima rangsangan yang mempunyai kemampuan guna mendeteksi dan merespon berbagai macam bau yang ada di luar tubuh. indra penciuman maupun bagian bagian hidung tersebut adalah indra yang paling sensitive sebab mempunyai struktur sel secara langsung yang berhubungan dengan sistem pernapasan serta saluran tenggorokan yang terdiri atas lubang hidung dan juga rongga hidung yang mana rongga hidung ini tersusun dari tengkorak dan tulang.

Baca Juga :  Fungsi Penting Alveolus Bagi Paru Paru Manusia

Nah, itu tadi adalah gambaran untuk mengenal indra penciuman. Untuk lebih jelasnya tentang indra penciuman ini akan diulas dengan lengkap bersama dengan bagian bagian lainnya dari indra penciuman untuk kalian.

1. Rongga hidung

Di dalam rongga hidung tersebut ada selaput lendir dan juga rambut tipis atau bulu hidung maupun yang kerap sekali dikenal dengan nama silla. Rongga hidup ini bertugas dengan dibantu oleh tulang hidung dan tengkorak. Mengenai fungsinya dari rongga hidung ini adalah untuk menyebarkan udara khususnya oksigen yang berasal dari luar tubuh tenggorokan untuk menuju pada jaringan bagian bagian paru yang merupakan dari proses terakhir bagian tubuh.

2. Lubang hidung serta bulu hidung

Bulu hidung dan selaput lendir berada di dalam bagian hidung yang memiliki fungsi guna menyaring dan juga melindungi rongga hidung terhadap masuknya benda asing berwujud debu maupun hasil dari reaksi oleh radikal bebas misalnya seperti asap rokok, asap kendaraan maupun benda lainnya.

3. Selaput lendir ( mucus )

Selaput lendir ( mucus ) dipakai menjadi media guna melekatnya kotoran yang telah terbawa dari udara yang memiliki fungsi guna hingga masuk ke dalam bagian rongga hidung. Kalian tentu sering kan membersihkan hidung dan banyak sekali kotoran tersebut, itulah tugas dari selaput lendir.

4. Saraf pendeteksi bau

Saraf pendeteksi dari bau yakni bagian hidung yang paling peka dengan kotoran dan sangat tipis sekali hingga tidak terlihat dengan mata. Apalagi saraf ini dapat mencium bau yang kadarnya paling rendah sekalipun hingga sedang maupun hingga bau yang paling menyengat.

5. Tulang rawan ( tulang lunak )

Tulang rawan yang terdapat dalam hidung ini adalah tulang yang sangat lentur dan juga retak pada saat terkena sebuah benturan yang paling keras. Tulang rawan tersebut sendiri terdiri atas kartilaogo septum maupun lamika kaudran gularis dan kolumela. Adapun kartilaogo tersebut terlapisi dengan bagian perikondrium yang terdapat pada jaringan tulang tulang yang lunak dan juga periosteum ini yang terdapat dalam tulang keras.

Baca Juga :  Usus Halus : Pengertian dan Fungsinya pada Sistem Pencernaan Manusia

Sementara bagian yang terluarnya terlapisi secara kuat oleh si mucus hidung ini. mengenai fungsi utamanya pada bagian tulang rawan hidung tersebut ialah untuk menopang keseluruhan pada bagian hidung supaya bisa bentuknya sesuai pada bentuk yang asli. Apabila tidak ada tulang rawan tersebut, maka hidung pun tidak akan dapat bekerja secara baik.

Fungsi Fungsi Hidung (Indera Penciuman)

Adapun fungsi dari hidung, diantaranya :

1. Menjadi indra penciuman
2. Guna menghirup oksigen
3. Sebagai alat guna mengeluarkan karbondioksida

Gangguan Pada Hidung

1. Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan di bagian rongga hidung sebelah atas. Gejala gejala sinusitis diantaranya rasa sakit di bagian wajah, sakit kepala, keluar ingus bening, demam, rasa sesak di bagian rongga dada, batuk dan sakit tenggorokan.

Sinusitis ini penyebabnya ialah segala sesuatu yang bisa menghambat atau menggangu aliran udara masuk dalam rongga hidung maupun keluarnya mucus atau cairan hidung yang keluar dari hidung. Mucus ini yang terkumpul adalah lahan subur guna pertumbuhan sejumlah bakteri, sehingga mengakibatkan munculnya peradangan.

2. Anesmia

Anesmia merupakan kehilangan rasa bau yang diakibatkan dari :

a. Penyumbatan rongga hidung, seperti pilek ada polip maupun tumor yang ada di rongga hidung
b. Sel rambut rusak di dalam infeksi kronis
c. Gangguan pada saraf I, bulbus dan juga traktus olfaktorius maupun korteks pada otak.

Sekian dulu ulasan tentang indra penciuman: penjelasan, bagian dan fungsinya yang bisa saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Jadi, simpulan dari tulisan ini bahwa alat indra penciuman tersebut merupakan peran sangat penting bagi tubuh manusia. Tujuan dari adanya indra pembau ini salah satunya guna mengindikasi dari molekul molekul yang ada di udara. Terima kasih bagi kalian semua yang telah meluangkan waktu guna membaca artikel ini. Besar dari harapan penulis supaya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua untuk tambahan informasi dan juga bisa memperluas wawasan kalian.

Baca Juga :  Klasifikasi Sistem Saraf pada Manusia beserta Fungsinya

Baca juga:

/* */