Hormon Kelenjar Hipofisis (Depan, Tengah, Belakang) – Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Hormon Kelenjar Hipofisis Depan, Tengah, Belakang Dan Fungsinya

Hormon kelenjar hipofisis dan fungsinya – kelenjar hipofisis merupakan kelenjar endoktrin yang ukurannya sebesar kacang (penghasil hormone) menggunakan berat kurang lebih 0,5 g yang letaknya dibagian bawah tengkorak terjepit antara saraf optic manusia. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang hormon kelenjar hipofisis dan fungsinya. Kelenjar hipofisis tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan manusia dalam melaksnakan kegiatannya sehari-hari, apalagi kelenjar hipofisis tersebut dikenal sebagai kelenjar master.

Kelenjar hifosis tersebut menjadi kelenjar master sebab memiliki fungsi untuk menghantarkan organ yang lain dalam melaksanakan pekerjaan mereka. Sebagai bagian dari contoh kelenjar hipofisis tersebut memiliki fungsi guna memberitahukan kelenjar adrenal bahwa akan menambah ataukah malah mengurangi produksi hormone manusia.
Pada umumnya, hormone dari kelenjar hipofisis tersebut terdiri dari 3 bagian dan pastinya pun emmpunyai fungsi berbeda beda juga. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Hipofisis bagian depan

Ada sejumlah fungsi pada hipofisis bagian depan yang harus kalian ketahui. Untuk lebih detailnya maka kalian dapat menyimak penjelasan yang ada di bawah ini, diantaranya :

  • Menjadi hormone yang menimbulkan ovulasi pada wanita guna menghasilkan sel telur sebagai pembuahan. Selain itu, hormone tersebut pula yang akan berfungsi guna meningkatkan estrogen pada wanita.
  • Menjadi hormone yang fungsinya guna membantu mengontrol jumlah dari lemak serta otot di dalam tubuh.
  • Membantu menyembuhkan luka serta mendukung pula sistem kekebalan tubuh serta membantu guna tumbuh kembang pada anak.
  • Menjadi hormone yang fungsinya guna menghasilkan kortisol, yang terpenting di dalam mengontrol tekanan darah, meningkatkan metabolisme, dan regulasi gula darah dalam tubuh kalian.
  • Menjadi hormone yang fungsinya dalam mengatur denyut nadi maupun denyut jantung yang terdapat dalam tubuh kalian.
Baca Juga :   Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

Hipofisis bagian depan bisa menghasilkan hormone yang dapat mempengaruhi adrenal, payudara, tiroid, testis dan ovarium serta samping sejumlah hormone yang lain. Hipofisis anterior mensintesis serta mengeluarkan hormone endokrin penting misalnya :

  • Hormone adrenokortikrotropik, yakni untuk mengaktifkan kelenjar adrenal.
  • Thyroid-stimulating homonoe, guna merangsang kelenjar tiroid
  • Follicle-stimulating hormone, guna merangsang ovariym dalam wanita serta testis pada proa guna merangsang ovarium saat mengaktifkan ovulasi wanita
  • Luteninizing hormone, guna merangsang testis atau ovarium
  • Hormone pertumbuhan, guna membantu pertumbuhan pada manusia
  • Hormone releasing hormone, guna melepaskan hormone
  • Prolactin, guna mengaktifkan produksi susu sesudah kelahiran anak pada perempuan

Lobus intermedia :

Ada sebuah lobus intermedia pada sejumlah hewan, akan tetapi dasar pada manusia. Seperti contohnya, asumsikan guna mengontrol perubahan warna fisiologi ikan. Untuk manusia dewasa, ini hanya lapisan tipis sel diantara posterior dan anterior. Lobus intermedia menghasilkan sebuah MSH, guna mengendalikan sebuah pigmentasi kulit.

2. Hipofisis bagian tengah

Ada sejumlah fungsi dari hipofisis di bagian tengah yang harus kalian ketahui. Nah, untuk lebih detailnya maka kalian dapat menyimak penjelasan yang ada di bawah ini, diantaranya :

  • Sistem hormone dalam manusia tersebut fungsinya dalam hal yang dapat mempengaruhi kulit pada hal penentuan apa nanti akan jadi gelap dengan berjalannya waktu ke waktu.
  • Menjadi hormone yang fungsinya guna mempengaruhi ujung saraf pada otak.
  • Menjadi hormone yang fungsinya guna mempengaruhi hairah seks serta nafsu makan.

3. Hipofisis di bagian belakang

Ada sejumlah fungsi dari hipofisis pada bagian belakang yang harus kalian ketahui. Nah, untuk lebih detailnya maka kalian dapat menyimak penjelasan yang ada di bawah ini, diantaranya :

  • Menjadi hormone yang bisa berpengaruh terhadap perempuan di waktu yang berbeda, khususnya pada waktu selama serta sehabis melahirkan. Hormone tersebutlah yang nantinya bisa memicu terdapat kontraksi selama persalinan, hingga di masa proses melahirkan.
  • Menjadi hormone yang memiliki fungsi guna menghasilkan air susu seorang ibu pasca melahirkan dan juga hal hal yang lainnya yang bisa mempengaruhi dari keterikatan batin diantara seorang anak dan ibu.
  • Menjadi hormone yang memiliki fungsi guna mengatur kadar air pada tubuh manusia. Hal tersebut manfaatnya pada tekanan darah dan juga membantuk dalam memastikan anatomi ginjal di tubuh manusia tetap memiliki fungsi yang optimal sebagaimana seharusnya.
Baca Juga :   Proses Terjadinya Bersin dan Penyebabnya Lengkap

Hipofisis posterior menyimpan kelenjar serta melepaskan hormone, misalnya:
Oksitosin, dengan memainkan peran utama pada sistem otak manusia sebab termasuk salah satu dari sejumlah hormone guna menghasilkan lingkaran reaksi positif. Seperti, kontraksi rahim dengan membangkitkan pelepasan oksitosin pada hipofisis posterior, dengan berurutan, untuk meningkatkan kontraksi rahim. Lingkara reaksi positif tersebut akan terus berlanjut pad aseluruh proses persalinan wnita. Oksitosin akan merangsang produksi susu seorang wanita.

Hormon antidiuretic (ADH), yakni dalam rangkat meningkatkan penyerapan air menuju dalam darah oleh ginjal. ADH dikenal dengan vasipressin. Yakni yang mengatur keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. apabila hormone ini tanpa dirilis secara benar atau malah terlalu banyak maka hormon tersebut bernama sidrom sekresi ADH. Keduanya kondisi tersebut akan berpengaruh pada ginjal.

Kedua dari kelenjar anterior serta posterior dengan fungsional berhubungan dengan jipotalamus dari tangkai hipofisis. Hal tersebut dari hipotalamus bahwa faktor tropic hipotalamus dengan dibuang menuju bergerak bawah tangkai hipofisis menuju kelenjar pituitary yang mana mereka akan membangkitkan pembuangan pad ahormon hipofisis.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap tentang hormon kelenjar hipofisis dan fungsinya. jadi, hormone kelenjar hipofisis ini sangat berperan penting sebab untuk menyampaikan sebuah esan dari otak caranya dengan dikenal sebagai hipotalamus. Semoga bermanfaat.

Baca juga: