Hormon Karrikin Pada Tumbuhan : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Rate this post

Hormon Karrikin Pada Tumbuhan : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Hormon karrikin pada tumbuhan – semua tumbuh pasti mempunyai perangssang untuk membantu dalam proses pertumbuhan tersebut dan bisa meningkatkan pula kualitas dalam pertumbuhan. Hormone tumbuhan ialah perangsang di dalam tumbuhan. Fungsi dari adanya hormone tumbuhan ialah untuk membuat tumbuhan bertumbuh secara lebih sempurna efektif dan juga efesien dalam proses pertumbuhannya. Pada kesempatan kali ini akan diulas tentang hormone karrikin pada tumbuhan.
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hormone karrikin, alangkah lebih baiknya kita mengenal dulu apa yang dimaksud dengan hormone tumbuhan.

Pengertian Hormon Tumbuhan

Hormone tumbuhan ialah serangkaian dari senyawa organic baik berbentuk secara ilmia maupun buatan manusia yang bisa mendorong, menghambat, maupun mengubah perkembangan, pertumbuhan dan juga pergerakan tumbuhan. Kata “hormone” ini memakai analogi fungsi hormone dalam hewan.

Akan tetapi, hal ini tetap saja berbeda dengan hormone pada hewan. Untuk hormone tumbuhan sifatnya dapat endogen, dimana hasil tersebut dari dirinya sendiri ( individu maupun dari individunya sendiri ).
Lain halnya dengan hormone yang ada pada hewan, sel kelenjar ini tidak menghasilkan pada tumbuhan. Namun, dibentuk oleh sel yang ada tempat tertentu dalam tumbuhan, ujung akar serta tunas ialah tempat yang sangat utama tempat yang mana bertumbuhnya hormone ini.

Hormone dalam tumbuhan ialah zat pengatur tumbuhan yang sifatnya alami, atau dapat pula dibuat manusia yang bisa memacu, mendorong, serta menghambat perkembangan pertumbuhan dalam suatu pertumbuhan.

Baca Juga :  Cara Mencangkok Tanaman yang Benar dan Cepat Tumbuh

Fungsi Hormon Dalam Tumbuhan

• Mampu memberikan rangsanga guna memperpanjang sel dalam tumbuhan didaerah titik yang mana tumbuhan ini tumbuh.
• Memberikan rangsangan pada proses pembentun akar.
• Mampu merangsang dalam proses perkecambahan biji.
• Mampu merangsang dalam proses pembuahan serta pembuangan pada tumbuhan.
Hormone terdiri atas dua kelompok, yakni terdapat hormone menjadi pemicu pertumbuhan da nada pula hormone yang sifatnya menjadi hormone penghambat proses pertumbuhan.

Jenis Hormon Tumbuhan

Terdapat banyak sekali jumlah dari hormone tumbuhan yang pastinya mempunyai fungsi berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, baik itu untuk tumbuhan hidupnya didataran rendah dan di dataran tinggi. Akan tetapi yang terpenting dari ini semua ialah bahwasannya seluruh jenis hormone tumbuhan ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu guna mendukung dalam proses pertumbuhan maupun perkembangan dari tumbuhan tersebut sendiri dengan fisiologinya.

Ada beberapa jenis hormone tumbuhan yakni antara lain :
1. Hormone auksin, fungsinya menjadi perangsang pembentukan bunga dan buah untuk membentuk akar.
2. Hormone giberelin, fungsinya membantu perkecambahan biji, tanaman bisa cepat berbunga, mampu menghasilkan buah tumbuhan tak berbiji, dll.
3. Hormone etilen, fungsinya mempercepat buah agar masak.
4. Hormone absisat, fungsinya menghambat pertumbuhan.
5. Hormone kalin, fungsinya mendorong organ akar tumbuh.
6. Hormone sitokinin, funsinya membantu merangsang pemeblahan sel dan memperlambat pertumbuhan.
7. Hormone asam traumalin, fungsinya mampu melahirkan sel baru sedang rusak.
8. Hormone brassinosteroids, fungsinya menstimulasi pertumbuhan tumbuhan.
9. Hormone asam salisik, fungsinya menghidupkan gen.
10. Hormone jasmonates, fungsinya membentuk protein melawan serangan organisme pengganggu.
11. Hormone peptide, fungsinya pertahanan.
12. Hormone karikkin

Nah, adapun materi maupun bahasan yang nantinya kita kaji ini tentang salah satu dari jenis hormone tumbuhan, yakni hormone karakkin. Untuk informasi dan penjelasan lengkapnya mengenai hormone karikkin maka langsung saja simak dibawah ini.

Baca Juga :  13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Ciri dan Contohnya lengkap

Pengertian Hormon Karikkin

Hormone karikkin ialah salah satu jenis hormone yang ada dalam tumbuhan yang merupakan golongan dari regulator tumbuhan yang dijumpai maupun ada dikarenakan terbakarnya bagian maupun satu tumbuhan yang fungsinya menjadi stimulant perkecambahan biji jadi timbullah ciri-ciri tumbuhan biji.

Atau dalam arti lainnya dari hormone karikkin ialah sekelompok regulator pertumbuhan tanaman yang dijumpai dalam asap berbahan tanaman yang telah terbakar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya asap kebakaran dari hutan yang akan mempengaruhi pada perangsangan pekecambahan biji yang ada di sekitar daerah hutan yang sedang terbakar itu.

Baru-baru ini, senyawa yang berhubungan erat dengan hormone karikkin ini ditemukan di dalam asap dan dengan kolektif dikenal menjadi hormone karikkin. Adapun jenis pada kolektif dari hormone karikkin ini diantaranya ialah sebagai berikut :
• KAR 1
• KAR 2
• KAR 3
• KAR 4
• KAR 5
• KAR 6
Diantara jenis hormone karikkin diatas ini, unsur yang paling aktif ialah kar 1 dan kar 4.

Fungsi Hormon Karikkin

Berikut ini adalah sejumlah fungsi dari hormone karikkin, diantaranya ialah sebagai berikut :
• Menjadi hormone yang fungsinya untuk merangsang perkecambahan biji sebab dari adanya unsur terbakar di sebagian maupun keseluruhan dari sebuah tanaman.
• Menjadi hormone yang fungsinya guna meningkatkan kekuatan dari biji tanaman.
• Menjadi hormone yang fungsinua guna menghasilkan hipokotil dalam tanaman yang jauh lebih pendek serta kotiledon yang lebih besar.
• Menjadi hormone yang fungsinya guna perkembangan daun saat terdapat kebakaran di sebagian maupun keseluruhan dari sebuah tanaman.
• Menjadi hormone yang fungsinya sebagai pengaruh dari pembiusan ( photomorphogenesi )
• Menjadi hormone yang fungsinya guna mempengaruhi aspek lainnya dalam tumbuhan dengan keseluruhan.

Baca Juga :  Daun : Pengertian, Bagian-Bagian, Struktur dan Penjelasannya Lengkap

Nah, itulah sejumlah fungsi dari hormon karikkin pada tumbuhan. Selain itu, kegiatan dari hormone karikkin pada tumbuhan ini memerlukan protein F-box yang namanya more axilarry growth 2 yang termasuk dalam homoloh protein yang dibutuhkan hormone karikkin guna pensinyalan dalam melakukan fungsi dan tugasnya dalam tumbuhan, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kalian mengenai hormon karikkin. Terima kasih.

Baca juga:

/* */