Hormon Enkephalin : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Hormon Enkephalin

Hormon enkephalin : cara kerja dan fungsinya – encephalin atau kerap dijuluki dengan sebutan endorphin ialah petapeptide yang ikut terlibat mengatur nosiseptif dalam tubuh. Enkephalins dikenal dengan nama endogen, sebab mereka secara internalnya ini asalnya serta mengikat reseptor opioid tubuh. Penemuannya sejak tahun 1975, yakni menemukan dua bentuk enfekalin. Satunya mengandung “leu” atau leusin, dan lainnya ini mengandung metionin “bertemu”.

Zat edorfin ialah senyawa kimia guna kekebalan tubuh atau untuk system imun yang membuat sesorang menjadi terasa senang. Endorphin di produksi oleh dalam tubuh ( kelenjar pituirary ) yakni di saat kita sedang melakukan istirahat yang cukup dan pada waktu kita merasaka bahagia atau tertawa. Selama ini manfaat dari endorphin sudah dikenal menjadi zat yang banyak manfaatnya.

Sebagian diantaranya ialah bisa mengatur produksi zat pada pertumbuhan dan seks, lalu mengendalikan rasa nyeri dan sakit yang menetap, meningkatkan system kekebalan tubuh dan mengendalikan perasaan stress. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai hormon enkephelin : cara kerja dan fungsinya, berikut uraiannya :

Cara kerja Hormon Enkephalin

Enkephelin ialah petapeptida dengan mengandung asam amino minimum yang dibutuhkan guna kegiatan opioid. Lokalisasi serat serat enkephalinergik ini sudah diteliti dalam sebuah tanduk dorsal spinal, zat periaqueductal, spinal trigeminal nucleus, korteks serebral serta medulla oblongata dan juga daerah daerah yag lain dalam otak.
Sejumlah serta yang mengandung dengan enkephelin ini tidak dominan membentuk saluran saluran yang panjang serta peptide petida tersebut mengandung khususnya dalam iterneuron yang mempunyai akson akson dengan singkat. Bertemunya encephalin ini dengan urutan peptide dikodekan oleh gen yang baik encephalin serta gen endorphin ( sering dikenal dengan POMC gen ), yang leu – encephalin dengan urutan dikodekan oleh gen baik enkepalin serta gen dynorphin.

Baca Juga :  10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

Encephalin ialah termasuk satu dari dua pentapeptides ( atau en-kephalin serta bertemu dengan encephalin ) sehingga mengalami di otak serta sumsung tulang belakang dan pula terjadi dalam saluran pencernaan, maka mereka mempunyai candu yang ampuh mirip dengan efek serta mungkin fungsinya menjadi neurotransmitter. Yakni salah satu dari dua bagian penghilang rasa pentapeptides di produksi dalam tubuh, dan letaknya ini ada di hormone kelenjar hidpofisis, otak serta saluran pencernaan.

Akson terminal yang rilis dari encephalin terkosentrasi pad atanduk posterior dari materi abu – abu dari bagian sumsum tulang belakang ( atau di ruas tulang belakang ), dibagian tengah dari thalamusnya serta di amigdala dari bagian system limbic otak besar. Dari masing – masingnya tersebut terdiri atas 5 asam amino yang ada di metionin – encephalin serta isoleusin – encephalin, dan untuk 4 diantaranya ialah identic dalam keuda senyawa.

Kedua neuron neuropeptide ini bisa meekan di seluruh system saraf pusat pada manusia. Walaupun tidak diketahui persis bagaimana dari fungsinya neuropeptide ini. Untuk enkephalins ialah pembuluh rasa sakit alami serta mungkin terlibat bersama dengan neuropeptide lainnya di dalam pengembangan perilaku psychopathologic dalam sejumlah kasusnya.

Fungsi Hormon Endorphin Atau Enkephalins

Di dalam tubuh manusia mempunyai sebuah mekaisme pertahanan yang berfungsi agar ketika menghadapi sebuah stress maka tidak akan menimbulkan dampak yang akan merugikan untuk tubuh ataupu malah justru akan menekan rasa sakit itu di bagian tubuh. Berikut mengenai fungsinya, antara lain :

  1. Pada saat seseorang mengalami luka, maka impuls nyeri akan menjalar dari bagian sumsum tulang belakang menuju ke otak sebab endorphin ini akan dahulu dikneal menjadi natural painkiller.
  2. Orang itu tetap bisa fokus serta tidak membiarkan pendapat nyeri ini bisa memicu rasa panic serta stress di dalam tubuh sebab di otaknya, endorphin bisa memblok dan juga menekan rasa nyeri dengan harapan agat tubuh bisa merasakan nyeri.
  3. Endorphin pun adalah suatu zat dalam tubuh yang fungsinya dalam regulasi stress, menekan dari rasa nyeri, menghambat proses penuaan, meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol nafsu makan, menurunkan tekanan darah, serta memberikan reward sistem atau memberikan rasa senang di bagian otak dan juga mood.
  4. Untuk kekebalan tubuh. maksudnya ialah selain mencegah memburuknya emosi kita, juga bahagia yang akan merangsang munculnya zat imunitas. Dengan endorphin maka perasaan kita akan menjadi lebih rileks, dan pastinya kita juga akan menjadi lebih mudah untuk mengontrolnya. Mengontrol diri kita terhadap amarah sekaligus untuk berfikir positiof dengan cara mengutamakan kesabaran.
Baca Juga :  5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

Kelebihan Hormon Endorphin/ Encephalin

Endorphin bisa menghasilkan perasaan eurofia yang paling mirip dengan yang dihasilkan opioid yang lain. Akan tetapi jika kadarnya terlalu bnayak, sehingga dalam waktu lama bisa menyebabkan seseorang selalu merasa disudutkan/ terancam serta menimbulkan reflex cemas serta ketakutan di setiap hal kecilnya. Hal tersebut disebabkan tubuh dibanjiri endorphin secara alami mengasumsikan bahwa datang menyakitkan.
Kelebihan endorphin diduga bertugas dalam gangguan epersonalisasi, hal tersebut terlihat adanya perbaikan dari pasien gangguan depersonalisasi sesudah memperoleh pengobatan menggunakan antidotum opiate naloxone/ naltrekson.

Kekuarangan Hormon Endorphin

Kadar endorphin rendah bisa mengakibatkan gangguan kepribadian khususnya dalam regulasi perasaan serta mood. Kekurangan endorphin diketahui bahwa berkaitan dengan sejumlah kelainan misalnya depresi, ambang rangsang rendah pada nyeri serta sensasi nyeri kronis tidak jelas penyebabnya.
Itulah pembahasan tentang hormon enkephalin : cara kerja dan fungsinya. dalam dunia psikiatri ini, percobaan pada penggunaan hormone endorphin menjadi terapi dari gangguan jiswa sudah banyak dijalankan. Semoga tulisan yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat dari penulis.

Baca juga:

/* */