Hewan Berdarah Dingin Dan Panas Beserta Contohnya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Hewan Berdarah Dingin Dan Panas Beserta Contohnya Terlengkap

Hewan berdarah dingin dan panas beserta contohnya – hewan berdarah dingin merupakan hewan yang dapat mengatur suhu tubuhnya sesuai dilingkungannya dan adaptasi dengan lingkungannya. Diantaranya hewan tersebut ikan, amfibi, serangga, reptile dan arakhnida. Sementara hewan berdarah panas bisa mempertahankan diri suhu tubuhnya dalam keadaan konstan walaupun cuacanya panas dan dingin. Misalnya seperti mamalia dan aves. Berikut ini akan dibahas tentang Hewan berdarah dingin dan panas beserta contohnya.

Karakteristik Hewan Berdarah Dingin

Bila dibandingkan dengan jenis hewan yang darahnya panas, hewan yang berdarah dingin mempunyai sejumlah karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai gerakan tubuh lebih cepat
    Contohnya yakni ikan dan belalang yang akan memberikan respon dengan cara berenang maupun terbang secara cepat jika terasa terancam.
  2. Bisa bertahan hidup walaupun tanpa makan berhari-hari
    Hewan berdarah dingin ini lebih kuat, jadi ia dapat hidup berhari-hari tanpa makan. Misalnya seperti mamalia da naves.
  3. Mengganti kulitnya
    Ciri khas hewan ini salah saunya dapat mengganti warna kulit.

Contoh Hewan Berdarah Dingin

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa yang termasuk dalam hewan berdarah dingin ialah serangga, reptile, amfibi, ikan, dan arakhinda.

  1. Reptile
    Nah, kadal dan ular adalah termasuk sejumlah contoh dari hewan berdarah dingin yang tergolong dalam reptile. Reptile adalah jenis hewan yang berdarah dingin yang bisa bertahan hidup dengan tidak makan selama berhari-hari. Dan bahkan ular ini bisa bertahan hidup selama 3 bulan walaupun tanpa makan dan minum. Sejumlah jenis reptile memang melakukan hibernasi di musim dingin tiba.
  2. Serangga
    Seluruh jenis serangga ini tergolong dalam hewan berdarag dingin invertebrate. Serangga kadang akan berpindah tempat guna melakukan penyesuaian suhu tubuhnya. Apalagi sering ditemui segerombol belalang yang akan melakukan migrasi ditempat tandus menuju ke lokasi subuh lingkungan dingin.
  3. Arachnida
    Arachnida ialah hewan invertebrate yang tergolong dalam jenis hewan berdarah dingin. Laba laba dan juga kalajengking ialah 2 contoh hewan yang berdaraah dingin. Hewan inilah yang bisa bertahan di suhu paling dingin atau panas.
  4. Amfibi
    Buaya dan katak ialah contoh dari jenis hewan amfibi yang berdarah dingin. Dari keduanya ini bisa bertahan hidup dalam air atau daratan.
  5. Ikan
    Ikan adalah salah satu jenis hewan vertebrata yang berdarah dingin. Ikan mempunyai kemampuan dalam menyesuaikan suhu tubuh secara baik. Di saat siang hari, suhu tubuh pada ikan akan terus meningkat, yakni sesuai dengan suhu tempat dimana ia tinggal. Sementara di malam harinya ini, suhu tubuhnya akan mengalami penurunan dan menyesuaikan lingkungannya yang dingin.
Baca Juga :  Daur Hidup Nyamuk, Cara Berkembang, Penyakit dan Cara Mengatasinya

Hewan Berdarah Panas

Hewan berdarah panas ini dikenal dengan homeoterm. Dua jenis hewan yang tergolong dalam cuaca panas dan dingin ialah mamalia dan aves. Hewan yang berdarah panas bisa mempertahankan suhu dalam tubuhnya dengan kondisi konstan walaupun cuacanya sangat dingin maupun panas.

Mamalia mempunyai kemampuan dalam mempertahankan suhu tubuhnya dengan sekitar 36 derajat celcius, sementara aves akan bisa mempertahankan suhu tubuhnya ini dengan berkisar 40 derajat Celsius. Apabila hewan yang berdarah dingin mempunyai suhu tubuh denganhampir salam pada suhu tubuh lingkungannya, maka hal ini lain dengan hewan yang berdarah panas. Hewan berdarah panas ini akan mempertahankan suhu tubuhnya dengan kisaran tertentu walaupun suhu pada lingkungan tersebut sangat panas maupun sangat dingin.

Hewan berdarah panas bisa mempertahankan suhu tubuhnya ini dengan di bantu otak. Ketika suhu lingkungan ini terlalu dingin, maka hewan yang berdarah panas ini akan menyimpan panas tubuhnya, sementara ketika cuacanta yang sangat panas maka hewan yang berjenis darah panas tersebut akan mengurangi pertahanan suhu tubuhnya caranya dengan berkeringat.

Contoh Hewan Berdarah Panas Serta Karakteristiknya

  1. Mamalia
    Hewan mamalia ini tergolong dalam hewan berdarah panas. Sejumlah jenis mamalia mencakup sapi, primate, kambing, singa dan masih banyak lainnya. mamalia mempunyai kelenjar keringat yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuhnya. Kelenjar keringat itu yang dapat mengeluarkan keringat ketika di suhu lingkungannya sangat panas. Hal ini bisa mempertahankan suhu pada mamalia dengan berkisar 36 derajat Celsius serta mencegah tubuh pada mamalia terhadap overheat.
  2. Aves
    Aves maupun burung merupakan jenis hewan yang berdarah panas. Sama halnya mamalia, burung pun mempunyai jantung disertai empat bilik. Burung pun mempunyai kemampua dalam mempertahankan suhu tubuhnya dengan sekitar 40 derajat Celsius. Burung mempunyai cara dalam berkembangbiak yakni bertelur.
  3. Ikan paus
    Ikan paus ialah salah satu jenis mamalia yang berdarah dingin. Paus mempunyai lapisan lemak lumayan tebal guna menjaga tubuhnya supaya tetap hangat walaupun suhu di lautan sangat dingin. Semua jenis mamalia mempunyai rambut, setidaknya di seluruh siklus hidupnya. Begitu juga dengan ikan paus. Ketika dilahirkan, maka ikan paus mempunyai rambut pula disemua tubunya serta perapasannya memakai paru-paru semua.
Baca Juga :  Jenis - jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Itulah sejumlah hal tentang hewan berdarah dingin dan panas beserta contohnya. Dapat disimpulkan bahwa hewan dibagi dua jenis, yakni berdarah panas dan dingin. Namun, yang perlu kalian ketahui dari pembahasan ini bahwa terdapat dua hewan yang tidak tergolong dalam hewan berdarah panas dan dingin. Keduaya ini ialah kelelawar dan echidnas. Kelelawar ialah jenis hewan mamalia tanpa pertahanan tubuhnya dengan konstan, sementara echidna mempunyai kisaran suhu pada tubuhnya yakni antara 77 hingga 98 derajat fahrenheit sehingga ia mempunyai kesulitan di dalam hal penurunan suhu tubuhnya, dan masih ada lagi lainnya. Semoga dapat menambah ilmu kalian.

Baca juga:

/* */