Ginjal : Bagian Bagian, dan Sebab Akibat Kerusakan Pada Ginjal Terlengkap

3 (60%) 2 vote[s]

Bagian Bagian Ginjal, dan Sebab Akibat Kerusakan Pada Ginjal

Ginjal – Manusia mempunyai sepasang ginjal, yaitu letaknya di belakang perut atau abdomen tepat di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, di bagian bawah hati dan limpa. Di bagian atas (superior) ginjal ada sebuah kelenjar adrenal (atau disebut kelenjar suprarenal).

Bagian Bagian Ginjal

Sebagai salah satu bagian dari sistem urin, fungsi ginjal ini menyaring kotoran (terutama urea) dari darah lalu membuangnya bersama dengan air berupa urin. Cabang dari kedokteran telah mempelajari ginjal dan penyakitnya dengan nama nefrologi.

Ginjal ialah sepasang organ saluran kemih yang berada di rongga retroperitoneal bagian atas. Bentuknya seperti kacang dengan sisi cekungnya yang menghadap ke medial. Kedua ginjal berada di sekitar vertebra T12 sampai L3. Ginjal kanan biasanya berada sedikit di bawah ginjal kiri sebagai pemberi tempat untuk hati.
Sebagian pada bagian atas ginjal dilindungi oleh iga ke sebelas serta duabelas. Kedua ginjal dibungkus dengan dua lapisan lemak yakni lemak perirenal dan lemak pararenal sebagai peredam goncangan.

Bagian-Bagian Ginjal Manusia

Secara umum, anatomi/ bagian-bagian ginjal manusia terdiri atas tiga bagian, yakni korteks ginjal, medula ginjal, serta pelvis ginjal.

Baca Juga :  Macam Macam Enzim Pada Pencernaan Manusia Terlengkap

a. Korteks ginjal

Korteks ialah bagian ginjal terluar yang dikelilingi dengan kapsul ginjal dan lapisan lemak. Fungsinya untuk melindungi struktur bagian dalam ginjal dari kerusakan.

b. Medula ginjal

Medula ginjal merupakan bagian ginjal terhalus. Medula ginjal terdiri atas lengkung Henle dan piramida ginjal, yakni struktur kecil berisi nefron dan tubulus. Tubulus inilah fungsinya mengangkut cairan masuk ke ginjal serta mengangkut urine keluar dari ginjal.

c. Pelvis ginjal

Pelvis ginjal ialah bagian terdalam ginjal berbentuk corong. Fungsinya sebagai jalur bagi cairan berpindah dari ginjal ke kandung kemih.

Selain bagian-bagian ginjal diatas, ginjal juga terdiri atas nefron. Nefron ini letaknya di sepanjang korteks sampai medula ginjal. Fungsi nefron menyaring darah, menyerap nutrisi, serta mengalirkan zat-zat buangan menuju urine. Nefron terdiri atas dua bagian, yakni: Badan malphigi dan Tubulus ginjal.

Sebab-Akibat Kerusakan pada Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Ginjal mendetoksifikasi darah, membantu tubuh menyaring bahan limbah lewat urin, menghilangkan kelebihan air dalam tubuh/ mempertahankannya saat dibutuhkan. Mereka yang mengatur kadar fosfat, kalsium, serta mineral lain dalam tubuh.

Ginjal juga membantu mengatur tekanan darah karena dapat menghasilkan hormon penting, serta dalam produksi sel darah merah dapat membawa nutrisi penting serta oksigen ke seluruh tubuh.
Karena mempunyai banyak fungsi penting di dalam tubuh, jadi penting untuk kita dalam menjaga kesehatan ginjal supaya dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa gejala umum masalah ginjal antara lain:

  • Perubahan kuantitas dan warna urin
  • Muntah
  • Pusing
  • Masalah pernapasan
  • Anemia
  • Kelelahan
  • Bau mulut
  • Sering merasa dingin
  • Rasa sakit tiba-tiba muncul di dalam tubuh
  • Dan kulit gatal.
Baca Juga :  10 Jenis Kelainan Mata yang Harus Diwaspadai

Masalah ginjal bisa disebabkan oleh beberapa alasan yang berbeda, namun ada kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal. Berikut ini masalnya:

1. Menunda Keinginan Saat Buang Air Kecil

Tidak mengosongkan kandung kemih dengan tepat waktu, maka urin akan tetap berada di kandung kemih dengan periode yang lebih lama. Sehingga hal ini akan mengalikan pembiakan bakteri dalam urin. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih atau ginjal. Mempertahankan urin bisa menyebabkan inkontinensia urin serta gagal ginjal sebab meningkatnya tekanan pada ginjal.

2. Asupan Air Yang Kurang

Apabila tubuh kekurangan air, maka lebih sedikit aliran darah ke ginjal. Hal ini menghambat kemampuan ginjal dalam membuang racun dari tubuh dan penumpukan racun. Jumlah konsumsi air yaitu 10-12 gelas/hari. Semakin banyak minum maka tubuh akan terhidrasi dengan baik serta ginjal akan sehat dan juga mengeraskan fungsi ginjal.

3. Asupan Garam Tinggi

Asupan garam yang banyak dapat meningkatkan kuantitas protein urin sehingga memicu penyakit ginjal. Konsumsi garam >5gram/hari akan berbahaya untuk ginjal serta kesehatan umum lainnya.

4. Penggunaan Analgesik Dengan Biasa

Analgesik adalah obat penghilang rasa sakit, dan ini harus melalui resep dokter. Analgesik harus dengan singkat dan dosis serendah mungkin.

5. Diet Tinggi Protein

Asupan tinggi protein ini akan meningkatkan beban metabolik ginjal. Oleh karena itu, batasi jumlah konsumsi daging, bahkan yang sudah menderita penyakit ginjal segera berhenti mengonsumsinya sebab akan semakin memperburuk.

6. Mengkonsumsi Alkohol Berlebih

Minum alkohol dengan jumlah berlebihan, menyebabkan obstruksi tubular sehingga meningkatkan risiko gagal ginjal.

7. Merokok

Merokok akan meningkatkan detak jantung dan juga tekanan darah, serta menurunkan aliran darah dan juga menyempitkan pembuluh darah pada ginjal.

Baca Juga :  7 Bagian Tubuh Manusia Yang Tak Berhenti Tumbuh dan Cara Mengoptimalkannya Lengkap

8. Terlalu Sering Mengonsumsi Kafein

Jika terlalu banyak kafein, maka akan memicuu tekanan darah meningkat yang akan membebani pada fungsi ginjal. Kidney International dalam sebuah studi tahun 2002 menyatakan “konsumsi kafein berhubungan dengan batu ginjal”. Kafein bisa memicu ekskresi kalsium dalam urin.

9. Mengabaikan Infeksi Umum

Mengabaikan batuk, pilek, amandel, faringitis, flu, radang dan infeksi umum lain dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal yang serius. Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

10. Kurang Tidur

Tidur 6-8 jam sangat penting bagi kesehatan secara kompleks. Menurut banyak penelitian, bahwa tidur yang tidak benar bisa menyebabkan penyumbatan arteri yang meningkat (aetherosclerosis) dan tekanan darah tinggi yang memicu pada risiko kerusakan ginjal.

Demikian pembahasan tentangginjal. Setiap orang mempunyai sepasang ginjal dalam tubuhnya. Sama seperti organ lainnya, kamu harus menjaga kesehatan ginjal supaya organ yang satu ini bisa bekerja secara optimal dan juga terbebas dari penyakit ginjal.

Baca juga:

/* */