9 Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia

5 (100%) 1 vote[s]

Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia

Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia – Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari banyak pulau dan sering disebut dengan Negara kepulauan. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki hutan mangrove terbesar di dunia. Selain itu, hutan mangrove mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia yang ada di bumi termasuk Indonesia.

Manfaat yang diberikan oleh hutan mangrove atau bakau dapat dinikmati secara langsung ataupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir pantai. Umumnya hutan bakau atau mangrove merupakan hutan yang tumbuh di rawa-rawa berair payau yang terletak digaris pantai. Hutan ini juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut tepatnya di daerah pantai serta disekitar muara sungai.

Dengan adanya hutan bakau atau mangrove dapat membantu melestarikan lingkungan dan ekosistem dapat tetap terjaga dengan baik. Hutan mangrove memang memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghindari pengikisan yang umumnya disebabkan oleh air laut. Fungsi lainnya, hutan ini juga berperan dalam menahan ombak yang tinggi serta dapat juga menghalangi tiupan angin yang kencang yang datang dari laut menuju ke darat. Selain itu terdapat beberapa Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia, yang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu fungsi ekonomis dan juga fungsi biologis.

Baca Juga :  Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan 

Fungsi Hutan Mangrove Secara Ekonomis Bagi Manusia

Berikut ini beberapa fungsi hutan mangrove secara ekonomis bagi manusia yang disertai dengan penjelasannya.

1. Dapat dimanfaatkan batang atau kayunya

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomis, kayu atau batang mangrove dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, salah satu bahan untuk konstruksi, dan dapat juga dibuat menjadi arang. Hal ini secara langsung dapat menyongkong perekonomian warga yang hidup dipesisir pantai atau disekitar hutan bakau tersebut. Selain itu, terdapat beberapa orang yang menafaatkannya sebagai tiang atau pancang. Ada juga yang memanfaatkan sebagai serbuk kayu yang nantinya dapat diolah menjadi bahan bakar untuk memasak.

2. Dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan, udang, atau kepiting

Sering kita jumpai, bahwa hutan mangrove sering digunakan sebagai tempat untuk budidaya ikan, udang dan kepiting. Hal tersebut karena udang lebih cenderung nyaman dan dapat berkembangbiak dengan baik karena terdapat bagian akar yang dapat digunakan sebagai temoat sembunyi dari musuh. Selain untuk udah, hutan mangrove juga dapat diguanakan untuk buddaya ikan atau kepiting.

3. Dapat digunakan sebagai destinasi wisata

Selain sebagai tempat budidaya hutan mangrove juga dapat digunakan sebagai destinasi wisata. Mengingat saat ini destinasi wisata dengan background yang unik dengan hutan mangrove sedang buming. Maka dari itu, masyarakat sekitar dapat memanfaaatkan hutan tersebut dan mendandani dengan maksimal mungkin agar menarik bagi pengunjung. Hal inilah yang akan menambah penghasilan bagi masyarakat.

4. Umumnya digunakan untuk konservasi, penelitian ataupun pendidikan

Selain sebagai destinasi wisata hutan ini juga dapat digunakan sebagai tempat konservasi, penelitian dan juga pendidikan. Hal ini dapat lebih menguntungkan, karena selain wisata dapat juga belajar dan memilih spot foto yang bagus.

Baca Juga :  6 Tanaman Buah yang Disebutkan Dalam Al-Quran dan Sejuta Manfaatnya

Fungsi Hutan Mangrove Secara Biologis Bagi Manusia

Selain memiliki fungsi atau manfaat secara ekonomis bagi manusia, hutan mangrove juga berfungsi secara biologis. Berikut ini Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia beserta penjelasannya.

1. Mengurangi dan mencegah pengikisan yang disebabkan oleh air laut

Indonesia memiliki pantai yang luas dan hanya beberapa saja yang ditumbuhi dengan hutan mangrove yang berfungsu sebagau mencegah pengikisan. Oleh karena itu, pesisir pantai yang belum ada hutan bakau atau mangrovenya perlu ditanami agar terhindar dari pengikisan. Hal ini apabila tidak segera diperhatikan dan dibiarkan saja, maka lama kelamaan luas daratan akan semakin berkurang. Untuk itu penanganan dan penanggulangan secepat mungkin sangat diperlukan.

2. Untuk menahan angin yang bertiup dari laut

Pada umumnya intensitas angina yang terlalu kencang dari laut ke darat akan beresiko merusak ruman serta bangunan yang ada di daerah pesisir pantai. Namun, apabila ada hutan mangrove angin menjadi terhalangi dan intensitasnya menjadi berkurang saat sampai ke daratan.

3. Sebagai penetralisir pencemaran air laut (polutan)

Sekarang ini air laut telah banyak tercemar dikarenakan ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka seenaknya membuang limbah dan sampah-sampah plastik di laut. Hal ini yang membuat kondisi air laut memprihatinkan, banyak zat-zat beracun yang dapat membahayakan makhluk hidup. Dengan adanya hutan mangrove maka kandungan zat-zat akibat pencemaran ini dapat dinetralisir oleh akar-akar mangrove sehingga kondisi air dapat lebih baik.

Maka dari itu adanya hutan mangrove sangatlah berperan penting untuk menjaga keberadaan ekosistem yang ada serta membantu menyelamatkan lingkunga dari dampak bahaya pencemaran.

4. Sebagai tempat untuk berlindung satwa

Hutan mangrove sering digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung serta tempat berkembangbiak bagi satwa liar, misalnya burung dan hewan lainnya. Hal ini dikarenakan hutan mangrove memiliki daun yang lebat serta rimbun yang sangat cocok dipergunakan untuk berlindung.

Baca Juga :  Jaringan Xilem dan Floem, Beserta fungsinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia yang ternyata memiliki manfaat secara ekonomis dan juga biologis. Manfaat tersebut sangat berguna bagi semua makhluk hidup khususnya hewan dan juga mansyarakat yang bermukim disekitar hutan mangrove. Secara tidak langsung adanya hutan mangrove berperan bagi ekosistem yang ada sehingga dapat berjalan dengan seimbang. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan.

Baca juga:

/* */