Fungsi Akar Gantung Pada Pohon Beringin : Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Fungsi Akar Gantung Pada Pohon Beringin

Fungsi akar gantung pada pohon beringin – pohon beringin merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang berjenis pohon terbanyak kita jumpai di kawasan hutan hujan tropis, termasuk yang ada di Indonesia.


Selain itu, pohon beringin pun juga bisa dijumapi dengan mudah di dalam perkotaan. Hal ini dikarenakan pohon beringin memang mudah untuk tumbuh.

Sekarang ini, pohon beringin yang telah tumbuh di area perkotaan mempunyai usia yang telah tidak mua lagi, apalagi sejumlah pohon dapat berusia lebih dari 100 tahun lamanya.
Berikut ini akan dibahas dengan singkat jelas dan padat mengenai fungsi akar gantung pada pohon beringin. Namun, sebelumnya kita kenali dulu jenis-jenis akar pada tumbuhan.

Jenis Jenis Akar

Akar dalam setiap tumbuh tumbuhan terkadang berbeda dan mempunyai jenis tersendiri. Adapun jenis jenis akar itu yakni :

  1. Akar serabut
    Akar serabut pada umumnya ada di tumbuhan jenis monokotil, walaupun kadang terdapat di tumbuhan dikotil yang terkadang dijumpai di hasil stek maupun cangkok. Jenis akar tersebut mempunyai akar kecil yang banyak sekali dan sangat ramping dengan ukuran sama dan kadang bentuknya akr tersebut mirip dengan benang benang.
  2. Akar tunggang
    Akar jenis tersebut secara umum ada di tumbuhan dikotil. Seperti pada tumbuhan wortel dan juga bentuk umbi umbian. Akar jenis tersebut mempunyai akar yang besar dan sejumlah cabang maupun ranting akar.
Baca Juga :  Respirasi Tumbuhan : Pengertian, Proses, Manfaat, Jenis, Faktor Pengaruh, dan Zat Penghambatnya Terlengkap 

Jenis Akar yang Lain Yaitu Akar Anventif

Jenis akar ini diantaranya:

  1. Akar napas
    Akar napas ialah akar yang tumbuhnya keluar dari batang bagian bawahnya. Akar berjenis tersebut sebagian terdapat yang muncul di permukaan atas dan juga sebagain lainnya yang ada di dalam tanah. Akar tersebut memang terlihat menopang dengan tegak dan juga kokohnya batang. Mempunyai ruang banyak dan juga celah untuk tempat masuknya udara. Jadi, fungsi dari akan jenis tersbut yakni guna bernafas maupun respirasi. Contoh dari tumbuhan tersebut misalnya seperti bakau dan pandan.
  2. Akar pelekat
    Jenis akar tersebut tumbuh di wilayah sepanjang batang tumbuh tumbuhan. Yakni berfungsi sebagai pelekat batang pada tembok maupun pada tumbuhan yang lain. Contohnya ialah tumbuhan sirih.
  3. Agar gantung
    Jenis akar tersebut tumbuh dari bagian dari batang dan juga tumbuhnya menuju kea rah tanah. Jadi, akar ini terlihat menggantung di udara. Fungsi pada akar gantung tersebut yakni dapat menyerap uap air dan juga gas yang dari udara. Namun, apabila akar tumbuh hingga menuju ke tanah maka akar itu akan masuk menuju ke dalam tanah dan juga fungsinya dapat menyerap air maupun garam garam mineral. Contohnya dari tumbuhan yang akarnya bergantung tersebut yakni pohon beringin.

Selanjutnya kita akan berfokus untuk membahas mengenai akar tunggang pada pohon beringin, simak selengkapnya dibawah ini :

Karakteristik Pohon Beringin

Pohon beringin ini merupakan jenis pohon paling besar dengan mempunyai daun yang rimbun sekali, jadi paling cocok dan sering pula di manfaatkan menjadi pohon peneduh sebab berukuran mahkota paling besar. Selain itu pula pohon beringin tersebut berkaitan erat dengan sejumlah mitos dalam masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang dunia supra natural dan klenik. Jadi, sudah tentu pohon beringin ini paling lekat dengan kebudayaan bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga :  Penyerbukan : Pengertian, Ciri dan Macam - Macamnya Lengkap

Keunikan yang yang dipunya oleh pohon beringin ini ialah pada bagian akar gantungnya. Pohon beringin ini mempunyai akar gantung yang berbentuk akar panjang dengan tumbuh di bagian mahkota dan menggantung. Walaupun sering dikenal menjadi akar, tetapi sebenarnya itu adalah jenis akar gantung yang mempunyai pengertian berbeda dengan akar yang ada di dalam tanah. Pohon beringin ini akan tetap mempunyai akar yang berbeda bila di dalam tanah guna menopang bobot dari pohon itu.

Fungsi Akar Gantung Pada Pohon Beringin

Lantas, apa saja fungsi dari akar gantung di pohon beringin ini ?

Ternyata, menurut pohon beringin tersebut sendiri, akar gantung mempunyai fungsi yang berperan pentin di dalam proses respirasi atau sebagai pernapasan dalam proses fotosintesis. Akar gantung yang ada di pohon beringin ini ialah jenis akar pernapasan. Jadi, akar gantung ini ialah bagian terpenting pohon beringin yang dapat membantu dalam melakukan sebuah proses respirasi atau pernapasan. Akar gantung di pohon beringin tersebut nantinya akan menyerap air maupun udara yang ada di sekitar pohon itu. Nah disinlah letaknya dari keunikan akar gantung pohon beringin.

Pada dasarnya, walaupun tidak merupakan jenis akar yang dapat menopang pohon sevara kompleks, tetapi akar gantung di pohon beringin tersebut mempunyai fungsi pula yang sama dengan akar yang ada di dalam tanah. Diantaranya yakni dapat menyerap air dan zat CO2 yang terdapat di udara, guna kepentingan dalam proses dan siklus respirasi pada pohon beringin itu.

Menjadi Tali Pengikat

Akar pohon yang beringin ini dapat berfungsi saja menjadi tali pengikat. Bagi kalian yang memerlukan tali pengikat, khususnya pada saat ada di dalam alam yang liar maka kalian dapat memanfaatkan akar gantung pada pohon beringin tersebut guna mengikat sesuatu, mislanya seperti mengikat bungkusa dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga :  Akar : Pengertian, Bagian - Bagian, Fungsi, Sifat dan Jenisnya Lengkap

Menjadi media menggantung para hewan liar. Jika akar gantung pada pohon beringin ini berkelompok menjadi 1 untaian, maka dalam akar gantung inilah yang lumayan dapat menopang beban. Salah satu dari fungsi tersebut ialah guna media menggantung pada hewan hewan liar, misalnya seperti kera yang ada di hutan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang fungsi akar gantung pada pohon beringin. Jadi, fungsi dari akar gantung pada pohon beringin ini sangat banyak. Salah satunya menjadi tempat bergelantungan hewan seperti kera. Sekian semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga: