6 Jenis Akar Bakau – Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Fungsi Akar Bakau Yang Tumbuh Ke Atas Tanah

Fungsi Akar Bakau Yang Tumbuh Ke Atas Tanah – Akar merupakan salah satu bagian tubuh tumbuhan yang berada di dalam tanah. Akar menjadi salah satu bagian yang paling penting dan pokok di samping daun serta batang. Bentuk dari akar meruncing yang memudahkannya menembus lapisan tanah. Pada umumnya akar memiliki warna kecoklat-coklatan, kekuning-kuningan, dan keputih-putihan.

6 Jenis Akar Bakau

Pertumbuhan akar akan terus memanjang pada ujung akar yang dapat menjangkau ke daerah-daerah yang memiliki kandungan air. Tidak semua akar tumbuh di dalam tanah, akan tetapi ada juga beberapa tanaman yang memiliki akar di luar tanah. Salah satunya yaitu akar tanaman bakau. Tanaman bakau memiliki Fungsi Akar Bakau Yang Tumbuh Ke Atas Tanah seperti penjelasan berikut ini.

Tanaman bakau merupakan jenis tanaman yang berada pada garis depan di bagian pesisir. Tanaman bakau yang biasanya berkumpul menjadi hutan bakau sering disebut dengan mangrove adalah pertahanan pertama dari sebuah daratan terhadap arus air laut. Hal ini dapat membantu mengurangi erosi ataupun abrasi yang diakibatkan oleh pasang surut air laut.

Jenis Bakau di Pesisir Pantai

Terdapat jenis tanaman bakau yang pada umumnya banyak terdapat dan dijumpai di berbagai wilayah pesisir dan hutan mangrove, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :  Kultur Jaringan : Pengertian, Keunggulan, Tahapan, dan Teknik Terlengkap

1. Avicennia

Avicennia adalah salah satu jenis bakau yang sering dikenal dengan nama tanaman api-api. Jenis tanaman ini banyak berada dan sering dijumpai pada daerah hutan bakau.

2. Acrostichum aureum

Jenis tanaman bakau yang satu ini sering disebut dengan tanaman bakau laut yang memiliki bentuk hampir mirip seperti tanaman paku yang ada di daratan.

3. Acanthus

Acanthus merupakan salah satu jenis tanaman bakau yang memiliki nama lain yaitu jeruju. Tanaman ini sering dipergunakan dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

4. Bruguire

Jenis tanman bakau yag satu ini sering disebut dengan naman tanaman tanjang. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan dapat dijumpai pada daerah hutan bakau dengan lumpur tebal.

5. Cerops

Cerops yaitu tanaman bakau yang mempunyai bentuk seperti pohon beringin dengan mahkota yang besar dan juga bulat.

6. Excoecaria agallocha

Jenis tanaman bakau yang satu ini dapat juga dikenal dengan sebutan tanaman buta-buta, dikarenakan mempunyai racun yang dapat membutakan mata.

Semua jenis tanaman bakau tersebut memiliki berbagai ciri-ciri bentuk dan juga manfaat yang berbeda-beda. Terdapat tanaman bakau yang dimanfaatkan sebagai obat ada pula tanaman bakau yang berbahaya. Namun, seperti halnya tanaman lain, semua jenis tanaman bakau tersebut memiliki bagian tubuh yang disebut dengan akar. Akar pada tanaman bakau pada umumnya memiliki bentuk serabut dan merupakan jenis akar yang dapat bertahan di dalam air serta dapat tumbuh di atas tanah. Beberapa tanaman bakau mempunyai akar yang seolah menancap pada air, dengan bentuk yang unik.

Fungsi Akar Bakau Yang Tumbuh Ke Atas Tanah.

  1. Pertama, akar tanaman bakau yang tumbuh ke atas tanah memiliki fungsi sebagai penjaga dan memantapkan pertumbuhan dari tanaman bakau tersebut. Akar ini dapat membantu tanaman bakau untuk berdiri dengan tegak serta menyangga daerah pesisir, yang mana dapat bertahan menghadapi gelombang dan mencegah terjadinya abrasi. Dengan adanya akar tersebut tanaman bakau dapat menjalankan fungsinya di dalam ekosistem dengan baik.
  2. Fungsi akar pada tanaman bakau sebagai akar nafas. Sudah jelas bahwa habitat dari tanaman bakau yaitu ditanah yang berlumpur. Nah, tanah yang berlumpur tebal dan padat tersebut menyebabkan udara sulit diperoleh di dalaam tanah (bagian air). Maka dari itu, akar bakau banyak yang tumbuh di luar air yang berfungsi sebagai akar nafas sehingga dapat membantu tanaman bakau tersebut melakukan proses respirasi dan proses fotosintesis dengan maksimal.
  3. Fungsi tanaman bakau selain untuk menopang tubuh dari tanaman bakau itu sendiri, juga memiliki fungsi sebagai penyangga kehidupan yang mana mendukung proses respirasi pada tanaman bakau tersebut.
    Selain memiliki beberapa jenis tanaman bakau dengan akar yang dapat tumbuh di luar tanah. Tanaman ini juga mempunyai manfaat yang penting bagi makhluk hidup.
Baca Juga :  Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan : Pengertian, Ciri dan Contohnya Terlengkap

Manfaat Hutan Bakau atau Mangrove

  1. Sebagai apotek hidup
  2. Sebagai sumber konsumsi
  3. Untuk menjaga kestabilan garis pantai
  4. Dapat mencegah tsunami
  5. Dapat mereduksi gelombang pasang air laut
  6. Bermanfaat untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh pasang surutnya air laut
  7. Mencegah intrusi air laut serta dapat menahan lumpur
  8. Sebagai habitat hidup hewan laut, misalnya ikan, udang, dan lain sebagainya
  9. Dapat bermanfaat sebagai penghasil kayu bakar serta dapat digunakan sebagai bahan bangunan
  10. Sebagai bahan baku kertas atau pulp
  11. Sebagai bahan baku tekstil
  12. Sebagai tempat atau lokasi ekowisata
  13. Sebagai lahan cadangan dari transmigrasi serta pemukiman
  14. Dapat bermanfaat sebagai lahan tambak.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Fungsi Akar Bakau Yang Tumbuh Ke Atas Tanah yang sebenarnya memiliki fungsi sebagai alat pernafasan. Hal ini karena di dalam habitat tanaman bakau yang berlumpur sulit untuk mendapatkaan udara, sehingga dengan munculnya akar di atas tanah dapat memudahkan proses respirasi serta fotosintesis. Selain itu, adanya tanaman bakau atau hutan bakau dapat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya serta dapat bermanfaat untuk mencegah erosi yang disebabkan oleh air laut. Semoga dengan adanya uraian tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca juga:

/* */