Dampak (Positif dan Negatif) Penggunaan Pestisida Bagi Kehidupan Manusia

5 (100%) 1 vote[s]

Dampak Penggunaan Pestisida Secara Berlebih yang Perlu Dihindari

Dampak penggunaan pestisida secara berlebih – dampak pemakaian pestisida sangat buruk untuk kesehatan bila sampai masuk di dalam tubuh. Oleh karena itu untuk mencegah pestisida yang masuk ke dalam tubuh , maka dibutuhkan penanganan khusus pada sayur saturan dan buah buahan yang dikonsumsi kita setiap hari. Kalian bisa mencucinya hingga bersih saat akan mengonsumsinya dengan lansung.

Jika tidak menggunakan pestisida, maka petani akan merugi sebab tanaman mereka ini akan digerogoti hama. Tetapi disisi lainnya pestisida akan berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan sekitar bila menggunakannya secara berlebihan. Nah pada kesempatan kali ini akan di bahas tentang dampak penggunaan pestisida secara berlebih.

Penggunaan Pestisida Dalam Lingkungan

Pemakaian pestisida yang berlebih ini akan berdampak buruk bagi lingkungan yang terdapat disekelilingnya. Pestisida dapat mengancam keadaan dari keseimbangan ekosistim. Pestisida akan menyebar luas sebab terbawa oleh angina serta akan meracuni semua makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya. Akibat buruknya hama menjadi meningkat sebab rantai makanan terganggu.

Bila salah satu komponen dari rantai makanan terganggu, maka komponen lain pun akan terganggu dan memicu kekacauan. Seperti menurunnya jumlah serangga yang akan berpengaruh terhadap tingkat berikutnya sebagai sumber makanan utama.

Apabila pemakaian disawah dekat sungai, maka otomatis pestisida akan terbawa angin dan bercampur air sungai sehingga air tersebut mengandung racun. Kemudian makhluk hidup akan teracuni dan langsung mati. Untuk ikan yang masih bertahan dan tertengkap oleh manusia lalu dimakannya, maka manusia akan terkena dampak dalam kesehatan tubuhnya.

Baca Juga :  5 Daur Hidup Bintang Laut (Taksonomi, Morfologi, Fisiologi) Beserta Cirinya Lengkap

Penggunaan Pestisida Pada Manusia

Pestisida memiliki dampak baik dan buruk bagi manusia, berikut penjelasannya :

1. Dampak baik penggunaan pestisida untuk kehidupan manusia

Di dalam lingkungan pertanian, pestisida menjadi bagian bagian utama untuk bercocok tanam para petani. Hal ini bertujuan menjaga kondisi tanaman seupaya tetap baik dan akan menumbuh kembangkan tanaman dengan maksimal. Pestisida dipakai para petani guna membasmi serangga dan juga hama yang menganggu tanaman mereka. Selain itu menjadikan buah-buahan dan sayuran lebih subur, sehat dan segar tanpa gangguan hama. Kemudian para petani ketika musim panen pun akan memperoleh keuntungan dari hasil panen yang lumayan besar.

2. Dampak buruk penggunaan pestisida untuk kehidupan manusia

Di dalam kehidupan sehari pemakaian pestisida ini sangat merugikan manusia, khususnya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dampaknya dapat dirasakan mulai dari proses penyiapan pestisida hingga proses penyemprotan langsung.

Ketika proses penyiapan ini bila terjadi kontak langsung pada kulit makan bisa menimbulkan gatal dan iritasi. Selain itu ketika petani melakukan penyiapan yang tidak memakai sarung tangan dan akan terkontaminasi pada pakaiannya dapat menimbulkan risiko keluarga yang terpapar akan pestisida ini.
Selain itu ketika proses penyemprotan secara langsung, sejumlah tebal masker dipakai untuk memberikan perlindungan. Sebab sesudah proses penyemprotan pestisida ini akan dapat menempel pada tanaman dan sewaktu waktu pun akan berterbangan secara bebas.

Ketika itulah petani sehari-har di sibukkan merawat sawahnya dan tidak langsung akan menghirup pestisida ini. Selanjutnya akan memicu gangguan pada pernapasannya, lalu merasakan pusing, mual mual, muntah dan tak jarang ada yang pinsan hingga dapat mengakibatkan kematian.

Ada sejumlah jenis pestisida yang dapat merusakan otak serta sel saraf. Pestisida tersebut mengandung zat yang namanya neurotoksin. Terkadang mannusia yang telah terpapar pestisida jenis tersebut dalam tubuhnya diantaranya akan menimbulkan terganggunya daya ingat pada suatu hal, paling sulit melakukan konsentrasi, perilaku daya ingat pribadi ini menjadi berubah, mulai terjadi kelumpuhan total, hilangnya tingkat kesadaran dan bahkan mengalami koma.

Baca Juga :  13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

Lalu pestisida kerap merusak bagian hati yang fungsinya menjadi penawar racun. Artinya memang pestisida ini memiliki zat racun yang berkadar tinggi, hingga bagian hati ini bisa menjadi rusak. Kerusakan tersebut tandanya dengan terjangkit penyakit hepatitis.

Ditemukan pula pestisida yang dapat mengakibatkan gangguan yang akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Kadar dari pestisida tersebut yang dipakai takarannya berbeda-beda, ada pula yang dapat menimbulkan reaksi penyebab alergi tersebut muncul. Dengan demikian, maka secara tidak langsun pestisida ini akan dapat melemahkan sistem kekebalan pada tubuh jadi reaksinya juga tidak dapat dihindari lagi. Kemudian tubuh manusia tersebut akan paling mudah terinfeksi oleh beragam penyakit yang akan masuk di dalam tubuh.

Penggunaan Pestisida Pada Tanah

Pemakaian pestisida berlebih ini dapat pula membawa dampak buruh pada kondisi kesuburan tanah. Tanah yang sudah terpapar pestisida ini maka tingkat kesuburannya bisa menurun. Cacing tanah yang sebelumnya membuat tanah ini menjadi subur, sekarang menjadi enggan mendekati bagian tanah yang sudah terpapar oleh pestisida ini.
Tidak hanya pada cacing tanah yang nantinya akan pergi maupun mati, tetapi fauna fauna yang lain hdup di tanah ini pun akan ikut musnah. Apabila populasi misalnya ular semakin turun, resikonya tikus semakin berkembangbiak dan merugikan petani. Sehingga di sarankan tidak memakai pestisidah berlebihan. Pakailah sesuai aturan pakai dan juga seperlunya saja.

Bisa diambil kesimpulan dalam artikel dampak penggunaan pestisida secara berlebih. Sudah jelaskan bagaimana akibat atau dampak bagi dari penggunaan pestisida ini secara berlebih. Oleh sebab itu kalian harus memakai sesuai dengan aturan pakai dan juga seperlunya saja. Semoga dengan tulisan ini dapat memudahkan dalam membantu mempelajari dan memahami lebih dalam lagi. Sehingga nantinya mungkin dapat kalian jadikan sebagai bahan referensi untuk kalian dalam menambah wawasan yang baru.

Baca Juga :  Pencemaran Air : Pengaruh Detergen Terhadap Aktivitas Ikan Dan Penjelasannya

Baca juga:

/* */