Contoh Suaka Alam : Pengertian, Ciri, dan Fungsinya Terlengkap

Rate this post

Contoh Suaka Alam : Pengertian, Ciri, dan Fungsinya Terlengkap

Contoh Suaka Alam – Indonesia merupakan negara yang disebut sebagai negara maritim. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terdiri dari banyak pulau yang dikelilingi oleh perairan yang sangat luas dibandingkan dengan daratannya. Akan tetapi meskipun perairan lebih luas, negara Indonesia juga masih memiliki daratan yang diatasnya terbentang hutan yang sangat luas bahkan menduduki urutan ketiga di dunia.

Pengertian Hutan Suaka Alam

Hutan merupakan suatu ekosistem yang di dalamnya terdapat sumberdaya alam yang beragam, dengan beribu manfaat yang dapat dinikmati oleh semua makhluk hidup. Di Indonesia banyak sekali jenis hutan yang memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda. Salah satu hutan yang sering kita jumpai yaitu hutan suaka alam.

Hutan suaka alam merupakan salah satu hutan yang mempunyai ciri khas serta keunikan tersendiri dengan fungsi pokoknya sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman hayati satwa dan tumbuhan serta ekosistem alam yang berfungsi sebagai penyangga dalam kehidupan. Terdapat undang-undang yang di dalamnya terkandung aturan mengenai kawasan hutan suaka alam. Diatur dalam UU Republik Indonesia no.41 tahun 1999 tentang kehutanan. Terdapat beberapa Contoh Suaka Alam yang ada di Indonesia. Banyak dari masyarakat memanfaatkan hutan tersebut sebagai tempat wisata atau untuk melindungi satwa liar.

Jumlah flora dan fauna di dunia sangat beragam teramasuk di negara Indonesia yang juga memiliki keragaman kekayaan alam tumbuhan dan hewan. Maka dari itu terbentuklah suaka alam dan margasatwa yang berguna untuk melestarikan hewan serta tumbuhan.

Baca Juga :  13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

Contoh Suaka Alam

Berikut ini contoh hutan suaka alam, yaitu sebagai berikut:

1. Cagar alam

Cagar alam yakni salah satu jenis dari hutan suaka alam yang kondisi alamnya memiliki ke- khasan dari flora atau fauna serta ekosistemnya. Flora dan fauna tersebut perlu dilindungi, dilestarikan dan dibiarkan perkembangannya berlangsung sesuai kondisi aslinya atau secara alami. Cagar alam di Indonesia sangat banyak salah satu contohnya yaitu Nusa Kambangan di Jawa Barat.

2. Suaka Margasatwa

Jenis hutan suaka alam yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri berupa keanekaragaman atau keunikan dari macam-macam satwa yang dilakukan pembinaan terhadap kelangsungan hidup pada habitatnya. Salah satu contoh suaka margasatwa yang ada di Indonesia yaitu Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.

3. Taman Hutan Raya

Taman hutan raya yaitu salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki tujuan untuk mengoleksi flora dan fauna alami ataupun bukan, jenis asli atau tidak asli, yang diambil manfaatnya untuk penelitian, ilmu pengetahuan serta pendidikan. Misalnya yakni kebun raya di Bogor, yang sudah sangat terkenal.

4. Cagar biosfer

Jenis suaka alam ini merupakan suatu kawasan yang terdiri dari ekosistem asli dan bukan buatan. Ekosistem ini memiliki keuikan dan keberadaannya telah mengalami degradasi yang seluruh unsur alamnya telah dilindungi serta dilestarikan demi kepentingan penelitian dan pendidikan.

5. Taman Nasional

Taman nasional adalah termasuk dari cagar alam yang dilindungi oleh pemerintahpusat dari perkembangan manusia serta polusi. Di Indonesia kita sering mengetahui dan mendengar sebutan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan sebagai tempat penangkaran badak bercula satu yang hampir punah. Selain itu Taman Naasional Bali Barat sebagai tempat penangkapan jalak bali yang populasinya juga hampir punah serta dikategorikan sebagai hewan langka.

Baca Juga :  4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik Lengkap

Ciri Ciri Hutan Suaka Alam

Nah, dari kelima jenis Contoh Suaka Alam tersebut memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk melestarikan flora dan fauna di dunia dan khususnya di Indonesia. Adapun hutan suaka alam memiliki ciri-ciri, yaitu:

  1. Hutan tersebut memiliki spesies flora yang unik hanya ada di tempat tersebut dan tidak dapat ditumbuhkan di tempat lain.
  2. Memiliki fauna yang unik dan hanya ada di tempat tersebut bahkan tidak dapat berkembangbiak di daerah atau wilayah lain.
  3. Memiliki manfaat secara geografis, hidrologis, geologis, atmosferik, dan sosial ekonomi bagi kehidupan flora, fauna dan masyarakat itu sendiri.
  4. Apabila hutan tersebut di rusak akan beakibat buruk atau negatif secara geografis, geologis, hidrologis dan sosial ekonomi yang berlangsung begitu cepat. Sehingga hal tersebut sebaik mungkin dihindari dan harus di jaga kelestarian hutannya.

Fungsi Suaka Alam

Terdapat beberapa contoh lainnya dari suaka alam yang telah tersebar di Indonesia serta memiliki fungsi yang bermanfaat.

  1. Di Sumatra Barat, suaka alam batang pelupuh yaitu melindungi bunga rafflesia.
  2. Di Sumatra Utara, suaka alam Lau Debu yaitu melindungi keindahan alam.
  3. Jawa Barat, suaka alam Sukayuwana pelabuhan ratu melindungi hutan rimba di pantai. Suaka alam Cibodas gunung gede pangrango melindungi flora daerah pegunungan.
  4. Jawa Tengah, suaka alam nusa kambangan yaitu melindungi bunga wijaya kusuma dan bunga bangkai.
  5. Kalimantan, suaka alam Padang Luwai yaitu melindungi jenis anggrek khusunya anggrek hitam.
  6. Maluku, suala alam taman laut, Pulau pombo yaitu melindungi satwa air serta pemandangan karang.

Nah, urain diatas memberikan gambaran dan penjelasan mengenai Contoh Suaka Alamyang ternyata memiliki beragam jenis serta telah banyak tersebar di Indonesia dengan ke-khasan tersendiri. Suaka alam tersebut juga memiliki ciri-ciri serta fungsi yang bermanfaat sebagai wilayah pengawetan keanekaragaman flora dan fauna serta ekosistemnya yang berfungsi sebagai penyangga kehidupan.

Baca Juga :  Dampak (Positif dan Negatif) Penggunaan Pestisida Bagi Kehidupan Manusia

Selain itu, kita juga semakin mengetahui bahwa dengan melestarikan alam khususnya hutan yang merupakan paru-paru dunia di masa sekarang dan masa depan dapat melindungi ekosistem dan menghindarkan hewan dan tumbuhan dari kepunahan. Semoga dapat menambah pengetahuan serta wawasan yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga: