Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup : Ciri Khusus Hewan, Penjelasan dan Gambarnya Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup (Ciri Khusus Hewan), Penjelasan dan Gambarnya

Ciri khusus pada makhluk hidup – ciri khusus hewan – bumi adalah tempat makhluk hidup tinggal. Tempat hidup yang terdapat di bumi berbagai macam kondisi lindungannya. Misalnya pantai, pegunungan, dataran rendah, gurun sampai lautan. Meskipun demikian, makhluk hidup mempunyai ciri khusus supaya mereka dapat tetap mempertahankan hidup dengan baik, seperti hewan. Berikut ini adalah ciri khusus pada makhluk hidup – ciri khusus hewan, diantaranya :

1. Kelelawar (terdapat alat pendeteksi benda)

Kelalawar memiliki kondisi terbalik dengan manusia, ia akan mencari makanannya di malam hari dan tidur di siang hari. Kelelawar akan mampu memancarkan bunyi degan frekuensi tinggi lewat mulut serta hidungnya. Bunyi yang dihasilkan inilah yang nantinya dipantulkan menuju benda-benda, seperti cabang pohon/ serangga.

Kemudian ia akan mendengarkan gema itu guna mengetahui letak jauh dekatnya jarak makanan/ rintangan penghalang ia terbang dengan bebas. Kemampuan kelelawar ini guna mengetahui arah terbang dan makanan serta kondisi lingkungannya menggunakan pantulan suara tersebut yang bernama ekolokasi.
Jadi, kelelawar mempunyai alat pendeteksi dengan pancaran bunyi frekuensi tinggi guna membantunya mencari mangsa di malam hari.

2. Cicak (terdapat kaki lengket & autotomi)

Kaki cicak tertutup dengan kulit tipis seta mempunyai banyak bulu-bulu halus. Dengan kaki yang seperti itu, cicak dapat melekat di dinding/ langit-langit rumah secara leluasa dan ia tidak takut jatuh. Tujuannya ini adalah untuk mendapatkan makanannya, sebab makanannya cicak ini biasanya serangga kecil.
Cicak akan memutuskan ekornya guna mengelabuhi musuhnya bila dia dalam kondisi terdesak. Meskipun ekor cicak ini putus namun akan dapat tumbuh lagi. Kemampuan cicak di dalam memutuskan ekornya ini dikenal dengan nama autotomi.
Jadi, cicak mempunyai kaki lengket dan kemampuan memutuskan ekornya (autotomi) guna mengelabuhi musuhnya.

Baca Juga :  Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup : Ciri Khusus Tumbuhan, Penjelasan dan Gambarnya Lengkap

3. Unta mempunyai punuk

Gurun adalah suatu daerah yang paling kering dan jarang hujan. Di waktu siang hari daerah gurun ini suasananya sangat terik dan panas sekali, dan sebaliknya di waktu malam jari, keadaan urun sangatlah dingin. Hanya sejumlah jenis hewan dan juga tumbuhan yang dapat hidup di gurun.

Unta dapat hidup digurun sebab unta mempunyai bulu mata panjang yang berfungsi untuk menghalangi cahaya matahari dan untuk menghalangi pasir, jadi tidak dapat masuk ke dalam matanya. Sedangkan itu, unta mampu pula untuk menutup lubang hidungnya guna menghindari pasir yang tertiup angin.

Punggung utama di bagian yang menggembung unta ini isinya lemak yang dikenal dengan punuk. Lemak ialah cadangan makanan, sehingga unta dapat bertahan hidup selama beberapa hari dengan tidak makan dan minum.
Jadi, unta mempunyai punuk di punggungnya yang isinya adalah cadangan makanan. Hal ini membuat unta dapat bertahan hidup selama beberapa hari dengan tidak makan dan minum.

4. Bebek (terdapat kaki berselaput)

Bebek yang sedang berenang akan Nampak meluncur dengan cepat di air. Hal ini dikarenakan adanya kaki yang berselaput di kaki bebek itu. Fungsi kaki berselaput ini guna pergerakan di air agar lebih memudahkan dan lebih leluasa untuk berenang bebek.

Selain itu, bebek pun mempunyai paruh berbentuk khusus guna mencari mangsanya dalam air dan juga lumpur. Apabila kalian perhatikan secara detail, bentuk dari paruh bebek ini bentuknya pipih dan lebar. Paruh bebek ada yang lempeng saringan dengan fungsi menyaring makanan di air dan lumpur. Ia pun memiliki kelenjar minya yang ada di pangkal ekor untuk meminyaki bulu bebek. Sehingga jika bebek ada di air, maka bulu tidak akan basah.
Jadi, bebek mempunyai kaki yang selaputnya untuk memudahkan berenang serta mempunyai paruh bentuknya pipih dan lebar guna mencari mangsa di air serta lumpur secara mudah.

Baca Juga :  Sistem Peredararan Darah Pada Ikan : Pengertian dan Fungsi beserta Gambarnya

5. Ular ada yang berbisa dan tidak

Manusia banyak yang takut dengan ular, sebab ada sejumlah ular yang mempunyai zat beracun. Zat inilah yang dikenal dengan bisa, misalnya saja ular tersbeut adalah king kobra.
Ular kobra dapat membunuh mangsa caranya dengan menggigit. Gigitan inilah yang dapat mengalir bisa menuju tubuh mangsanya dan zat ini dapat mematikan mangsanya. Sedangkan itu, ada juga ular yang tidak dapat membuat bisa yaitu piton. Ular ini akan membelitkan tubuhnya menuju ke tubuh mangsa. Belilitan ular piton sangat kuat hingga mangsanya mati.

Ular dapat memangsa dengan menelan secara utuh, sebab susunan rahangnya melekat longgar serta tidak punya tulang dada.
Jadi, ular mempunyai bisa meskipun tidak berguna melindungi diri serta bertahan hidup. Ular akan memakan mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

6. Burung hantu mempunyai kepala yang dapat memutar ke belakang

Burung hantu sama dengan kelelawar yang akan keluar di waktu malam hari guna mencari mangsanya. Burung hantu mempunyai pendengaran dan indera penglihatan sangat peka. Ia dapat melihat dalam keadaan gelap untuk menyerap cahaya, dan pupil mata pada burung hantu ini akan melebar otomatis. Sedangkan bola matanya secara cepat berpusat pada benda di sekitarnya.

Burung hantu matanya ada di bagian kepala, tujuannya guna melihat keadaan di belakang dan ia dapat memutar dengan lentur dengan tidak membalikan tubuhnya. Burung hantu dapat terbang tanpa suar, sehingga ia mempunyai bulu-bulu lembut. Ia juga sangat peka terhadap disekitarnya sebab mempunyai telinga sangat besar.
Jadi, dengan tubuh lentur inilah burung hantu dapat menggerakkan kepalanya secara lentur di belakang tanpa membalikkan tubuhnya.

Baca Juga :  10 Alat dan Sistem Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya Lengkap

7. Bunglon dapat mengubah warna kulitnya

Ciri khusus bunglon ini dapat mengubah warna kulit tubuhnya yang berfungsi bertanggap pada perubahan suhu serta cahaya disekelilingnya. Kemampuan bunglon saat mengubah warna kulit bernama mimikri. Hal ini bertujuan menghindari dan membantunya memperoleh makanan. Anugrah yang dimiliki bunglon lainnya ialah lidahnya yang panjang dan lengket sehingga memudahkannya melahap mangsa.
Jadi, bunglon mempunyai ciri khusus mimikri guna menghindari mangsa serta mempunyai lidah panjang serta lengket guna melahap mangsanya.

8. Landak mempunyai tubuh berduri

Ciri khusus landak ialah mengandung ribuan duri yang berasal dari otot-otot kulit, hal ini untuk pertahanan diri mereka. Landak akan menyelamatkan dirinya dengan menggulung tubuhnya dan bulu tersebut akan mengembang sehingga bila menancap pada musuh akan tersengat duri tersebut.
Jadi, landak mempunyai duri-duri tajam guna perlindungan dirinya.

Itulah beberapa ciri khusus pada makhluk hidup – ciri khusus hewan yang kami rangkum dalam artikel ini. Dan masih banyak lagi lainnya yang tidak dapat disebutkan, seperti trenggiling dapat menggulung tubuhnya dan cumi-cumi yang mampu mengeluarkan tinta hitam sangat pekat. Semoga menambah ilmu pengetahuan kalian!

Baca juga:

/* */