Pengertian Rahim : Ciri Ciri Sehat dan Bermasalah pada Wanita Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Ciri Ciri Rahim Sehat dan Bermasalah pada Wanita

Ciri-ciri Rahim bermasalah – wanita tentunya menginginkan kondisi rahimnya subur dan sehat, ia tidak menginginkan rahimnya terjadi masalah. Takutnya nanti terkena masalah penyakit yang sering dialami wanita saat ini. Penyakit inilah yang sangat membahayakan wanita sebab tidak bisa mempunyai anak, hingga berujung pada kematian.

Pengertian Rahim

Rahim ialah bagian organ terpenting pada sistem reproduksi wanita. Di dalam Rahim wanita inilah sebagai tempat tinggal calon bayi di dalam perut para ibunya.

Sayangnya penyakit kanker yang parah dapat membuat kehilangan Rahim kalian. Penyebab dari kanker Rahim ini sebenarnya belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi pengaruh wanita untuk terjangkit pada penyakit tersebut. Di bawah ini pembahasan tentang ciri ciri Rahim bermasalah.

Ciri – ciri Rahim bermasalah

Hal – hal tersebut diantaranya adalah :

1. Memperoleh menstruasi pertama saat usia di bawah 12 tahun
2. Belum pernah mempunyai anak
3. Sedang mengidap penyakit diabetes
4. Mempunyai keluarga yang mempunyai riwayat kanker pada Rahim
5. Sudah pernah menjalani terapi radiasi di area panggul
6. Mengidap tumor

Baca Juga :  8 Penyakit Tulang Belakang Dan Penyebabnya Terlengkap

Mengonsumsi sebuah obat hormone estrogen yang tidak memakai progesterone serta obat tamoxifen, guna kanker payudara. Meskipun demikian, hal – hal tersebut tidak menjadi mutlak. Ada juga wanita yang terkena kanker Rahim tetapi tetap tak mengalami hal yang demikian yang sudah disebutkan diatas.

Namun, bila sudah termasuk dalam daftar seperti diatas dan kalian mempunyai tanda – tanda awal yang terindikasi kanker Rahim. Maka waspadalah kalian terhadap penyakit kanker Rahim ini.

5 Tanda rahim bermasalah

1. Rasa nyeri ketika berhubungan seksual
2. Rasa sakit di area panggul serta perut
3. Berat badan yang semakin berkurang
4. Ketika buang air rasanya nyeri ini telah muncul

Cara/tanda Rahim yang Sehat

Berikut ini sejumlah tanda dan cara Rahim yang sehat dirangkum dari berbagai sumber :

Berat badan normal

Berat badan yang tak sehat ini akan mengganggu pada keseimbangan hormone sehingga mengganggu keberhasilan tubuh aulasi. Jika semakin ideal berat badan kalian, maka akan semakin bagus juga kondisi Rahim sebab memengaruhi kondisi Rahim kalian.

Periode menstruasi normal

Menstruasi teratur adalah aulasi yang terjadi sebab mengeluarkan darah lancer sehingga menyebabkan tanda keseimbangan pada hormone. Jangka waktu yang normal saat haid ini yakni dua puluh satu hari sampai tiga puluh lima hari. Jangka waktu ini terhitung pada waktu kita sudah mulai menstruasi sampai menstruasi pertama bulan yang selanjutnya. Terkadang kita haid selama 7 hari yang paling lama, hal ini merupakan sudah normal.

Tidak memakai alat kontrasepsi

Efek samping dari penggunaan alat ini, misalnya seperti gangguan pada haid yang tak normal yang disertai rasa kram dan juga rasa sakit yang sangat panjang, hingga mengakibatkan rasa mual.

Baca Juga :  Hormon LH dan FSH : Pengertian, Fungsi Bagi Reproduksi Pria dan Wanita Terlengkap

Bebas dari penyakit menular seksual

Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri, misalnya seperti pada gonorrhea yang disebabkan oleh (Neisseria)

Tidak merokok

Semua orang tentu sudah mengetahui tentang bahaya dari merokok, bahkan kandungan di dalam rokok yang berbahaya ini. Belum lagi asap rook yang sudah terbukti lebih untuk lingkungan sekitarnya, khususnya untuk yang sedang hamil. Bisa mencegah aliran pada darah dan mencegah pertumbuhan pada paru-paru.

Tidak stress

Stress bisa membuat keadaan Rahim semakin memburuk, kemungkinan akan susah guna mempunyai anak karena ovulasi terhentikan.

Kesuburan sangat memengaruhi usia

Bagi wanita hamil ini usia kesuburan akan bertambah langsung lebih cepat. Kesuburan yang sangat normal adalah rentang di usia sekitar dua puluh sampai dua puluh sembilan tahun. Di usia inilah wanita memiliki kesempatan hamilnya sekitar 5%.

Gaya hidup sehat

  • Bangun tidur dengan tepat waktu
  • Olahraga secara teratur
  • Mandi yang bersih selama 3x sehari
  • Makan pagi yang penting
  • Mencuci tangan
  • Minum air putih saat sebelum beraktivitas

Istirahat secara teratur

Ternyata, ada juga sejumlah wanita yang mempunyai posisi Rahim yang tak seperti biasanya. Rahim tersebut miring menuju arah belakang (retroverted). Lalu, apa saja tanda – tanda wanita tersebut mempunyai Rahim yang miring ke belakang? Berikut ulasannya.

Rahim Retroverted

Rahim retroverted ialah kondisi Rahim dengan posisi miring ke belakang terhadap leher Rahim (serviks) tidak tegak mengarah ke depan. Ia lebih cenderung menempel di usus besar dan juga rektrum.

Ciri – ciri Rahim yang miring ke belakang :

  • Nyeri pada waktu berhubungan seksual maupun dyspareunia
  • Nyeri pada waktu menstruasi (dismenore)
  • Nyeri punggung di bagian bawah maupun vagina ketika berhubungan seksual
  • Inkontinensia urin (tidak dapat mengendalikan buang air kecil)
  • Sering buang air kecil, sebab kandung kemihnya tertekan
  • Infeksi saluran kemih
  • Masalah kesuburan
  • Timbulnya sebuah tonjolan di bagian perut bawah
  • Masalah seksual yang telah ditimbulkan
Baca Juga :  6 Fungsi Tulang Belikat : Pengertian dan Bagiannya Terlengkap

Meski kondisi ini tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja ada sejumlah masalah yang mungkin bisat timbul. Salah satunya ialah masalah seksual yang terjadi sebab posisi rahim yang tidak normal ini.

Jadi, pada wanita yang memiliki rahim dengan posisi tersebut akan menyebabkan indung telur serta tuba falopinya membalik ke belakang. Akibatnya ketika melakukan penetrasi, maka penis bisa mengenai organ-organ reproduksi tersebut. Sehingga sering wanita akan mengalami nyeri ketika hubungan seksual (collision dyspareunia) khususnya jika posisi wanita ini di atas (woman on top). Bahkan tidak jarang pada posisi tersebut bisa merobek ligamen yang mengelilingi rahim.

Inilahciri-ciri Rahim bermasalah pada wanita. Bagi kalian para wanita, harus lebih aktif dalam hal yang berhubungan dengan Rahim. Sebab, ini adalah tempat kehidupan calon bayi. Sekian pembahasan artikel ini semoga menambah wawasannya.

Baca Juga :

/* */