Ciri Ciri Ikan Segar Yang Layak Dikonsumsi

Rate this post

Ciri Ciri Ikan Segar Yang Layak Dikonsumsi

Ciri ciri ikan segar yang layak dikonsumsi – ikan adalah bagian dari sumber gizi yang terbaik bagi kesehatan. Jadi tak heran misalnya seperti bangsa jepang yang banyak mengonsumsi ikan tersebut.
Kandungan gizi di dalam ikan ini kaya akan protein sehingga menjadi ikan terpopuler yang hampir setara dengan daging. Walaupun ikan mempunyai bau yang amis, tetapi ikan adalah makanan yang memiliki sumber gizi paling baik untuk kesehatan tubuh. jadi, ikan pun adalah salah satu makanan yang di jadikan sebagai sumber pilihan oleh orang banyak.

Untuk memperoleh rasa masakan yang sempurna dan enak, sudah pasti kalian akan memilih ikan yang segar segar. Karena ikan segar mempunyai cita rasa yang jauh lebih lezat daripada ikan yang sudah dalam keadaan diawetkan, serta kurang layak bila untuk dikonsumsi. Namun, bagaimana sih cara mengetahui ciri dari ikan segar tersebut?
Untuk mendapatkan ikan yang segar dan dijual di pasaran, sudah pasti kalian perlu mengetahui ciri ciri terhadap ikan yang segar tersebut sendiri. Jadi, ikan yang telah dibeli kalian tersebut akan layak guna dikonsumsi dan dapat memperoleh manfaat pada kualitas ikan itu.

Baca Juga :  9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

Ciri Ciri Ikan Segar yang Layak Dikonsumsi

Nah, berikut ini adalah ciri ciri ikan segar yang layak dikonsumsi, antara lain :

1. Aroma ikan yang cenderung lebih amis

Di dalam membeli ikan yang ada di pasar, sebaiknya kalian jangan malu dalam mencium aroma ikan itu. Sebab dengan cara inilah maka kalian dapat mengetahui ikan yang segar. Sebab ikan yang segar tersebut akan mempunyai aroma yang dominan lebih amis. Berbeda dengan ikan yang tak segar, namun mempunyai aroma amis yang sedikit dan rasanya asam juga. Oleh sebab itu, kalian perlu teliti dalam mengenali ciri ciri ikan yang segar dan memang sangat butuh. Dan ikan segar ini sendiri sangatlah mencolok bila kalian lihat terhadap segi fisik ataupun teksturnya.

2. Kulit ikan segar Nampak mengkilap dan juga tidak pucat

Ketika kalian membeli ikan yang ada di pasar, maka kalian hendaknya melihat dari segi kulit ikan itu supaya dapat memperoleh ikan yang segar. Dan harus kalian tahi bahwa ikan yang masih dalam kondisi segar ini terkadang mempunyai kulit yang mengkilap dan juga tidak nampak pucat.
Selain itu, ikan segar ini pun mempunyai daging yang snagat elastis dan juga tidak terjadi perubahan pada saat disentuh. Sebab hal ini pada dasarnya ikan memang mempunyai sisik yang sangat kasar dan juga bercorak yang sesuai dengan masing masing jenis ikan tersebut sendiri.

3. Ingsang ikan yang segar ini lebih cenderung warnanya merah serta sedikit lebi kenyal jika disentuh

Jika kalian melihat insang pada ikan yang segar, terkadang warnanya insanga ini mempunyai kecenderungan merah dan juga jika disentuh rasanya lebih sedikit kenyal. Dan sebelumnya harus kalian tahu bahwa, insang adalah alat pernapasan dari ikan yang letaknya bersandingan bersama dengan kepala ikan itu.dengan melihat dari teksturnya insanga pada ikan ini, maka kalian dapat mengenali ciri ciri ikan yang masih dalam kondisi segar maupun tidak.

Baca Juga :  Perpindahan Kalor : Pengertian, Pengukuran, Perpindahan dan Contohnya Terlengkap

4. Ikan yang segar mempunyai mata lebih terang dan juga tidak pucat

Selain insang ikan, ciri dari ikan segar ini matanya dapat memberikan tanda bahwa kondisinya layak untuk dikonsumsi. Mata ikan yang segar kkadang mempunyai mata yang jauh lebih terang dan juga tidak pucat. Selaiin tersebut, jika kita lihat dengan kasat mata bahwa mata dari ikan ini dapat Nampak jelas dan juga mengkilap. Berbeda dari ikan yang sudah tidak segar tersebut. Mata ikan ini mempunyai kecenderungan yang buram dan juga terlihat lebih pucat. Hal yang seperti itu harus dihindari supaya kalian dapat mengkonsumsi ikan yang segar dan sehat. Jadi dapat mengambil dari manfaat pada ikan dengan sempurna.

5. Dihinggapi lalat

Ikan yang masih dalam kondisi segar ini cenderung dihinggapi dengan lalat. Sementara ikan yang di dalamnya mengandung bahan pengawet akan lebih cenderung dihindari oleh lalat meskipun ditempatkan pada tempat yang terbuka.

6. Ikan segar akan tenggelam di dalam air

Apabila kalian akan menguji ikan yang segar ini kalian dapat mencobanya untuk menenggelamkan di air dan ia akan tergenang. Namun sebaliknya pada ikan yang layu tersebut akan mengapung di dalam air.

7. Cara penyimpanan

Sesudah kalian membeli ikan tersebut yang sudah kalian pilih, kemudian cara menyimpannya ini akan berpengaruh pada kesegaran dan juga kualitas dari daging ikan. Saran kami jangan terlalu lama dalam membeiarkan ikan ada di suhu ruangan. Simpan ikan kalian di tempat yang mempunyai suhu ruangan. Simpan ikan di sekiat tempat pendingin misalnya seperti frizer dengan temperature yang rendah.

Jika kalian ingin membeli ikan yang hidup maka terdapat teknik khusus supaya ketika memotong ikan itu berkualitas, rasa dan juga teksturnya daging akan tetap sempurna. Teknik ini dikenal dengan nama ikejime atau dengan teknik melumpuhkan ikan dengan cara menguras darahnya lewat pembuluh.
Binatang laut ikan ini bagian dari salah satu bahan makanan utama yang kerap dijumpai di masakan khas jepang. Ikan adalah salah satu dari sumber protein dan juga vitamin yang sangat tinggi, jadi tidak jarang dipakai sebagai alternative selain daging.

Baca Juga :  47 Cabang Ilmu Biologi yang Perlu Diketahui

Itu tadi adalahciri ciri ikan segar yang layak dikonsumsi. Menjadi konsumen yang selektif ini diperlukan agar bisa meminimalisir dan terhindar dari penyakit yang membahayakan. Semoga tulisan ini menjadi refrensi kalian dalam memilih ikan yang layak konsumsi.

Baca juga: