Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Vivipar Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Vivipar

Ciri-ciri hewan vivipar terlengkap beserta penjelasannya – hewan vivipar merupakan hewan yang bisa tumbuh serta berkembang melalui tahap dilahirkan induknya. Secara kasat mata pastinya mudah bagi kita membedakan hewan vivipar dengan yang lainnya. Kali ini admin akan menyampaikan kepada kalian tentang ciri-ciri hewan vivipar terlengkap beserta penjelasannya. Berikut simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Mempunyai rahim

Sudah pasti memiliki rahim menjadi tempat tersimpah sebuah tubuh serta berkembangnya calon individu yang baru. Hewan vivipar memiliki rahim guna melindungi calon individu yang baru. Selama lahir sang induk, maka calon individu beru melewati plasenta. Jadi, calon individu tersebut mendapatkan makanan apapun yang dikonsumsi induk.

2. Menyusui individu baru yang baru terlahir

Secara umum ciri-ciri vivipar ini sudah menjalani proses melahirkan. Proses induk hewan vivipar ini menghasilkan susu sebab dipengaruhi kelenjar mamae. Kebutuhan nutrisi yang berasal dari sang induk pasti paling memegang peranan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan hewn vivipar.

3. Mempunyai puting susu

Puting susu ialah bagian dari organ tubuh yang terdapat dalam setiap individu betina dan jantan hewan vivipar. Namun, fungsinya ini bagi organ tubuh betina sebagai perantara untuk menyusui anak yang telah dihasilkan sang induk.

Baca Juga :   7 Daur Hidup Obelia Sp : Pengertian, Siklus Beserta Contohnya Lengkap

4. Merawat individu baru dilahirkan

Selain mempunyai kelenjar mamae, sudah tentu hewan vivipar ini akan merawan individu baru yang baru terlahir. Saat merawat individu baru ini yang baru saja terlahir, maka sang induk akan merawatnya hingga benar – benarberkembang biak serta bertahan dikemudian hari nanti.

5. Keluarnya individu baru lewat tubuh induknya

Dalam proses calon individu hasil pembuahan sperma jantan dan sel telur dari betina ini akan dikeluarkan tubuh induknya. Keluarnya bergantung dengan kecukupan nutrisi yang sudah didapatkan individu itu dalam masa kehamilan. Jadi, setiap hewan vivipar mempunyai perbedaan waktu saat ia melahirkan individu baru.

6. Memiliki daun telinga

Daun telinga hewan vivipar ini tentu akan dipunyai setiap individu yang baru terlahir. Sudah pasti keberadaan daun telinga ini dapat berfungsi menjadi pengumpul suara sampai hewan vivipar memiliki kemampuan mendengarkan.

7. Hewan mamalia

Nah, ciri ciri yang sangat mudah untuk kita jumpai dari hewan vivipar ini kadang kelompoknya dari mamalia. Mamalia sendiri adalah salah satu macam contoh hewan vertebrata. Ciri-ciri hewan vertebrata ini mempunyai tulang belakang. Ciri khasnya bisa dilihat dari mamalia yang mempunyai kemampuan beradaptasi secara cepat dan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru daripada dengan hewan vertebrata lainnya. Tubuhnya ditutupi rambut.

Pengertian Vivipar

Jadi, vivipar merupakan perkembangbiakan/ reproduksi makhluk hidup maupun hewan caranya dengan membuahi sel telr betina dari sel sperma jantan dalam tubuh induknya, lalu terjadilah sebuah pertumbuhan sampai akhirnya terlahir bentuk individu sejenis, dari proses tersebut kadang bernama beranak atau melahirkan.

Reproduksi adalah sebuah proses untuk makhluk hidup mendapatkan keturunannya. Reproduksi adalah bagian dari kemampuan hewan yang terpenting. Jika tidak ada kemampuan itu, maka salah satu jenis hewan menjadi punah. Oleh sebab itu, harus dihasilkan beberapa bagian dari individu yang nantinya dapat mempertahankan jenis hewan yang baru. Proses pembentukan individu yang baru tersebut dikenal sebagai reproduksi (urogenital).

Baca Juga :   Metamorfose Kupu-Kupu dan Penjelasannya, Terlengkap !

Reproduksi hewan bisa mengalami secara aseksual dan seksual. Konsep dari reproduksi aseksual ini tidak bisa diartikan secara tepat, sebab terlalu banyak variasinya), namun jelas bahwa dari proses tersebut tidak berhubungan dengan proses pembentukan gamet. Reproduksi aseksual ini bisa berlangsung degan cara pembelahan, bertunas dan fragmentasi.

Vivipar ialah perkembangbiakan/ reproduksi makhluk hdup melalui pembuahan sel jantan pada sel telur betina pada tubuh induknya dan akhirnya terlahir induvidu baru yang sama dengan jenisnya induk. Proses ini kadang dikenal dengan beranak atau melahirkan, seperti yang sudah disinggung diatas tadi. Jadi, pengertian dari vivipar ini ialah perkembang biakan dengan melalui melahirkan. Embrio tersebut maupun hewan tersebut cukup umur akan dikeluarkan pada tubuh induknya dan memperoleh makanan lewat plasenta. Sesudah embrio mapun anak itu lumaya umurnya, maka akan dikeluarkan dari dalam tubuh induknya guna dilahirkan.

Pada dasarnya semua makhluk hidu ini akan melalui sebuah tahap perkembangbiakan, yang mana artinya makhluk hidup ini bisa menghasilkan keturunan. Hal ini bertujuan agar makhluk hidup berkembang biak guna memperbanyak keturunannya agar jenis ini tidka menjadi punah atau habis.

Contoh Hewan Vivipar

Adapun contoh dari hewan vivipar ini diantaranya :

  1. Anjing
    Anjing berkembang biak melalui cara mengandung dan melahirkan pula. Periode yang terdapat dalam anjing ini berkisar 55 sampai 65 hari. Di waktu anjing ini hami ia dapat mengandung sampai lebih dari 4 bayi.
  2. Gajah
    Hewan ini dominan dengan telinga yang lebar dan mempunyai belalai. Gajah dapat hamil serta melahirkan anaknya. Untuk periode gajah ini hami berlangsung sekitar 18-224 bulan.
  3. Harimau
    Harimau tergolong dalam jenis hewan yang perkembangbiakannya ini melalui vivipar/ melahirkan
    Binatang satu ini pun tergolong dalam kelas mamalia, misalnya binatang vivipar lainnya.
    Wah, ternyata banyak sekali ya ciri – ciri dari vivipar ini yang sangat mudah sekali untuk kita pelajari bersama.
Baca Juga :   Hewan Ovovivipar - Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

Dengan begitu, maka kalian semua dapat lebih paham tentang hewan ini bisa berkembang biak. Jadi ada baiknya bila kalian mempelajari secara detail dengan seksama agar kalian ini dapat membedakan semuanya. Semoga dengan adanya tulisan ini mengenai ciri-ciri hewan vivipar terlengkap beserta penjelasannya, dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Baca juga: