Hewan Ovovivipar – Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar Terlengkap Beserta Penjelasannya – Berkembangbiak merupakan salah satu hal yang sangat penting dan di butuhkan oleh setiap makhluk hidup. Kemampuan bereproduksi dan kemudian memperbanyak jenisnya akan membuat keberlangsungan kehidupan semakin terjamin. Untuk dapat menjaga keberlangsungan tersebut maka ada banyak sekali proses reproduksi yang di miliki oleh makhluk hidup.

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

Meskipun begitu secara garis besar dapat kita bedakan menjadi dua golongan utama yaitu, perkembangbiakan generatif pada hewan dan juga perkembangbiakan vegetatif pada hewan. Keduanya adalah dua golongan utama pada proses berlangsungnya reproduksi yang dapat kita temukan pada setiap hewan yang ada di dunia. Penggolongan tersebut sendiri biasanya merupakan hasil dari proses beberapa jenis-jenis adaptasi yang di lalui oleh setiap makhluk hidup tersebut.

Apabila kita berbicara mengenai perkembangbiakan generatif sendiri. Maka, kita akan menemukan lagi dua buah golongan utama yang digunakan sebagai pengelompokan hewan. Golongan tersebut adalah golongan hewan ovipar dan juga golongan hewan vivipar. Keduanya merupakan jenis golongan yang banyak kita temukan pada perkembangbiakan generatif yang banyak dilakukan oleh hewan.

Namun, kali ini kita akan mengenai golongan ketiga yang dapat kita temukan pada perkembangbiakan generatif. Golongan ini sendiri disebut sebagai golongan hewan ovovivipar. Salah satu golongan yang bisa dikatakan cukup unik dan juga cukup menarik dengan proses perkembangbiakan yang mereka lalui. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai golongan hewan yang satu ini, seperti :

Baca Juga :  8 Hewan Paling Beracun Sedunia Beserta Penjelasannya Lengkap

PENGERTIAN

Jika kita mengenai hewan memiliki dua cara dalam menghadirkan keturunan baru dengan bertelur dan juga beranak. Maka hewan ovovivipar merupakan hewan yang menghadirkan keturunan baru dengan bertelur dan beranak, namun keduanya terjadi dalam satu rangkaian proses yang ada.
Satu hal yang perlu kita perhatikan disini adalah pada proses reproduksi tersebut pembuahan sel telur akan berlangsung sepenuhya berada di dalam tubuh indukan. Kemudian juga hewan ovovivipar ini memiliki organ atau jaringan yang mampu menghasilkan cangkang telur untuk melindungi embrioa yang ada di dalam tubuhnya.

Ciri Ciri Hewan Ovovivipar

1. Pembentukan calon individu baru secara generatif atau seksual

Pembentukan individu baru hewan ovovivipar dilakukan secara generatif atau bisa disebut seksual. Hasil dari pembentukan secara generatif atau seksual akan menghasilkan zigot. Zigot terjadi ketika sperma jantan bertemu denga ovum betina. Setelah sperma dan ovum bertemu, maka terjadilah proses pembuahan hingga membentuk telur. Kemudian di dalam telur, embrio tumbuh dengan sempurna karena ada cadangan makanan.

2. Calon individu baru bertelur dan menetas dengan keluar dari tubuh induk

Masa bertelur hewan ovovivipar yang ada di dalam tubuh induknya sama seperti pertumbuhan embrio pada hewan vivipar. Masa embrio pada hewan ovovivipar tergantung pada kondisi lingkungan yang ada di dalam tubuh induknya tersebut. Sedangkan waktu yang dibutuhkan oleh individu baru tergantung pada kondisi lingkungan yang ada diluarn tubuh induknya. Hal itu disebabkan, karena telur pada hewan ovovivipar sudah tidak berada lagi di dalam induknya.

3. Makanan diperoleh dari telur tetapi tetap berkembang dalam induknya

Zigot akan berkembang menjadi embrio yang matang apabila ketersediaan nutrisi dalam tubuh embrio terpenuhi. Oleh karena itu pada hewan ovovivipar, embrio akan mendapatkan makan dari telur. Proses telur bisa mendapatkan nutrisi ini ditentukan dari konsumsi yang dimakan oleh induknya.

Baca Juga :  Sistem Pernapasan Hewan Mamalia : Definisi, Proses, Ciri dan Contohnya Lengkap

4. Pembuahan terjadi di dalam (internal)

Adanya pertemuan antara sperma dari individu jantan dan sel telur dai individu betina pada contoh hewan ovovivipar ini terjadi di dalam (internal). Pembuahan yang terjadi di dalam (internal) adalah pengabungan sperma jantan dan sel telur betina berada di dalam tubuh induknya. Dengan demikian calon individu baru akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh induknya.

5. Tidak mempunyai rahim

Rahim pada contoh hewan vivipar berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan tertanamnya hasil pembuahan antara sperma jantan dan sel telur betina. Sedangkan, hewan ovovivipar tidak mempunyai rahim karena pertumbuhan individu baru dari hewan ovovivipar akan membentuk telur. Telur ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk pertumbuhan dan perkembangan pada calon individu baru di hewan ovovivipar.

6. Tidak menyusui

Induk dari hewan ovovivipar tidak menyusui calon individu barunya. Hal itu dikarenakan hewan ovovivipar tidak memiliki kelenjar susu. Kelenjar susu berfungsi untuk memproduksi susu yang bisa menjadi nutrisi atau makanan untuk individu baru.

7. Tidak mengasuh calon individu baru

Tidak sama seperti pada hewan vivipar, dimana individu baru yang akan bertahan hidup akan diasuh oleh induknya. Pada proses mengasuh individu baru dari hewan ovovivipar, sang induk mengasuh anaknya tergantung pada waktu dan cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya.

8. Berdarah dingin

Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah hewan berdarah dingin. Hewan berdarah dingin adalah hewan yang bertahan hidup dengan cara menyesuaikan kondisi tubuh dengan lingkungan melalui proses pengeluaran kalor.
Pengetahuan akan cara hewan dapat berkembang biak perlu diketahui. Hal ini karena setiap ilmu yang kita pelajari setiap harinya pasti akan memiliki keterkaitan satu dengan ilmu yang lainnya. Selain itu, kalian juga sangat perlu mengetahui beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara contoh hewan ovipar dan contoh hewan vivipar agar anda semua bisa membedakan kesetiap ciri-ciri yang dimiliki, termasuk ciri-ciri hewan ovovivipar.

Baca Juga :  Hewan Ovipar - Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

Demikianlah artikel kali ini mengenai Ciri-ciri Hewan Ovovivipar Terlengkap Beserta Penjelasannya yang bisa kami jelaskan. Semoga artikel kali ini bisa memberikan lebih banyak lagi pengetahuan. Terima kasih.

Baca juga: