Cara Penyerbukan Bunga Melati Terlengkap

Rate this post

Cara Penyerbukan Bunga Melati Terlengkap

Cara penyerbukan bunga melati terlengkap – kegiatan penyerbukan memang sangat penting, akan tetapi tak kalah penting pula bila kalian mengetahui bunga melati bila siap dilakukan penyerbukan. Penasaran bagaimana bunga melati ini melakukan penyerbukan. Berikut ini informasi mengenai cara penyerbukan bunga melati terlengkap. Sebelumnya kita membahas lebih jauh bagaimana cara penyerbukan dari bunga melati ini, alangkah baiknya kita telusuri mengenaii jenis jenis penyerbukannya sendiri.

Jenis Jenis Penyerbukan Perantara Pada Bunga Melati

Penyerbukan tumbuhan ini bisa dibagi menurut 2 hal, yakni menurut perantara dan menurut asal serbuk sarinya. Menurut perantaranya, penyerbukan dibagi jadi 4 jenis, yakni penyerbukan melalui bantuan angin, hewan, air dan penyerbukan dari manusia.

1. Penyerbukan melalui bantuan angin (anemogami)

Penyerbukan anemogami ialah penyerbukan bunga tumbuhan yang dialami sebab adanya bantuan angin. Tumbuhan ini mempunyai ciri khusus, diantaranya :

  • Mahkota bunga ukurannya kecil
  • Warna bunga tak mencolok
  • Mempunyai tangkai sari panjang
  • Tidak mempunyai kelenjar madu
  • Serbuk sarinya banyak, ringan, dan mempunyai bulu
  • Kepala putiknya besar serta kadang berbulu
    Contohnya : jagung, padi, kelapa sawit, dan masih banyak lainnya.

2. Penyerbukan dengan bantuan hewan

Penyerbukan ini merupakan penyerbukan yang mengalami sebab bantuan hewan menjadi perantaranya. Hewan yang biasnaya membantu proses ini ialah kupu kupu, kelalawar, lebah dan bekicot dll. Cirinya antara lain :

  • Warna mahkota mencolok
  • Mahkota bunga besar
  • Mempunyai bau yang khas/ harum
  • Mempunyai kelenjar madu/ nektar
Baca Juga :  6 Ciri-ciri Ganggang (Alga) dan Pengertiannya Lengkap

3. Penyerbukan menggunakan bantuan air

Pada sejumlah tumbuhan khusus, penyerbukan bisa mengalami hanya melalui bantuan air menjadi perantaranya. Air yang membantu penyerbukan berbentuk air hujan yang lalu merontokan serbuk sari dari tumpahan serta membawanya dekat kepala putik. Bunga yang menyerbuk melalui bantuan air yang tak mempunyai ciri khusus. Sedangkan contoh tumbuhannya sendiri seperti hydrilia dan ganggang.

4. Penyerbukan melalui bantuan manusia

Tumbuhan khusus mempunyai letak serta kedudukan organela bunga yang tak memungkinkan mengalami proses penyerbukan menggunakan bantuan angin, air, maupun hewan. Penyerbukan untuk tumbuhan tumbuhan tersebut bisa dioptimalkan menggunakan bantuan manusia. Adapun ciri tumbuhan ini yang penyerbukannya perlu dibantu oleh manusia antara lain :

  • Mempunyai serbuk sari serta kepala putik yang tak ada dalam sat duduk bunga/ bunga tunggal
  • Kepala putiknya dalam keadaan tertutup jadi tak mungkin masuk di kepala putik yang tidak di buka lebih dulu
  • Serbuk sari kesulitan mengalami rontok

Jenis Penyerbukan Alami

1. Penyerbukan sendiri

Penyerbukan autogami ialah penyerbukan di sebuah bunga yang asalnya dari bunganya sendiri. Contohnya bunga sepatu, bunga telang dll.

2. Penyerbukan tetangga

Penyerbukan tetangga ialah penyerbukan di sebuah bunga yang asalnya dari tumbuhan tersebut. Contohnya kelapa sawit, tumbuhan jagung dll.

3. Penyerbukan silang

Penyerbukan silang ialah penyerbukan di sebuahng bunga yang asalnya dari tumbuha lainnya dengan masih sejenis.

4. Penyerbukan bastar

Penyerbukan ini ialah penyerbukan sebuah buga yang asalnya dari bunga lain di tumbuhan lainnya dengan jenis beda dan sifatnya beda.

Harus kalian ketahui dengan bersama jika bunga melati bisa dilakukan penyerbukan bersama hewan serangga. Kadang hewan serangga kupu kupu dan lebah lah yang membantu penyerbukan bunga melati. Berikut ini cara dari penyerbukan bunga melati bersama hewan.

  • Siapkan bunga melati yang cirinya siap untuk dilakukan proses penyerbukan
  • Kemudian kupu-kupu maupun lebah yang terpenuhi serbuk sari menjadi media guna menjalankan penyerbukan sehingga akan menyebar di bunga melati yang lain.
  • Kemudian bunga melati yang sudah terkena serbuk sari dari agen polinator kemudian akan lepas secara sendirinya.
  • Terakhir bagian bunga matahari yakni dasar bunga akan berbentuk.
  • Kemudian berkembang membesar serta terdiri dari bakal biji sampai kembali lagi muncul kelopak bunga matahari baru.
Baca Juga :  6 Cara Penyerbukan Bunga Aster Beserta Penjelasannya Terlengkap

Cara Memperbanyak Bunga Melati

Cara penyerbukan dari bunga melati ini paling jarang dibantu oleh manusia sebab bunga melati kerap kali diperbanyak menggunakan cara lainnya. Jika kalian tertarik untuk memperbanyak bunga melati maka dapat mencobanya dengan sejumlahh cara berikut ini :

1. Pruning (pemangkasan)

Pruning (pemangkasan) merupakan cara perbanyakan bunga melati yang sangat banyak dijalankan sebab caranya terbilang lebih mudah. Bagian yang dipakai guna menanam bunga melati caranya dengan pemangkasan ialah bagian batang. Pertama kalian dapat memilih batang yang belum dapat beradaptasi dengan waktu yang sangat cepat. Sementara pemakaian batang dari bunga melati yang tua malah belum tentu menghasilkan pertumbuhan bunga melati secara baik sebab kemampuannya guna tumbuh ini lebih rendah bila dibandingkan dengan batang lebih muda.

2. Cutting (stek)

Cutting kadang dikenal dengan nama stek. Pada sebuah teknik budidaya bunga melati kadang ada tambahannya hormon guna membantu pertumbuhan dari tanaman. Carilah batang bunga melati yang mempunyai calon bakal akar di sejumlah bagian akarnya. Kemudian potonglah bagian batang pada bunga melati itu dengan cara menyisakan sejumlah tangkai daun bunga melati.

Kalian dapat menyimpannya bahan stek di cairan hormon pertumbuhan. Salah satu dari cairan hormon auksin yang dapat dipakai guna membantu pertumbuhan bunga melati kalian. Lalu tanam bahan stek di media tanam yang telah kalian siapkan. Saat bahan stek kalian telah tumbuh melebihi dari tempat tanam yang kalian siapkan sebelumnya, dapat dipindahkan menuju tempat tanam dengan lebih besar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait Cara penyerbukan bunga melati terlengkap menggunakan bantuan hewan. Adapun cara yang lain dari cara tanam ini dapat kalian lakukan dengan tak jauh berbeda mudahnya menggunakan penyerbukan bantuan hewan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :  8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar - Pengertian Dan Cirinya Lengkap

Baca juga: