7 Fakta Unik Cara Berkembang Biak Penguin

Posted on

Cara Penguin Berkembangbiak Secara Lengkap

Cara penguin berkembangbiak – siapa yang tidak kenal dengan hewan penguin ini dengan segala keunikan adaptasi terhadap lingkungannya? Hewan yang warnanya hita putih bertubuh lucu tersebut hewan yang hanya dapat hidup di udara dingin sekali. Misalnya seperti dikutub selatan, hewn tersebut sangat senang hidup mengelompok. Sehingga menjadi hewan terfavorit serta kerap dipakai menjadi tokoh tiruan dalam beragam film maupun kartun anak – anak sebab dianggap mempunyai tingkah lucu dan menghibur. Oke, kali ini akan penulis sampaikan bagaimana Cara penguin berkembangbiak.

7 Fakta Unik Cara Berkembang Biak Penguin

Hewan penguin adalah bagian dari hewan keluarga aves atau burung. Sama halnya dengan burung lainnya, hean ini terus berkembangbiak melalui cara bertelur. Akan tetapi ada yang unik dalam proses perkembangbiakan hewan penguin ini. nah, untuk selengkapnya maka simak ulasan berikut ini.

1. Penguin hanya bertelur satu butir saja

Sesudah masa perkawinan, maka hewan penguin betina ini hanya akan menelurkan satu butir saja yang mempunyai ciri ciri hewan betelur. Sesudah seekor hewan penguin betina ini bertelur, lalu hewan penguin jantan yang nantinya akan mengerami telurnya. Berbeda dari jenis burung yang lain yang akan dilakukan eraman oleh betinanya. Hewan penguin ini secara umum bertelur di musim dingin sekali jadi di masa ini lumayan sulit guna mencari makanan.

Baca Juga :   9 Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek Di Dunia

2. Dierami oleh jantan

Ketika telur dierami oleh penguin jantan maka penguin betina ini akan mencari makanan. Hal ini akan terus terjadi selama hewan penguin jantan mengerami telur menjadi peranan mamalia untuk kehidupan. proses pengeraman telur tersebut membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 bulan. Selama dalam proses mengerami telur tersebut hewan penguin jantan tak akan makan sama sekali sebab mereka tak bisa meninggalkan telur dan ketika di musim dingin makanan memang tak tersedia. Nah, luar biasa sekali bukan sobat pengorbanan dari penguin jantan ini?

3. Telur perlu dijaga supaya tak membeku

Telur yang tak terjaga secara baik atau bahkan terjadi peningkatan suhu sebab cuaca yang sangat dingin, maka bisa membeku dan calon anak dari hewan penguin ini akan bisa mati dalam hitungan menit saja. sesudah dua bulan melakukan puasa, maka hewan penguin jantan bahkan akan mengalami kehilangan sepertiga berat tubuhya.

4. Telur dierami dengan berkoloni

Selama masa pengeraman tersebut, hewan penguin jantan akan membentuk sebauh koloni secara bersama dengan hewan penguin jantan yang lain. Masing masing dair hean penguin jantan akan membawa sebutir telur diantara dua kakinya. Dengan membentuk sebuah koloni maka mereka bisa menjaga temperature telur bersamaan. Jadi telur telur tersebut bisa menjadi lebih aman. Para hewan penguin tersebut pun menjaga supaya hewan penguin yang lainnya yang letaknya di bagian luar koloni ini tidak akan kedinginan, sehingga mereka ini akan dengan bergilir berpindah tempat agar panasnya merata.

5. Makanan diberikan betina

Sesudah dua bulan dilakukan pengeraman dan akan segera menetas, maka telur tersebut akan diambil alih oleh sejumlah hewan penguin betina yang sudah kembali dari mencari makanan. Hewan penguin betina ini akan menyimpan makanannya di temboloknya jadi badannya jadi lebih besar dibanding ukuran awalnya.

Baca Juga :   Proses Metamorfosis Pada Hewan Sempurna dan Tidak Sempurna Terlengkap

6. Jantan dan betina akan bertemu ketika anakan menetas

Nah, bagaimana caranya hewan penguin betina ini bisa menemukan pasangannya serta telurnya diantara pada koloni hewan hewan penguin jantan? Hewan penguin ialah hewan yang setia sekali pada pasangannya ya kawan. Jadi mereka bisa mengenali pasangannya hanya dengan nyanyiannya maupun suaranya. Nah, begitulah cara agar mereka saling bertemu kembali sesudah berbulan bulan berpisah jadi tak aka nada pasangan penguin yang saling tertukar dan tak akan ada hewan penguin betina dan jantan yang kebingungan dalam mencari telurnya.

Begitupun dengan bayi pada hewan penguin, mereka bisa mengenali orang tuanya dari sebuah suara mereka. Jadi setiap hean penguin ini mempunyai suara yang khas guna membedakan dari hean penguin satu dan yang lainnya. kadnag telur hewan penguin ini akan menetas saat awal musim semi. Es es yang sudah mulai mencair jadi terbentuklah sejumlah lubang air, nah dari sinilah maka para hewan penguin bisa berburu ikan guna di makan.

7. Bertelur hanya dialami pada musim dingin

Alasan kenapa hewan penguin tersebut bertelur pada waktu musim dingin sebab bila mereka ini bertelur pada waktu musim panas maka hewan penguin kecil akan lahir di musim dingin dan pada waktu itulah makanan akan menjadi sulit untuk didapatkan jadi sulit pula dalam mencari makanan untuk si hewan penguin kecil. Nah, ternyata cara perkembangbiakannya penguin ini unik dan juga mengesankan ya kawan?

Sebagian besar penguin hidup pada belahan bumi selatan maupun antartika dan juga sebagiannya kecil lainnya lagi hidup pada daerah tripos misalnya seperti kepulauan Galapagos. Penguin yang hidup pada belahan bumi selatan dengan udara dingin secara umum merupakan sejumlah penguin yang ukurannya tubuh besar misalnya penguin kaisar “aptenodytes forsteri”, sementara penguin yang ukurannya tubuh lebih kecil lagi misalnya penguin peri “eudyptula minor” lebih cenderung akan bertempat tinggal daerah tropis dengan lebih hangat.

Baca Juga :   Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya Lengkap

Nah, itu dia sobat Cara penguin berkembangbiak. Jadi, penguin berkembangbiak dengan cara ovipar (bertelur). Telur tersebut akan dierami penguin jantan sampai menetas. Ketika penguin siap menentas, maka penguin jantan menyerahkan kembali telur pada penguin betina. Semoga menambah ilmu pengetahuanya. Terima kasih.

Baca juga: