Bunga Kamboja Jepang : Pengertian, Klasifikasi, Morfologi dan Cirinya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Bunga Kamboja Jepang, Klasifikasi, Morfologi dan Cirinya

Kamboja jepang – bagi pecinta tanaman hias, tentu sudah tau tentang kamboja jepang. Kamboja jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tengah popular bagi kalangan pecinta tanaman hias. Penampilannya yang sangat cantik dan menarik inilah sehingga dikenal oleh kalangan masyarakat luas.

Kamboja jepang ini menjadi primadona oleh sebagian orang. Baik dari kalangan pecinta tanaman hias maupun dari kalangan biasa. Nah, artikel ini akan di bahas mengenai tanaman kamboja jepang.

Pengertian Kamboja Jepang

Bunga kamboja jepang mempunyai nama latin “Adenium obesium”, ialah tanaman yang asalnya dari gurun pasir kering, di daerah dataran Asia Barat sampai Afrika. Tetapi bunga kamboja jepang yang ada di sana dikenal dengan nama “Desert rose” atau mawar padang pasir. Selain itu, disibut dengan Adenium ini sebab tanaman ini banyak ditemukan di kota Yaman pada daerah Aden.

Klasifikasi dan Morfologi Kamboja Jepang

Secara sistematis, tanaman pada bunga kamboja jepang tersebut masih dalam keluarga Plumeria namun mempunyai sejumlah perbedaan yang paling menonjol seperti daun, batang, yang mempunyai perbedaan ukuran dan juga bentuk. Tetapi secara garis besar pada tanaman bunga kamboja jepang tersebut dapat diklasifikasikan & morfologi sebagai berikut :

1. Kingdom : Plantae atau Tumbuhan
2. Subkingdom : Trachebionta atau tumbuhan berpembuluh
3. Super Divisi : Spermatophyta atau Menghasilkan biji
4. Divisi : Magnoliphyta atau Tumbuhan berbunga
5. Kelas : Magnoliopsida atau berkeping dua / dikotil
6. Sub kelas : Asteridae
7. Ordo : Gentianales
8. Famili : Apocynaceae
9. Genus : Adenium
10. Spesies : Adenium obesum atau Forssk, Roem dan Schult

Baca Juga :  Akar tunggang dan akar serabut : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh serta Perbedannya

Morfologi Bunga Kamboja Jepang

Morfologi dan ciri fisik ini untuk mengenali bunga kamboja jepang, adapun bagian-bagian tanaman yang mempunyai karakteristik tersendiri pada tanaman lainnya bisa di jabarkan sebagai berikut ini.

Banyak yang salah berargumen bahwa antara bunga kamboja Jepang atau Adenium ini dan bunga kamboja yang kadang dapat tumbuh di perkarangan kuburan atau Plumeria. Walaupun sama-sama asalnya dari keluarga Apocynaceae, namun kedua tanaman ini sangatlah berbeda.

Tumbuhan kamboja Jepang ini hanya memiliki tinggi sekitar 2 meter saja, jadi dapat ditanam di pot. Sementara tingginya tumbuhan kamboja yang ada di kuburan bisa mencapai 10 meter.

Bunga kamboja Jepang termasuk ke dalam jenis tanaman yang tingkat tinggi dengan mempunyai batang, bunga, daun, akar, dan buah. Tumbuhan ini dapat menyimpan cadangan air yang cukup banyak di dalam seluruh jaringannya, sehingga bisa bertahan hidup selama hari-hari tanpa ada air.

Ciri Ciri Bunga Kamboja Jepang

Adapun ciri-ciri khusus pada bunga kamboja Jepang :

1. Akar

Tumbuhan ini mempunyai akar yang bisa membentuk umbi menjadi tempat cadangan air serta makanan. Adanya umbi sangat penting, dalam arti bagi tumbuhan ini, sebab di habitat asalnya yang ada di daerah gurun panas dan beriklim kering, air serta sumber nutrisi paling susah didapakan. Akar mampu tumbuh panjang hingga beberapa meter di dalam tanah, selain itu dalam akar ditumbuhi sejumlah bulu halus untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Di dalam pot, akan menghambat pertumbuhan panjang akarnya, hal ini terlihat dari bentuk bonggol maupun pembesaran pada akar. Bagi penjual, bonggol bunga kamboja ini bisa dibentuk sesuai keinginan kalian sehingga dapat menambah nilai jualnya pada bunga kamboja jepang ini.

Baca Juga :  15 Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Lembab Beserta Gambarnya Lengkap

2. Batang

Tanaman pada bunga kamboja Jepang memiliki batang yang halus, lunak, serta tidak berduri. Batangnya pun mengandung getah putih yang memiliki rasa pahit dan beracun bila dipakai dalam konsentrasi banyak. Sejumlah spesies tertentu memiliki ukuran batang yang lumayan besar dengan beberapa guratan seperti jala yang ada di sepanjang permukaan batang.

3. Daun

Tanaman ini memiliki berbagai bentuk daun, ketebalan, corak warna, dan tektur yang berbeda beda tergantung dari jenisnya. Secara umum, daunnya berbentuk dibagi menjadi dua jenis yaitu bentuk runcing serta lanset. Contoh yang berbentuk daun runcing ialah jenis A. somalense, sementara contoh daun berbentuk lanset adalah A. obesum. Dari segi ukurannya daun, panjang daun ini sekitar antara 8 – 10 cm, dan lebarnya antara 0,5—1,5 cm.

4. Bunga

Bunga sebagai faktor paling penting di dalam meningkatkan popularitas pada tanaman bunga kamboja Jepang. Tanaman ini mempunyai corak bunga yang masing-masingnya beragam bergantung dari jenisnya. Kamboja Jepang tergolong sebagai bunga berumah satu, sebab di satu bunga ada mahkota bunga, kelopak bunga, ovari, putik, benang sari, dan tangkai bunga. Motif bunga juga sangat beragam, dimulai dari yang polos, lalu bergaris-garis, serta splash. Begitu pula dari warnanya, bunga kamboja Jepang ini mempunyai warna merah, putih, merah muda, merah tua, dan ungu. Bentuk bunganya menyerupai terompet.

5. Buah

Secara umum, hampir semua jenis tanaman bunga kamboja Jepang bisa menghasilkan buah, meskipun dengan jumlah serta ukuran yang beragam. Umumnya bunga bisa menghasilkan sepasang buah dengan saling menempel berhadapan, yang berdiameter 1—1,5 cm.

Satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa bunga kamboja jepang ini tidak pernah mati. Maksudnya adalah bukan tanamannya yang tidak pernah mati, melainkan sebagai nama dan kepopulerannya yang tidak akan pernah mati. Sudah sejak dahulu bunga kamboja jepang ini selalu masuk dalam kategori tanaman hias yang terpopuler di dunia. Ia menempati urutan yang pertama dari sepuluh besar pada tanaman hias paling populer.

Baca Juga :  12 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh Beserta Gambarnya Lengkap

Jadi, tidak jarang pula dalam suatu perlombaan bunga kamboja jepang ini menjadi juara. Kepopulerannya menjadi kebanggan bagi para penggemar dari tanaman hias ini, sebab ia mampu menunjukkan sebagai tanaman hias paling popular di dunia. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */