Bakteri Gram Positif Dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri, Dan Contohnya

5 (100%) 1 vote[s]

Bakteri Gram Positif Dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri, Dan Contohnya

Bakteri Gram Positif Dan Negatif : Perbedaan, Macam, Ciri, Dan Contohnya – Bakteri merupakan salah satu golongan organisme yang tidak memiliki selubung sel (prokariotik). Bakteri juga merupakan makhluk hidup yang memiliki DNA, akan tetapi DNA tersebut tidak terlokalosasi dalam tempat khusus serta tidaka danya membran inti. Biasanya bentuk dari DNA bakteri yaitu sirkuler, panjang, dan disebut dengan nukleoi. Bakteri dapat tumbuh dalam suatu tempat jika dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Faktor Yang Mempengaruhi Bakteri Dapat Tumbuh

Faktor – faktor tersebut antara lain:

  1. Sumber karbon
  2. Sumber energi, faktor ini diperlukan untuk reaksi sintesis yang membutuhkan energy dalam pertumbuhan dan restorasi, untuk gerak, pemeliharaan keseimbangan cairan, dan lain sebagainya.
  3. Sumber nitrogen, faktor ini berguna untuk sintesis protein dan asam nukleat
  4. Sumber garam – garam anorganik, faktor ini khusus untuk folat dan sulfat sebagai anion, potassium; sodium magnesium, kalsium, besi, mangan yang berperan sebagai kation.
  5. Bakteri tertentu juga membutuhkan faktor tambahan seperti vitamin bakteri untuks intesis metabolic esensial yang diperlukan dalam jumlah sedikit.

Bakteri dapat dikelompokkan kedalam beberapa kelompok organism untuk dapat membedakan jenis bakteri tersebut. Tes biokimia pewarnaan gram merupakan langkah yang efektif untuk dapat mengelompokkan bakteri. Hasil dari pewarnaan memperlihatkan perbedaan yang mendasar, sehingga bakteri dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Berbagai ulasan mengenai Bakteri Gram Positif Dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri, Dan Contohnya akan kami uraikan seperti di bawah ini.

Baca Juga :  Monera : Pengertian, Ciri Ciri Kingdom Monera (Eubacteria/ Bakteri dan Archaebacteria/ Archae)

Pengertian Bakteri Gram Positif

Bakteri gram positif adalah bakteri yang mempunyai dinding sel dengan warna violet dan memiliki lapisan Peptidoglikan yang tebal. Bakteri jenis ini apabila dilihat menggunakan mikroskop akan terlihat berwarna biru atau ungu. Bakteri gram positif salah satunya yaitu Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri pathogen yang biasanya terdapat pada manusia. Bakteri tersebut hanya mempunyai membran plasma tunggal yang dikelilingi dinding sel tabal berupa peptidoglikan.

Ciri-ciri bakteri gram positif dan Contohnya

Bakteri gram positif memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki lapisan peptidoglikan yang cukup tebal
2. Memiliki sitoplasma lipid membran
3. Terdapat beberapa spesies yang mempunyai Flagellum
4. Terdapat beberapa spesies yang mempunyai kapsul polis akarida
5. Tidak mempunyai kepekaan dengan Streptomysin
6. Kompisisi yang diperlukan lebih rumit
7. Pembentukan toksin berupa eksotoksin endotoksin.

Contoh dari bakteri gram positif yaitu bakteri gram positif yang membentuk spora dan bakteri gram positif yang tidak dapat membentuk spora, bakteri-bakteri tersebut meliputi:

1. Bakteri pembentuk spora yaitu spesies bacillus dan clostridium. Kedua bakteri tersebut terdapat dimana-mana dengan membentuk spora, sehingga dapat hidup di suatu lingkungan selama bertahun-tahun. Spesies Clostridium memiliki sifat anaerobobligat, sedangkan spesies bakteri Basillus bersifat aerob.
2. Bakteri tidak membentuk spora yaitu spesies Corynebacterium, Listeria, Propionibacterium, Actinomycetes. Beberapa bakteri jenis Corynebacterium dan kelompok Propinobacterium merupakan flora normal yang terdapat padakulit dan selaput lender manusia.

Pengertian Bakteri Gram Negatif

Bakteri gram negative adalah jenis bakteri yang dinding sel nya menyerap warna merah serta mempunyai lapisan peptidoglikan yang tipis. Lapisan peptidoglikan pada gram negative pada umumnya terletak di ruang periplasmik antara membrane plasma dengan membran luar.

Baca Juga :  Bakteri : Pengertian, Sejarah Penemuan, Macam-Macam dan Strukturnya Terlengkap

Ciri-ciri bakteri gram negatif dan Contohnya

  1. Memiliki sitoplasmic membran
  2. Jenis bakteri ini kurang rentan terhadap senyawa penisilin
  3. Struktur dinding sel tipis, yaitu sekitar 10-15 mm multilayer atau berlapis tiga
  4. Tidak resisten terhadap gangguan
  5. Pada dinding sel nya mengandung lemak dengan jumlah cukup banyak yakni sekitar 11-12

Contoh dari bakteri gram negative dikelompkkan berdasarkan bentuk dari bakteri tersebut.

  1. Enterobacterice (jenis bakteri gram negative yang berbentuk batang)
    Bakteri ini berbentuk batang dengan habitatnya yaitu usus manusia dan binatang.
  2. Acinobacter, Pseudomonas, dan bakteri gram negative lainnya
    Pseudomonas aeruginosa merupakan bakteri yang memiliki sifat inovasif dan tosigenik, yang dapat mengakibatkan infeksi pada pasien dengan adanya penurunan daya tahan tubuh serta menjadi pathogen nosocomial yang penting.
  3. Haemophilus, brucella, dan bordetella
    Bakteri gram negative heophilusinfluenze tipe b menjadi pathogen bagi manusia yang penting.
  4. Yersinia, Pasteurella, dan Franscisella

Perbedaan bakteri gram negatif dengan bakteri gram positif

Kedua jenis bakteri tersebut yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negative memiliki perbedaan yang mendasar diantaranya.

  1. Bakteri gram positif tidak memiliki membrane luar sedangkan bakteri gram negative memiliki membrane luar.
  2. Bakteri gram negative tidak dapat mempertahankan zat warna Kristal violet setelah dicuci dengan menggunakan alkohol atau aseton. Sedangkan bakteri gram posotof kebalikannya.
  3. Bakteri gram positif memiliki ketebalan dinding sel sekitar 20-30 nm. Disisi lain bakteri gram negative hanya memiliki ketebalan dinding sel sekitar 8-12 nm.
  4. Dinding sel pada bakteri gram positif sangat halus, sedangkan pada bakteri gram negative memiliki dindi ngsel yang bergelombang serta bersentuhan dengan membrane plasma hanya dibeberapa lokus.
  5. Bakteri gram positif memiliki kandungan lemak di dinding sel yang sangat rendah, disisi lain kandungan lemak pada dinding sel bakteri gram negative sekitar 20-30%.
Baca Juga :  Susu Fermentasi (Yogurt) : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Itulah penjelasan mengenai Bakteri Gram Positif Dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri, Dan Contohnya. Dengan demikian kita dapat mengetahui berbagai jenis bakteri yang terdapat di sekitar kita baik yang berbahaya ataupun yang dapat dimanfaatkan. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan sebagai referensi bagi kalian anda yang membutuhkan.

Baca juga:

/* */