7 Bagian Tubuh Manusia Yang Tak Berhenti Tumbuh dan Cara Mengoptimalkannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Bagian Tubuh Manusia Yang Tak Berhenti Tumbuh

Bagian tubuh manusia yang tak berhenti tumbuh – mengamati pertumbuhan pada tubuh serta anggota tubuhnya manusia ini memang menarik, yakni mulai dari anggota tubuh yang mudah terlihat dan bagian tubuh lainnya yang tak terlihat.

Apabila kalian masih dalam rahim, sudah tentu seluruh anggota tubuh masih akan berkembang maupun tumbuh sebab memang mesti begitu. Akan tetapi, ketika kita lahir di dunia ini, bertumbuh, dan dewasa maka apa anggota tubuh itu akan terus bertumbuh dan berkembang?

Mungkin dari sebagain kita tidak terlalu faham atau bahkan tidak lagi memperhatkan hal tersebut. Selama ini, terdapat banyak begitu kesalahpahaman mengenai bagian tubuh yang katanya akan terus mengalami pertumbuhan ini.

Bagian Tubuh Manusia Yang Tak Berhenti Tumbuh

Lantas bagian tubuh manusia yang tak berhenti tumbuh ini ada apa saja? yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Adapun sejumlah anggota tubuh kita yang tidak berhenti untuk tumbuh diantaranya ialah berikut ini :

1. Mata

Mata (indera penglihatan) adalah salah satu dari bagian tubuh kita yang tidak berhenti untuk tumbuh. Ketika masih saat bayi yang baru saja lahir maka bayi mempunyai mata yang besar. Akan tetapi, walaupun demikian mata ini akan tetap terjaid pertumbuhan yang sesuai dengan usia kita.
Dan pertumbuhan mata inilah yang berlangsung terutama ketika 1 – 2 tahun kita hidup ketika kita terjadi pubertas.

Baca Juga :  Sistem Koordinasi Pada Manusia : Pengertian, Macam - Macam dan Susunannya Terlengkap

2. Rambut

Rambut sudah tentu selalu terjadi pertumbuhan seiring dengan bertambahnya usia kita. Akan tetapi, tumbuhnya rambut ini akan melambat denga seiring melambatnya usia. Jenis hormone yang menjadi penyebab rambut rontok apat kalian jadikan informasi tambahan.
Rambut ini akan tumbuh dengan bertahap dengan kecepatan kurang lebih 15 cm dalam pertahunnya. Akan tetapi, hal tersbeut akan dipengaruhi sejumlah faktor misalnya seperti gen, obat-obatan, gas dan hal yang lain.

3. Kuku

Kuku sudah tentu merupakan bagian tubuh kita yang terus terjadi pertumbuhan. Hal tersebut sudah tentu kita faham ya. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia pertumbuhan pad akuku tersbeut juga dapat melambat jadi rapuh, kusam dan menguning.

4. Otak

Ketika kita lahir, maka otak seseorang ini hampir memiliki seluruh neuron maupun sel saraf. Dan otak ini yang akan terus mengalami pertumbuhan selama beberapa tahun, sehingga mencapai sebuah kematangan di usia 25 tahun. Lalu otak inilah yang akan menyusut di seiring bertambahnya usia. Sehingga hal tersebut yang akan mempengaruhi pada saat orang menjadi semakin pikun. Perbedaan fungsi dari otak kanan maupun kiri dapat kalian jadikan untuk informasi tambahan.

5. Kulit

Manusia akan terus mengalami keguguran sel kulit mereka. Pada satu menit, seseorang dapat kehilangan 30.000 ribu smapai 40.000 ribu sel kulit. Akan tetapi, hal ini sudah wajar sebab tubuh kita dapat menghasilkan sel kulit yang baru secara cepat yaitu di bagian bawah epidermis kulit.

6. Sel Lemak

Sel lemak adalah bagian dari sel yang tumbuh di bagian tubuh kita. Jumlah dari sel lemak yang dipunya seseorang ditetapkan di masa anak serta remaja. Lalu jumlahnya ini akan tetap pada waktu ia dewasa nantinya, dan dapat pula terjadi pertumbuhan maupun penyusutan.

Baca Juga :  5 Fungsi Getah Empedu Dalam Tubuh Manusia Beserta Penjelasannya Lengkap

7. Hidung dan Telinga

Sebagian besar dari sel dalam tubuh manusia ini berhenti berkembangbiak di masa pubertasnya. Pada saat sel sel di semua tubuh misalnya seperti oto, kulit, sel lemak ini berhenti menduplikasi maka manusia pun akan berhenti bertumbuh.

Namun, dilansir pada reader digest bwah berbeda dengan sel lain bahwa hidung serta telinga ini merupakan bagian tubuh yang tidak akan mengunci di usia pubertas berlalu. Indera penciuman dan juga pendengaran tersebut ialah organ dengan fondasi tulang rawan. Jaringan lunak di bagian tubuh tersebutlah yang akan tumbuh dan berkembang di sepanjang usia kalian.

Cara Mengoptimalkan Masa Pertumbuhan

Walaupun sebagian besar dari bagian tubuh kita akn berhenti tumbuh waktunya nanti, namun kalian tidak boleh mengabaikan dari hal hal ini. Satu bentuk upaya yang tepat dalam menghadapi masa pertumbuhan ini ialah dengan mengoptimalkan dengan beberapa cara. Yakni salah satunya dengan asupan makanan yang lebih bernutrisi.

Lebih lanjut lagi ditegaskan oleh dr. reza bahwa nutrisi ialah salah satu aspek paling penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan dimulai dari masa kanak-kanak. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan ASI pada bayi. ASI ialah nutrisi paling baik di usia 0-6 bulan yang berikutnya dilanjut sampai usia 2 tahun bersama dengan tambahnya makanan pendamping MPASI.

Tutur dari dr. reza bahwa nutrisi yang optimal ini bisa memacu pada pertumbuhan anak dengan optimal juga. Pertumbuhan baik akan sangat berkaitan dengan perkembangan. Jika tidak ada masa otot yang cukup serta ukuran dari orak yang normal, maka perkembangan dari anak ini tidak akan terjadi secara optimal.

Guna mengoptimalkan pada perkembangan dan pertumbuhan ini maka kebutuhan dari nutrisi di setiap orang harus sangat diperhatikan sejak dini mungkin. Harapannya saat ia dewasa maka seorang individu dapat mencapai masa pertumbuhan yang baik.

Baca Juga :  10 Gangguan Pada Sistem Reproduksi Wanita dan Cara Mengatasinya

Inilah sejumlah bagian tubuh manusia yang tak berhenti tumbuh. Walaupun di sepanjang usia kalian terdapat sejumlah organ tubuh yang tak berhenti tumbuh, tetapi kondisi tersebut tidak harus dikhawatirkan sebab pertumbuhannya sendiri masih pada batas yang wajar. Tetapi, bila terdapat penyimpangan di masa pertumbuhannya, maka segeralah periksa dengan dokter guna memperoleh penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasannya.

Baca juga: