Akar : Pengertian, Bagian – Bagian, Fungsi, Sifat dan Jenisnya Lengkap

3.5 (70%) 2 vote[s]

Bagian – Bagian Akar, Fungsi, Pengertian, Sifat dan Jenisnya

Bagian-bagian akar dan penjelasannya – akar merupakan pondasi, penyokong dan penopang batang tumbuhan supaya bisa berdiri kokoh secara permanen. Dengan cara seperti itulah harapannya agar tumbuhan memperoleh kenyamanan saat proses pertumbuhan. Bagian-bagian akar dan penjelasannya akan dibahas pada ulasan dibawah ini.

Bagian Bagian Akar

Berikut ini ialah ulasan tentang bagian-bagian akar dan penjelasannya.

1. Tudung akar

Tudung akar ialah bagian ujung akar yang hidup bernama kaliptra yang mempunyai sel jaringan parenkim dengan terkandung sari tepung.kaliptra ini berperan menjaga serta merawat dari sistem kinerja dan juga melembabkan akar supaya tidak terjadi gesekan bersama partikel tanah.

2. Inti akar

Inti akar merupakan bagian akar yang terletak di pusat akar, yakni di tengah bonggol akar. Inti akar dibagi dua, yaitu pembuluh tapis untuk melancarkan fotosintesa dan pembuluh kayu untuk menyebarkan nutrisi makanan dan air ke tulang daun.

Baca Juga :  Alang-alang : Klasifikasi, Deskripsi, dan Kegunaannya Bagi Kesehatan Terlengkap

3. Rambut akar

Rambut akar memiliki karakter unik, yakni berserabut tanpa teratur namun berstruktur halus dan melekat kuat di kulit akar bagian luar, fungsinya menyerap seluruh garam mineral dan air terdapat di kedalaman tanah.

4. Batang akar

Batang akar ialah batang yang berada di tengah-tengah antara ujung akar dan pangkal akar yang berkembang dan tumbuh menyabang dalam skala kecil.

5. Ujung akar

Merupakan bagian akar termuda seperti tunas dengan terus menerus terjadi pertumbuhan serta pergantian akar baru ketika sudah menjadi ketetuan sel akar.

Fungsi Akar pada Tumbuhan

1. Menjadi pondasi batang pohon berdiri.
2. Tempat menyerap air serta semua nutrisi kandungan dalam tanah, seperti garam mineral.
3. Menyuplai jenis hormon dari tumbuhan dalam pertumbuhan ranting dan batang.
4. Tempat menyimpan makananan untuk pertumbuhan tumbuhan.

Sifat Sifat dari Akar

1. Secara bertahap dan konsisten terjadi pertumbuhan serta perubahan ukuran.
2. Ruang gerak pada proses pertumbuhannya selalu berhubungan dengan gravitasi bumi. Kondisi akar pasti berwarna tanah hingga lebih pucat, ini disebabkan akar tidak terjadi proses fotosintesis.

Akar

Akarnya bisa menyimpan cadangan nutrisi serta air dalam serat yang terdapat pada akar mereka. Serat akar fungsinya menahan serta menyimpan jumlah nutrisi hingga musim kemarau tiba, jadi pasokan makanan tidak mengalami kekurangan. Akar yang dipunya biasa dikenal sebagai akar pokok, akar Hipokotil atau akar cabang.

Korteks

Korteks dikontrol serta disusun dari bantuan sel parenkim yang mempunyai dinding ari maupun tipis. Selnya tidak berupa padat sampai akhirnya memungkinkan air dan nutrisi makanan dapat berjalan kearah korteks yang tidak melelalui jaringan sel tumbuhan.

Endodermis

Endodermis ialah lapisan sel yang tersusun batasan batasan gerak korteks menggunakan stele (perisikel). Dinding sel endodermis memiliki beberapa lapisan suberin serta lignin yang memmiliki kecenderungan impermeael. Terutama fungsinya adalah membawa dan juga mengarahkan garam mineral menuju dalam stele.

Baca Juga :  Angiospermae : Pengertian, Ciri Ciri, Perbedaan dan Contohnya Terlengkap

Stele (selinder pembuluh)

Stele memilikii pembuluh dan juga jaringan pelengkap. Untuk bagian terluar Stele yakni terdapat sejumlah sel perisikel yang memiliki kemampuan membelah diri serta tumbuh membesar cepat guna membentuk cabang akar lateral. Untuk bagian dalam Stele memiliki pembuluh jaringan floem dan xylem, pada floem bentuknya mirip bintang laut sebab terdapat benjolan dengan menonjol keluar yang radial terhadap wilayah pusat kearah perisekel, Sementara floem ada didalam benjolannya xilem. Didalam akar tumbuhan dikotil pasti ditemukan jenis yang menyusun jaringan pembuluh tersebut.

Epidermis

Epidermis ialah jaringan terpenting yang berada pada lapisan terluar. Fungsinya menjadi benteng pertahanan jaringan pada organ penting tubuh. Jaringan epidermis tidak mempunyai lapisan lebih dari satu, sehingga jaringan epidermis pada tumbuhan terdapat kutikula.

Pembagian Akar Secara Biologi

Berikut ini ialah beberapa bagian akar secara biologi :

1. Akar Serabut/ Monokotil

Ciri ciri akar serabut :

  • Berakar serabut
  • batang beruas ruas
  • Batang tidak memiliki kambium
  • Mempunyai satu keping biji lembaga
  • Tulang daun bentuknya sejajar/ tak menyirip dan menjari
  • Bagian bunga memiliki jumlah 3 atau kelipatannya.
    Akar serabut menurut karakter dan fisiknya dibedakan jadi beberapa golongan lagi, yakni :
    a. Akar tombak/ fusi form
    b. Akar gasing/ napi form
    c. Serabut akar

2. Akar tunggang/ dikotil

Ciri ciri akar tunggang:

  • Berakar tunggang
  • Berbiji keping dua
  • Tulang daun serta sumsumnya menjari atau mennyirip
  • Tidak memiliki tudung akar
  • Akar dan batang memiliki kambium
  • Batang bercabang cabang serta beruas ruas
  • Kelopak bunga jumlahnya 2,4 dan kelipatannya
  • Pembuluh pengangkutnya teratur
  • Tipe berkas sebagai pengangkut kolateral

Jenis Jenis Akar

Adapun jenis jenis akar lain yang mempunyai keunikan dan fungsi masing masing, antara lain :

Baca Juga :  Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup : Pengertian, Siklus, Ciri dan Manfaatnya Lengkap

1. Akar napas

Pertumbuhan pada akar napas yakni tumbuhan ini keluar dari batangnya lalu menjulur kebawah. Jenis tanaman ini terdapat yang menyembul kepermukaan tanah namun ada pula kecenderungan letaknya didalam tanah. Akar napas memmiliki banyak rongga serta celah yang berfungsi untuk keluar masuknya udara. Akar napas ada pada tumbuhan Bakau

2. Akar gantung

Akar gantung ini tumbuh mulai dari bagian atas batang lalu tumbuh berkembang ke permukaan tanah. Fungsninya sebagai penyerapan oksigen yang berasal dari udara. Ketika akar telah menyentuh di permukaan tanah, maka akarnya menyerap air dan garam mineral. Akar gantung ada pada tumbuhan Beringin

3. Akar penghisap

Akar penghisap ialah akar yang bisa menyerap serta menghisap sari makanan dari tumbuhan lain menggunakan cara menempel maupun melekat di batang pohon besar. Akar penghisap ada pada tumbuhan benalu

4. Akar banir

Akar ini terdapat pada tumbuhan berjenis tropik

5. Akar pelekat

Akar pelekat dapat tumbuh di semua batang tumbuhan. Akar pelekat tumbuhan bentuknya panjang dan luas, fungsinya dapat melekat pada dinding maupun tumbuhan lain yang tidak mencuri sari makanan terhadap tumbuhan lain. Akar pelekat ada pada tanaman sirih

6. Akar tunjang

Akar tunjang merupakan akar yang tumbuh secara tegak lurus yang menyembul kedalaman tanah. Akar ini bernafas menggunakan akarnya dengan berongga dan ada banyak celah, sehingga memungkinkan oksigen masuk dalam jumlah banyak.

Itulah ulasan tentang bagian bagian akar dan penjelasannya. Kesuksesan sebuah tumbuhan untuk menghasilkan buah dengan kualitas terbaik selalu berhubungan dengan kesehatan akarnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */