Anatomi Ginjal Manusia (Pengertian, Fungsi dan Penjelasannya) Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Anatomi Ginjal Manusia (Pengertian, Bagian – Bagian dan Fungsinya)

Bagian-bagian ginjal manusia (fungsi dan penjelasannya) – ginjal sebagai salah satu organ yang penting pada tubuh manusia. Secara umum manusia mempunyai dua ginjal yang letaknya di kanan dan kiri. Bentuk ginjal menyerupai kacang merah dan letaknya ada dibawah perut bagian kanan dan kiri pada tulang vertebrate. Berikut ini penjelasan tentang bagian-bagian ginjal manusia (fungsi dan penjelasannya).

Dalam ginjal manusia ada bagian utama sebagai pembantu proses jalannya fungsi ginjal dengan sempurna. Yakni sebagai pelindung ginjal supaya tak mudah rusak ke bagian organ tubuh lainnya. Ukuran ginjal ini tergantung jenis kelaminnya dan umur.

Bagian Utama Ginjal Manusia

Berikut ialah penjelasan pada bagian-bagian ginjal manusia:

1. Korteks

Korteks merupakan tempat bermuaranya urin berasal. Didalam korteks ada jutaan nefron-nefron dan didalamnya ada badan Malpighi. Tiap badan Malpighi ini tersusun dari kapsula bowman, glomerulus, dan sejumlah tubulus-tubulus yang mendukung proses filter. Darah akan dilakukan pemfilteran di bagian ini.

Baca Juga :  Sintesis Protein : Pengertian, Tahapan dan Prosesnya Terlengkap

2. Nefron

Nefron adalah tempat darah dalam tubuh yang akan di filter. Pada setiap nefron ada bagian-bagian yang penting misalnya kapsula bowman, glomerulus, tubulus kontortus distal, tubulus kontortus proximal, tubulus kolektivus dan lengkung henle.

3. Glomerulus

Didalam bagian glomerulus tersebut darah yang masuk di saring sejumlah zat yang berguna. Misalnya garam, air, glukosa (zat gula), asam amino, serta urea. Hasil penyaringan pada bagian ini ialah urin primer.

4. Kapsul Bowman

Kapsul ini bentuknya menyerupai kapsul atau kantung yang di temukan oleh Sir William Bowman. Kapsul bowman tersebut membungkus glomerulus.

5. Tubulus Kontortus Proximal

Sebagai tempat penghasil urin sekunder. Pada tubulus kontortus proximal, akan dilakukan proses penyerapan oleh darah dari glomerulus, karena darah berbentuk urin primer masih mengandung zat zat berguna. Proses ini bernama reabsorpsi (pemfilteran kembali). Tubulus kontortus proximal ini masih menerima asam amino, glukosa, air dan garam terpenting tubuh.

6. Lengkung Henle

Alsannya bernama lengkung henle sebab anatomi organ tersebut memang melengkung. Dan struktur ini memang di butuhkan dalam menyaring dan menjadi penghubung antara tubulus kontortus distal dan tubulus kontortus proximal.

7. Tubulus Kontortus Distal

Dida dalam bagian ini, urin sekunder akan melepaskan zat zat yang berguna. Lalu memperoleh tambahan zat zat sisa (pembuangan tidak berguna). Sehingga terbentuknya urin sesungguhnya, yang mana akan di keluarkan menuju luar tubuh manusia.

8. Tubulus Kolektivus

Adalah bagian terakhir nefron. Bentuknya menyerupai selang sebagai saluran terakhir serta terpanjang pada ginjal. Berfungsi menampung urin sesungguhnya dari hasil pengolahan serta penyerapan dalam nefron. Selanjutnya urin tersebut lanjut menuju pelvis. Lalu di tampung sebelum benar-benar akam di keluarkan pada kandung kemih.

Baca Juga :  Ginjal : Bagian Bagian, dan Sebab Akibat Kerusakan Pada Ginjal Terlengkap

9. Medulla

Medulla adalah jaringan menyerupai piramida yang terletak di lengkung henle. Medulla sebagai tempat berkumpul kapsul bowman dan pembuluh darah kapiler. Di tempat ini juga sebelum menjadi urin sekunder terjadilah proses panjang urin primer.
Setelah proses panjang kemudian di olah jadi urin sesungguhnya, lalu di keluarkan jadi air kencing. Medulla ini sebagai tempat penghubung antara tubulus kontortus distal dengan tubulus kontortus proximal.

10. Arteri Ginjal

Ialah pembuluh nadi guna membawa darah menuju dalam ginjal. Sesudah sampai dalam ginjal, maka darah akan masuk dalam glomerulus guna di filter. Darah yang masih terdapat zat zat berguna misalnya asam amino dan protein akan kembali di filter dan di pakai tubuh. Jika darah tadi hanya mengandung urea serta zat tidak berguna yang lain, berlanjut ke kandung kemih.

11. Vena ginjal

Vena ginjal adalah bagian utama ginjal. Vena ginjal ialah pembuluh balik yang membawa darah keluar dalam ginjal ke vena cava inferior. Urutan pemprosesan pada vena ginjal ialah setelah melewati darah tadi akan di alirkan kembali menuju dalam jantung guna di olah jadi darah bersih (mengandung oksigen).

12. Ureter

Ureter sangat berguna guna mengalirkan urin sesungguhnya pada ginjal menuju kandung kemih. Ureter bentuknya menyerupai saluran maskuler silinder dalam tubuh. Panjang ureter sekitar 20-30 dan diameternya maksimum 1,7 cm dan dekat kandung kemih serta yang berjalan pada hilus ginjal ke kandung kemih. Ureter dibagi pars abdominalis, intravesikalis dan pelvis. Dan ureter mempunyai dinding ureter yang terdiri atas mukosa yang dilapisi sel-sel transisional.

13. Pelvis

Pelvis gunanya sebagai tempat penampungan urin sementara yang sudah terfilter dalam ginjal. Nantinya bila tempat penampungan penuh, lanut turun melalui ureter ke kandung kemih. Jika kandung kemih sudah penuh, maka syaraf & otot berkontraksi guna mengirimkan sinyal sinyal kuat menuju bagian bagian otak manusia sehingga ada keinginan segera ‘pipis’.

Baca Juga :  19 Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria beserta Penjelasannya Lengkap

Bagian Ginjal Lain

Selain bagian ginjal utama manusia di atas, ginjal juga mempunyai bagian yang tak kalah penting berbentuk jaringan jaringan guna membantu proses berjalannya saluran pencernaan dalam tubuh dan masing-masingnya memiliki fungsi yang akan bekerja dengan maksimal, diantaranya :

1. Diafragma

Sebagai oksigen mengalirnya darah menuju ginjal.

2. Kelenjar adrenal

Sebagai control stress tubuh di dalam sintesis kortikosteroid &katekolamin.

3. Vena cava inferior

Sebagai penerima darah kotor (mengandung CO2)

4. Aorta Abdominalis

Pembuluh ini yang akan membawa darah kirimannya aorta decendens.

5. Kandung kemih

Sebagai penyalur & tempat penampungan air urin sebelum di buang.

6. Uretra

Sebagai alat sistem ekskresi dan peran dalam sistem seksual manusia.

Diatas merupakan penjelasan tentang bagian-bagian ginjal manusia (fungsi dan penjelasannya). Untuk mengatasi supaya tidak mengalami kerusakan pada ginjal/ kerusakan tubuh lainnya. Dapat di cegah dengan beberapa cara yakni makan makanan sehat, jangan menunda kencing, serta tidur yang cukup. Nah, itulah anatomi ginjal terpenting bagi tubuh manusia, semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */