Anatomi dan Fisiologi Bola Mata : Pengertian, Bagian Serta Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Anatomi & Fisiologi Bola Mata Serta Fungsinya Secara Lengkap

Anatomi & Fisiologi Bola Mata Serta Fungsinya Secara Lengkap – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan makhluk hidup. Terdapat berbagai macam bagian-bagian yang dimiliki oleh mata. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum terlalu mengenal anatomi mata yang sebenarnya penting untuk diketahui. Sehingga, dengan mengetahuinya kita akan dapat lebih menghargai dan menjaganya dengan baik dan benar. Untuk itu berikut ini kamu ulas mengenai Anatomi & Fisiologi Bola Mata Serta Fungsinya Secara Lengkap.

Anatomi dan Fisiologi Bola Mata : Pengertian, Bagian Serta Fungsinya

Anatomi kelopak mata (Palpebra)

Kelopak mata merupakan bagian dari mata yang mempunyai fungsi sebagai pelindung bola mata serta dapat mengeluarkan sekresi kelenjarnya membentuk film air mata di depan kornea. Palpebra atau kelopak mata juga dapat berfungsi untuk melindungi bola mata terhadap trauma, yaitu trauma sinar dan pengeringan bola mata.
Palpebra memiliki lapisan kulit yang tipis pada bagian depan, sedangkan dibagian belakang ditutupi oleh selaput lendir tarsus yang dapat disebut dengan konjungtiva tarsal. Pada kelopak mata terdapat bagian-bagian sebagai berikut:

  1. Kelenjar, yang meliputi kelenjar sebasea, kelenjar keringat, kelenjar zeis pada pangkal rambut (bulu mata) serta kelenjar meibom pada tarsus.
  2. Otot
  3. Tarsus yag ada di dalam mata merupakan jaringan ikat dengan kelenjar meibom di dalamnya yang bermuara pada margo palpebra.
  4. Septum orbitra yakni jaringan fibrosis yang berasal dari rima rima orbita batas isi orbita dengan kelopak depan.
  5. Tarsus
  6. Persarafan sensorik kelopak mata atas.
Baca Juga :  5 Fungsi Kelenjar Getah Bening dan Pengertiannya Terlengkap

Konjungtiva tarsal dapat dilihat hanya pada saat melakukan eversi kelopak. Konjungtiva merupakan membrane mokusa yang memiliki sel goblet yang menghasilkan musin.

Anatomi System Lakrimal

System lakrimal berada di daerah temporal bola mata. System lakrimal terdiri dari dua bagian, yaitu:

  1. System produksi atau glandula lakrimal, yang terletak di temporo antero superior rongga orbita.
  2. Sistem ekskresi, yang terdiri dari pungtum lakrimal, kanalikuli lakrimal, sakus lakrimal, dan duktus nasolacrimal.
    Air mata dapat masuk ke dalam saklus lakrimal melalui pungtum lakrimal. Jika pungtum lakrimal tidak menginggung bola mata, maka air mata akan keluar melalui margo palpebra yang dapat disebut dengan epifora.

Anatomi Konjungtiva

Konjungtiva yaitu membrane yang menutupi seklera dan kelopak mata bagian belakang. Berbagai macam obat mata dapat diserap oleh bagian ini. Konjungtiva memiliki tiga bagian, yaitu:

  1. Konjungtiva tarsal yang terletak dengan menutupi tarsus, konjungtiva jenis ini sulit digerakkan dari tasus.
  2. Konjungtiva bulbi yang menutupi sclera dan dapat digerakkan dari sclera di bawahnya.
  3. Konjungtiva fornises merupakan tempat peralihan konjugtiva tarsal dengan konjungtiva bulbi.

Anatomi Bola Mata

Bola mata memiliki bentuk bulat dengan panjang maksimal sekitar 24 mm. Bola mata bagian depan atau kornea memiliki kelengkungan yang lebih tajam sehingga terdapat bentuk dengan dua kelengkungan yang berbeda. Berikut ini terdapat tiga lapisan yang membungkus bola mata.

  1. Sclera, yaitu jaringan ikat yang kenyal dan dapat memberikan bentuk pada mata, merupakan bagian paling luar yang melindungi mata.
  2. Jaringan uvea yaitu jaringan vaskuler. Antara jaringan uvea dan jaringan sklera dibatasi oleh ruang yang potensial mudah dimasuki darah jika terjadi pendarahan pada ruda paksa yang daapat disebut dengan pendarahan suprakoroid.
  3. Retina merupakan lapisan ketiga bola mata yang terletak paling dalam dan memiliki susunan lapis sebanyak 10 lapis.
Baca Juga :  8 Jenis Penyakit Kulit Yang Paling Sering Menyerang

Bagian Mata dan Fungsinya

Berikut dibawah ini Anatomi & Fisiologi Bola Mata Serta Fungsinya Secara Lengkap dengan berbagai macam bagian mata dengan fungsinya masing-masing.

  1. Kornea merupakan bagian dari anatomi mata yang berupa selaput bening mata, bagian selaput mata yang tembus cahaya. Korena merupakan lapis jaringan yang menutupi bola mata sebelah depan.
  2. Uvea merupakan lapis vaskuler yang ada di dalam bola mata yang terdiri dari iris, badan sillar dan koroid.
  3. Pupil dan iris merupakan bagian mata yang saling berhubungan. Iris yakni membrane berbentuk cincin di dalam mata yang mengelilingi lubang di tengahnya. Sedangkan lubang yang ada ditengahnya itulah yang dinamakan dengan pupil. Pupil merupakan suatu otot yang dapat mengecil dan membesar.
  4. Sudut bilik mata dibentuk oleh jaringan korneosklera dengan pangkal iris. Pada bagian ini akan terjadi pengaliran keluar pada bilik mata.
  5. Lensa mata, Jaringan ini berasal dari ectoderm permukaan yang berbentuk lensa di dalam mata serta bersifat bening. Jaringan ini terletak dibelakang iris.
  6. Badan kaca yaitu jaringan yang mirip seperti kaca bening terletak antara lensa dan retina.
  7. Retina atau dapat juga disebut dengan selaput jala merupakan bagian mata yang mengandung reseptor yang dapat menerima rangsangan cahaya.
  8. Saraf optik, Saraf ini terdiri dari dua jenis serabut, yaitu saraf penglihat dan serabut pupilomotor. Saraf optic dikeluarkan dari polus posterior bola mata.
  9. Sklera, yaitu bagian putih pada bola mata yang bersama-sama dengan kornea yang merupakan pembungkus serta pelindung isi bola mata.
  10. Rongga orbita, merupakan rongga yang berisi bola mata dan terdiri atas 7 tulang yang dapat membentuk dinding orbita.
  11. Otot penggerak mata, otot ini memiliki fungsi ganda dan untuk menggerakkan mata tergantung pada letak serta sumbu penglihatan sewaktu aksi otot.
Baca Juga :  Hormon Kortikosteroid : Pengertian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Itulah pembahasan mengenai Anatomi & Fisiologi Bola Mata Serta Fungsinya Secara Lengkap. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat dan kita sebagai pemilik bagian tubuh tersebut lebih dapat menjaga dan menghargainya.

Baca juga: