Sistem Pernapasan Ubur Ubur : Pengertian, Ciri dan Bagian – Bagiannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Alat Pernapasan Ubur Ubur Paling Lengkap

Alat Pernapasan Ubur Ubur Paling Lengkap – berbicara mengenai alat pernapasan ubur – ubur atau bagian tubuh ubur – ubur, apa yang ada dan terlintas dalam benak anda?. Tentunya yang terlintas dalam benak anda adalah sejenis binatang laut atau pun biota laut yang merupakan salah satu contoh hewan invertebrata (tak bertulang belakang) namun sangat ditakuti.

Hewan ubur – ubur ini dianggap menakutkan karena hewan laut yang satu ini dikenal memiliki sengatan yang jahat. Tapi apakah kalian tau, hewan laut yang satu ini ternyata bernapas menggunakan kulit. Jadi, mereka menyerap oksigen yang ada dengan menggunakan kulitnya. Namun disamping itu, sesungguhnya banyak fakta lain yang tersimpan hewan yang satu ini. Fakta yang dimaksud adalah beberapa fakta unik dalam sejarah kehidupan mereka.

Pastinya kalian semua sebelumnya pernah melihat ubur – ubur, jika belum pernah ada baiknya anda sesekali ke pantai untuk melihat secara langsung betapa uniknya hewan laut ciptaan Tuhan yang satu ini. Ubur – ubur juga memiliki jenis kelamin yang berbeda, artinya ada ubur-ubur jantan dan ubur-ubur betina. Dalam rangka untuk memproduksi, ubur – ubur jantan dan ubur – ubur betina melepaskan sperma dan telur ke dalam air (reproduksi generatif). Didalam tubuh ubur – ubur ini hampir 95 % terbuat dari air. Daur hidup ubur – ubur pun pun tentu saja sangat berbeda dengan daur hidup bintang laut yang lain, dilihat dari segi fisiknya saja sudah berbeda.

Baca Juga :  Sistem Peredararan Darah Pada Ikan : Pengertian dan Fungsi beserta Gambarnya

1. Ciri Fisik Ubur Ubur

Tubuh Ubur – Ubur Sangatlah Halus, Lembut,Lunak Dan Transparan. Karena tubuh mereka terbentuk 95 % dari air, sehingga untuk kelangsungan kehidupan mereka mereka membutuhkan sejumlah air, apabila mereka tidak mendapatkan air atau dikeluarkan dari air maka mereka akan kekeringan dan mati. Hewan ubur – ubur itu, sebenarnya tidak termasuk ikan sobat, mereka termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau hewan – hewan tanpa tulang punggung.

Hewan Ubur – Ubur Tidak Mempunyai Otak Atau Sistem Saraf Pusat.

Tetapi ubur – ubur memiliki jaringan saraf yang longgar, yang terletak di epidermis dan disebut sebagai jaringan saraf. Ubur – ubur memiliki sel – sel mungil menyengat di tentakel mereka yang digunakan untuk setrum atau melumpuhkan mangsa mereka sebelum memakannya. Sebagian besar sengatan ubur – ubur tidak berbahaya bagi manusia tetapi sengatan dari beberapa spesies ubur – ubur yang lain bisa sangat berbahaya dan menyakitkan, kadang – kdang juga dapat membunuh.

Hewan Ini Juga Bergerak Dengan Sistem Seperti Jet Air.

Untuk bergerak maju, ubur – ubur akan menghisap air ke dalam bell kemudian menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka, menciptakan sebuah jet air yang mendorong tubuh mereka untuk maju. Selain gerakan itu, ubur – ubur juga bergerak dengan menghanyutkan diri mengikuti arus laut.

2. Bagian – Bagian Tubuh Ubur – Ubur

Bagian – bagian tubuh dari ubur – ubur sendiri sangat sederhana sesuai dengan fisik yang mungkin pernah anda lihat sebelumnya. Berikut ini penjelasannya :

Bentuk Tubuh dan Saluran Pencernaannya

Untuk klasifikasi ubur – ubur sendiri mereka memiliki tubuh simetris radial, dari atas tubuh bell mereka hingga ke ujung tentakel. Mereka memiliki sisi tubuh bagian atas dan bawah, tetapi tidak memiliki sisi kiri maupun sisi kanan.

Baca Juga :  6 Contoh Hewan Amfibi Selain Katak : Pengertian, Ciri dan Pengelompokannya Lengkap

Sedangkan untuk sistem pencernaannya sendiri, ubur – ubur ini tergolong hewan yang memiliki sistem pencernaan yang sangat sederhana yaitu hanya memiliki satu lubang, yaitu sistem memasukkan makanan dan mengeluarkannya itu berada dalam satu lubang. Makanan tersebut kemudian dicerna dalam organ yang disebut Rongga Gastrovascular. Sisa makanan kemudian dikeluarkan kembali melalui mulut.

Tidak Terdapat Sistem Peredaran Darah dan Syaraf

Dan yang tidak kalah menarik dari hewan ubur – ubur ini adalah bahwa ubur – ubur tidak memiliki otak, darah, dan sistem syaraf, sehingga bisa dibilang hewan yang satu ini memiliki indera yang sangat primitif. Namun hal yang menariknya mereka memiliki bintik mata yang dapat merasakan cahaya gelap dan lubang chemonsensory yang berfungsi untuk membantu mereka untuk mengidentifikasi mangsa.

Yang paling menarik dan tidak kalah penting yang harus anda ketahui adalah pada sistem pernafasan ubur – ubur. Pada sistem pernapasan ubur – ubur ini bisa dikatakan sedikit menarik dan unik. Berikut penjelasan tentang sistem atau alat pernapasan ubur – ubur paling lengkap akan dijelaskan secara singkat.

3. Sistem Pernapasan Ubur – Ubur

Teknik pernapasan yang dilakukan oleh ubur – ubur merupakan teknik pernapasan kuno yaitu dengan menggunakan kulit yang sudah diprediksi. Dimana ini digunakan makhluk hidup sejak pertama kali mereka muncul sekitar 2,8 miliar tahun lalu. Teknik pernapasan itu lebih dikenal dengan sistem pernapasan difusi. Ubur – ubur memiliki kulit yang sangat tipis dan mengandung air sebanyak 95 %, sehingga mereka tidak perlu repot – repot untuk mencari udara. Karena tubuh mereka telah banyak berisikan oksigen – oksigen yang melalui proses difusi pada bagian payung tubuh mereka yang berbentuk seperti agar – agar atau sering disebut dengan selaput jeli.

Baca Juga :  Jenis - jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Namun, sistem pernapasan difusi ini akan tetap memiliki suatu kelemahan. Menurut ahli kelautan, Juli Berwarld, sistem pernapasan difusi akan jauh lebih lambat dibandingkan dengan sistem pernapasan yang membawa oksigen ke bagian tubuh yang lebih dalam.

Demikianlah artikel tentang pembahasanalat pernapasan ubur – ubur paling lengkap. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca dan salam hangat. Terima kasih.

Baca juga:

/* */