Alang-alang : Klasifikasi, Deskripsi, dan Kegunaannya Bagi Kesehatan Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Klasifikasi Alang-alang, Deskripsi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Alang-alang: klasifikasi, deskripsi, dan kegunaannya bagi kesehatan – alang-alang (ilalang) merupakan sejenis rumput yang daunnya tajam dan sering menjadi gulma di lahan pertanian. Namun, apakah kalian tahu bagian tanaman yang berdaun tajam tersebut dapat dimanfaatkan menjadi obat tradisional? Nah berikut ini akan dijelaskan dengan detail mengenai alang-alang: klasifikasi, deskripsi, dan kegunaannya bagi kesehatan.

Klasifikasi

Nama botani : Imperata cylindraca L
Nama lain : Cogon grass (inggris)
Bai mao (china)
Lalang (malaysia)
Suku : Poaceae

Deskripsi

Tumbuhan liar tersebut menyukai tanah yang kering serta mendapat banyak sinar matahari. Tingginya berkisar 30-180 cm. batangnya padat serta daunnya mirip rumput. Bagian pada tumbuhan yang diapaki banyak untuk obatnya ialah akar.

Kandungan

Kandungan kaliumnya dengan tinggi berkhasiat antipiretik yakni menurunkan panas serta diuretic yakni melancarkan buang air kecil. Selain itu, alang-alang pun bisa dipakai menghentikan perdarahan.

Kegunaannya Bagi Kesehatan

Berikut ini sejumlah kegunaan dan juga ramuan yang mengandung alang-alang diantaranya :

  1. Melancarkan air seni
    – Bahan : 250 gram akar dari alang-alang serta sedikit gula batu
    – Pengobatan : rebuslah bahan dengan 3 gelas air waktunya 10 menit. Sesudah dingin saringlah dan minum selama 3 kali sehari, masing-masingnya minum 1 gelas.
  2. Kencing batu
    – Bahan : 100 gram alang-alang dengan setengah genggam daun meniran, serta setengah genggam dari daun kumis kucing.
    – Pengobatan : rebuslah bahan dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal setengah, kemudian disaring sesudah dingin. Ramuan ini diminum selama 3 kali dalam sehari, dan masing-masing 1 gelas hingga batunya keluar.
  3. Hipertensi akibat ginjal
    – Bahan : 200 gram dari akar alang-alang serta sedikit tangkue (manisan dengan membuatnya dari labu putih)
    – Pengobatan : rebuslah bahan dengan menggunakan air 2 gelas serta rebuslah hingga airnya tinggal setengan lalu saringlah sesudah dingin. Ramuan ini bisa diminum selama 2 kali dalam sehari.
  4. Radang paru-paru
    – Bahan : 500 gram akar dari alang-alang dengan 5 helai daun sembung di tambah 10 kuntum dari bunga melati kering serta di tambahkan dengan sedikit garam.
    – Pengobatan : rebuslah bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal setengah kemudian saring. Ramuan ini kalian minum dua kali dalam sehari.
  5. Asma
    – Bahan : 100 gram dari akar alang-alang, 25 gram daun siri dan 25 gram kencur.
    – Pengobatan : rebuslah bahan menggunakan satu liter air hingga airnya menyisakan setengah, saringlah dan berikan satu sendok madu serta satu sendok the dari air jeruk nipis. Ramuan ini diminum sekaligus saat sebelum tidur.
  6. Mimisan
    – Bahan : 200 gram dari akar alang-alang
    – Pengobatan : bahan silahkan dicuci bersih dan rebuslah mengguanakan 6 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas. Sainglah sesudah dingin dan ramuan dapat kalian minum selama 3 kali dalam sehari. Ramuan ini pun bisa dipakai guna hepatitis.
  7. Prostat
    – Bahan : 500 gram akar dari alang-alang
    – Pengobatan : bahan dicuci dulu dengan bersih lalu rebuslah dengan mengguanak 6 gelas air hingga airnya setengah. Lalu saring dan dapat diminum selama 3 kali dalam sehari.
  8. Diare
    – Bahan : 250 gram akar dari alang-alang
    – Pengobatan : cucilah bahan dengan bersih dan rebuslah menggunakan 2 gelas air selama kurang lebih 15 menit ramuan diminum dengan 1 gelas segera sesudah buang air besar.
  9. Keputihan
    Bahan : 500 gram akar dari alang-alang dengan dua tangkai daun papaya serta 5 gram pulasari
    Pengobatan : bahan silahkan direbus dulu menggunakan 2 gelas air hingga tinggal setengah. Ramuan disaring dulu lalu diminum selama 2 kali dalam sehari.
Baca Juga :  6 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Pengertiannya Terlengkap

Selain dari beberapa kegunaan utama diatas, alang-alang ini juga dapat digunakan untuk :

  1. Mengobati penyakit batu ginjal
  2. Mengobati infeksi ginjal
  3. Menyembuhkan penyakit batu empedu
  4. Akar ilalang guna meyembuhkan kencing berdarah
  5. Obat buang air kecil dengan tidak lancar
  6. Menyembuhkan kecing secara terus menerus
  7. Mengobati batuk rejan
  8. Mengobati sakit campak
  9. Mengobati sakit radang hati
  10. Menyembuhkan sakit asma.
  11. Mengobati pendarahan pada wanita.
  12. Menyembuhkan hepatitis.
  13. Menyembuhkan demam.
  14. Tekanan darah tinggi.
  15. Mengobati urat saraf lemah.
  16. Mengobati penyakit radang paru-paru.
  17. Menyembuhkan gangguan pencernaan.
  18. Penyakit jantung koroner.
  19. Penyakit batuk berdarah.
  20. Mengobati muntah darah

Rumputan alang-alang ini biasanya ada disekitar tanaman yang kelapangan tanahnya langsung memperoleh paparan sinar matahari. Alang-alang dengan bentuk rumpun kerap dibakar oleh para petani, tetapi hal tersebut tidak akan mematikan tanaman alang-alang sebab akarnya tetap dapat tumbuh kembali. Pertumbuhan tanaman alang-alang tersebut relative lebih cepat sebab perkembangbiakannya secara vegetative serta generative yang sederhana.

Tanaman alang-alang ini mengandung unsur kimia alami misalnya glukosa, manitol, asam malic, asam sitrat, arundoin, fernerol, coixol, silindrin, simiarenol, anemonin, esin, alkali, dll. kandungan tersebut ini ada di bagian batang, bunga dan akarnya yang kerap dijadikan alternative dalam pengobatan tradisional misalnya seperti dari manfaat kunyit putih maupun manfaat dari temulawak.

Sekian pembahasan tentang alang-alang: klasifikasi, deskripsi, dan kegunaannya bagi kesehatan. Meskipun tanaman alang-alang tersebut mengganggu pertumbuhan tanamn lainnya, tetapi sebenarnya tanaman tersebut ini bisa memberikan pengobatan di berbagai permasalahan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */