9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

5 (100%) 1 vote

9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

9 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus– di dalam dunia ini kita tidak bisa lepas dari patogen, baik lingkungan rumah atau pun tempat tinggal yang bersih tetap saja menghadapi serangan dari patogen. Patogen ialah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya bernama mikroorganisme penyakit. Patogen dibagi 5, yakni virus, protozoa, bakteri, fungi, dan cacing.

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang sangat halus dengan menginfeksi sel organism biologis. Virus hanya dapat mereproduksi dalam makhluk hidup (virus tak dapat hidup di luar makhluk hidup). Ia membutuhkan makhluk hidup sebagai tumpangan untuk hidup serta berkembangbiak.  9 Penyakit yang Disebabkan oleh Virusberikut ini perlu di cegah.

Terdapat banyak sekali jenis virus yang menyerang serta mengancam kehidupan manusia, berikut 9 jenis virus tersebut yang membahayakan bagi kehidupan manusia:

1. Penyalit Rabies

Penyakit yang diakibatkan penularan virus dari gigitan hewan: anjing, kucing, dan kera. Virus lalu menyerang system saraf sehingga menyebabkan pasien mengalami gangguan saraf.

2. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom)

Penyebab penyakit ini adalah HIV yang menyerang kekebalan tubuh. Penularannya melalui kontak cairan, seperti hubungan seksual, pemakaian jarum suntik, dan wanita penderita HIV yang mengandung janin.

Jenisnya virus HIV sendiri dibagi 2 macam yakni HIV-1 dan HIV-2. Seseorang yang berisiko terkena virus harusnya segera melakukan pemeriksaan dan penanganan sedini mungkin sebelum kerusakan imunnya parah.

Baca Juga :  Klasifikasi Enzim : Pengertian dan Sifat Sifatnya Lengkap

3. Kanker (Tumor Ganas)

Penyebabnya penyakit ini virus on kogen, yakni sel pada tubuh bagian tertentu akan mengalami pembelahan tanpa terkendali. Akibatnya, penderita stadium lanjut dibagian tubuh tertentu terkena kanker membentuk benjolan semakin membesar.

4. Cacar Air

Cacar air disebabkan virus varicella zoster. Gejala awalnya infeksi panas, demam, pilek, kemudian, cepat merasa lelah, lesu dan lemah. Masa inkubasinya 2 – 3 pekan, lalu muncul kemerahan kecil / ruam melepuh pada wajah dan leher serta menjalalar keseluruh tubuh.

Penularannya dengan cepat melewati udara, bisa dari bersin serta batuk dari penderita/ kontak langsung kulit. Cacar air lebih sering ditemui pada anak-anak.

5. Influenza

Virus ini sangat mudah menular dan juga ditularkan melewati udara dengan batuk atau bersin. Yang diserang adalah pernapasan sehingga pasien mengalami kesulitan bernapas.

Gejalanya adalah pilek, demam, batuk kering sampai batuk berdahak, hidung mampet, hidung meler, kerongkongan gatal, bersin-bersin, hidung terasa gatal dan juga merah, badan terasa pegal-pegal/ rasa tidak nyaman. Kadang-kadang bisa mual dan muntah, terutama anak-anak.

6. Polio

Virus ini merupakan penyebab penyakit dari polio mielitis dan menyebar melalui makanan/ minuman yang terkontaminasi melewati tinja. Orang yang terinfeksi virus tersebut akan mengalami lemahnya otot serta virus yang mengakibatkan kelumpuhan.

Virus ini bisa menyerang tanpa mengenal usia. Kebanyakan menyerang anak-anak usia 3 – 5 tahun, pemberian vaksin saat balita akan amat membantu ketika sesudah dewasa. Gejala awalnya adalah deman, nyeri sendi, kram otot, gangguan seperti berjalan, gerakan tubuh, gangguan pada pernapasan, nyeri tulang dan otot, serta kelamahan. Jika kalian mengalami gejala-gejala ini segera hubungi dokter.

7. Rubella

Rubella ialah virus yang menyebabkan terjadinya campak, dan menyerang anak-anak serta orang dewasa. Tandanya adalah denga nmunculnya bercak merah di area kulit.

Baca Juga :  Piramida Rantai Makanan : Pengertian dan Penjelasannya Terlengkap

Virus rubella ini dapat menular melalui dahak pasien yang masuk dalam tubuh lewat udara. Dan juga bisa menular melalui cairan tubuh keringat. Jika daya tahan tubuh kuat, maka virus ini akan mati. Namun sebaliknya jika lemah akan berkembang dalam tubuh.

Orang yang terinfeksi virus ini biasanya mengalami deman panjang namun suhu tubuh tidak tinggi, kemudian flu, pusing-pusing, lemah, nyeri otot, lemas, mual dan munculnya bercak-bercak merah area kulit. Untuk ibu hamil bisa mengakibatkan cacat/ kelainan janin. Maka dari itu, ibu hamil wajib menjaga system imunnya kuat untuk membunuh virus ini.

8. Demam Ebola

Penyakit yang disebabkan oleh virus ebola sehingga mengakibatkan pendarahan diseluruh tubuh, gejala penyakitnya adalah demam tinggi, mencret, nyeri pada dada, kepala, otot dan muntah-muntah. Masa inkubasinya penyakit 2-21 hari.

9. Flu burung

Virus ini adalah virus yang biasa menjangkiti burung dan juga mamalia, virus ini dikenal dengan istilah H5N1. Penularannya lewat udara, makanan atau minuman dan bersentuhan. Virus ini akan mati dengan suhu tinggi misalnya dimasak. Maka dari itu, telur, daging atau hewan yang dimasak matang akan menghindari dari penularan virus ini. Bentuk lainnya dari virus flu burung ini H7N9, beberapa orang akan meninggal sebab terjangkit virus ini.

Virus ini sangat berbahaya, yang menyebabkan ribuan orang telah meninggal sesudah terinfeksi virus ini. Menjaga kebersihan lingkungan, lalu makanan dan minuman merupakan hal penting untuk menghindari penularan virus ini.

Gejala yang dialami adalah demam tinggi, batuk, sakit kepala, lemas, sakit tenggorokan, tidak ada selera makan, nyeri perut, dan nyeri sendi. Infeksi yang menyebar menuju paru-paru bisa mengakibatkan terjadinya radang paru-paru sehingga akan sulit bernapas. Pasien harus dirawat secara intensif di rumah sakit bila sudah mengalami infeksi virus yang berbahaya ini.

Baca Juga :  Laring : Pengertian, Jenis, Fungsi, Anatomi, dan Gangguan Terlengkapnya

Jadi, penyakit akibat virus ini bisa dicegah dengan vaksinasi. Vaksin ialah bibit penyakit yang sudah dilumpuhkan dan dikemas kedalam cairan, kemudian disuntikkan. Vaksin ini akan menstimulasi tubuh sehingga membentuk antibodi, serum ialah darah manusia yang terkandung antibody penyakit. Misalnya pada pasien campak ini akan diberi serum campak, sehingga kekebalan pada pasien akan terbentuk dan dinamakan kekebalan pasif. Seperti itulah pembahasan 9 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus yang membahayakan dan mengancam manusia. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */