9 Fungsi Hormon Melatonin pada Manusia Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

9 Fungsi Hormon Melatonin pada Manusia Terlengkap

Fungsi Hormon Melatonin pada Manusia – Kelenjar adalah salah satu zat kimia yang paling di butuhkan oleh tubuh. Tubuh dapat memproduksi zat ini sendiri tanpa bantuan dari luar. Salah satu kelenjar terpenting dari fungsinya otak ialah pineal. filusuf dari Yunani menyatakan bahwa kelenjar ini merupakan pusat dari jiwa (the seat of soul). Kelenjar ini terkenal pula sebagai salah satu dari kelenjar yang paling misterius.

Letaknya ada dibagian otak epifis serebri. Modelnya mengerucut dan ramping seperti buah pinus. Di dalam otak manusia mempunyai panjang <1 cm. Di dalam kelenjarnya buntu otak pineal ini ada serabut serabut syaraf yang menghubungkan langsung dengan indera penglihatan. Sehingga syaraf ini sangat peka terhadap sebuah rangsangan visual, dan sangat sensitif pada cahaya.

Aktivitas kelenjar tersebut sangat memengaruhi dan dapat mengendalikan kegiatan manusia. Keberadaanya dapat memproduksi hormon yang berkaitan dengan pengendalian mood manusia. Saat siang hari, Hormon Malatonin di produksi kelenjar pineal dan dapat memproduksi hormon serotonin. Sementara pada malam hari, kelenjar ini dapat memproduksi hormon melatonin.

Hormon serotonin adalah hormon yang sangat erat dalam pembentukan semangat, kesenangan dan kebahagiaan pada manusia. Makanya hormon ini bernama hormon kebahagiaan.
Sementara hormon melatonin adalah hormon paling penting dalam regulasi biologis tubuh. Sejumlah penyakit dapat berubah status non aktif bila hormon melatonin tubuh terproduksi. Namun sayang, memproduksi hormon ini sangatlah susah. Hormon melatonin tidak sekedar hormon yang dapat di produksi melalui cara biasa.

Baca Juga :  5 Perbedaan dan Pengertian Plasma dan Serum Darah Terlengkap

Pembentukan Hormon Melatonin

Waktu produksinya hormone ini berbeda dengan hormone yang lain. Biasanya pukul 02:00 – 04:00 dini hari baru dapat berproduksi sebanyak banyaknya.

Hormon ini terkenal sebagai hormone tersensitif terhadap rangsangan cahaya. Itulah sebabnya mengapa hormon ini cuma bisa di produksi malam hari. Pada jam tersebut seseorang tidur dalam kondisi gelap, tanpa cahaya sedikit pun, dan tidur di dalam kondisi nyenyak. Maka orang itu dalam keadaan non aktiv yang sangat sempurna.

Saat itu kelenjar pineal dapat memproduksi hormon melatonin dan ini termasuk proses produksi sangat maksimal. Namun dapat tiba tiba berhenti, jika terdapat sedikit cahaya masuk dan merusak produksinya.

Fungsi Hormon Melatonin

1. Regulator hormon lain

Hormon melatonin sebagai hormon paling handal untuk mengatur kinerja beberapa hormon lainnya. Oleh sebab itu bernama sistem regulator dari pusat tubuh manusia. Seperti orkes simfoni, keberadaan hormon melatonin sebagai konduktor untuk mengatur dan menjaga keharmonisan job beberapa hormon lain dalam tubuh.

2. Menjaga teraturnya &stabilitas metabolisme sel

Hormon ini tugasnya mengatur keteraturan sistem metabolisme tubuh. Biasanya sistem metabolisme kita tidak dapat berjalan sesuai semestinya. Maka untuk mengembalikannya di perlukan hormon melatonin guna menormalkan dan menstabilkan dari kinerja sel dalam metabolisme.

3. Mempertahankan fungsi efisiensi sel

Untuk memantau sel bekerja dengan banyak atau berkurang, maka perlu diatur dengan kinerja sel tersebut. Salah satu fungsi hormon melatonin ialah mampu mengatur dari kinerja sel dalam tubuh. Tidak hanya mengatur, namun bisa mengontrol efesiensi dari kinerja sel tersebut. Sehingga setiap sel mempunyai tugas yang pas dan sesuai dengan kemampuannya.

4. Mempertahankan fungsi efektivitas sel

Seperti fungsi efisiensi sel tadi. Salah satu kerja hormon melatonin ialah membantu untuk menjaga fungsi dari efektivitas sel dalam tubuh. Maka hormon melatonin dapat mempertahankan dan juga tetap menjaga kinerja sel dalam tubuh kita.

Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

5. Menjaga kesehatan sel

Manfaat terpenting dari hormon melatonin ialah membantu dalam menjaga kesehatan sel. Fungsi ini baik dalam membuat sel tubuh kamu agar tetap sehat dan mempunyai masa hidup lama. Semakin kondisi sel sehat, maka semakin baik pula kualitas sel. Jika kualitas sel ini baik dan sehat, maka secara tak langsung akan menambah umur panjang hidup kalian.

6. Membantu memperlancar aliran darah

Selain itu, fungsi hormon melatonin dapat bekerja untuk membantu dalam memperlancar aliran darah kamu. hormon ini dapat bekerja dalam membantu memperlancar pada sistem peredaran darah kamu. Semakin aliran darah kamu normal, maka minimnya penyakit yang berkaitan dengan sistem regulasi. Misalnya seperti kamu memiliki resiko kecil dari penyakit stroke dan jantung koroner.

7. Memperlancar aliran darah ke otak

Penyakit setroke merupakan penyakit degenartif atau penyakit tua. Karena penyakit ini dekat dengan otak dan peredaran darah. Penyakit yang dangat di takuti oleh kaum tua di Indonesia. Aliran darah yang menuju otak ini terhambat oleh benda asing. Baik itu disebabkan oleh penyumbatan atau memang terlalu penuh dengan lemak yang mengganggu. Bentuk pencegahan dari penyakit ini ialah dengan membantu dalam memproduksi hormon melatonin. Sebab fungsinya dapat memperlancar aliran darah yang menuju ke otak.

8. Membantu menurunkan temperatur tubuh

Pada saat kamu tidur, otomatis suhu tubuh serta temperatur berbeda beda pula. Kadang naik, kadang juga turun. Untuk membantu dalam menurunkan temperatur tubuh tadi, hormon melatonin sebagai salah satu obatnya.

9. Membantu menurunkan kadar kolestrol

Dalam tubuh manusia ada 2 jenis kolestrol. Yakni LDL dan HDL, dan yang berbahaya bagi tubuh adalah LDL. Nah salah satu manfaat hormon melatonin ialah membantu untuk menurunkan dari kadar kolestrol di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu untuk mengecilkan resiko terkena penyakit dari jantung koroner. Penyakit degeneratif yang sangat banyak di derita bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga :  Otot Sinergis : Pengertian, Jenis, Krakteristik dan Cara Kerjanya Terlengkap

Jadi, banyak sekali fungsi dari hormone melatonin bagi tubuh. Beberapa diantaranya sudah disebutkan dalam pembahasan diatas 9 Fungsi Hormon Melatonin pada Manusia. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */