7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan Terlengkap

7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan – dalam suatu ekosistem alam tentu terdapat suatu interaksi antara komponen biotik dengan abiotik. Interaksi yang terjadi antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya sangatlah beragam, ada yang saling menguntungkan, ada yang dirugikan atau bahkan sebuah kompetisi. Kompetisi yang terjadi juga berbagai macam seperti kompetisi wilayah, kompetisi makanan atau kompetisi yang lainnya. Pola interaksi tersebut biasa disebut sebagai simbiosis kompetisi.

Kompetisi sendiri terbagi atas 2 macam, yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik. Kompetisi intraspesifik adalah sebuah kompetisi dalam ruang ekologi yang terjadi antara individu yang sama spesiesnya. Kompetisi interspesifik adalah sebuah kompetisi dalam ruang ekologi antara individu yang berbeda spesiesnya. Agar lebih jelas tentang simbiosis kompetisi, berikut penjelasannya.

1. Kambing dalam Satu Populasi

Pada kasus kali ini, kambing yang memiliki spesies yang sama akan berebut makanan berupa rumput yang terdapat pada satu wilayah demi kelangsungan hidupnya. Mereka akan berlomba lomba satu sama lain untuk mencukupi kebutuhannya. Karna faktor inilah yang mengakibatkan terjadinya sebuah kompetisi dalam wilayah tersebut. Terlebih lagi, apabila musim panas datang, tidak banyak rumput segar yang tumbuh, sehingga kompetisi diantara masing masing individu menjadi ketat. Tidak mengherankan apabila kambing yang berada dalam satu wilayah sama, tetapi memiliki berat atau volume tubuh antara satu kambing dengan yang lainnya terlihat berbeda.

Baca Juga :  Simbiosis : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

2. Kambing dengan Kerbau

Kali ini kompetisi yang terjadi adalah antara kambing dan kerbau yang sama – sama ingin mendapatkan makanan. Interaksi yang terjadi diantara keduanya dapat kita saksikan di sebuah peternakan yang memang mengembangbiakkan kambing dan kerbau.

Didalam kompetisi yang terjadi biasanya mencakup 2 kondisi yang berbeda. Kondisi pertama adalah apabila keduanya berada dalam satu kandang kecil yang tempat makanannya saling berhadapan. Dalam kondisi demikian, kerbau yang membutuhkan banyak tenaga tentunya akan membutuhkan banyak makanan, akan tetapi di sisi lain kambing juga membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya.

Kondisi kedua adalah apabila keduanya berada dalam satu wilayah yang luas. Dalam kondisi demikian, pada mulanya mereka akan bebas memakan rumput yang ada di sekitar mereka, akan tetapi apabila rumput tersebut sudah mulai sulit tumbuh dan menyisakan sedikit saja, maka mereka akan berlomba untuk mendapatkannya.

3. Harimau dengan Singa

Contoh simbiosis kompetisi selanjutnya yaitu hubungan antara harimau dengan singa yang berada dalam satu ekosistem. Dalam interaksi kali ini mereka akan berkelompok untuk mendapatkan makanannya. Jika ada seekor rusa yang masuk dalam wilayah perburuan harimau dan singa mereka akan saling beradu cepat untuk memangsanya dengan kelompok mereka.

Hal ini terjadi karena dalam wilayah tersebut biasanya sangat jarang mangsa mereka menampakkan diri, sehingga terjadi kompetisi antara harimau dengan singa. Selain itu mereka tak hanya berkompetisi memperebutkan makanan, mereka juga berkompetisi dalam wilayah kekuasaannya. Hukum alam menyatakan ‘yang kuat adalah Raja’, itulah yang menjadi dasar atas perebutan wilayah kekuasaan.

4. Tanaman dalam Satu Bidang

Pernahkah kalian melihat dalam satu bidang tanah atau didekat pekarangan rumah terdapat berbagai macam jenis tanaman ? Nah, itulah salah satu dari simbiosis kompetisi. Mengapa disebut demikian ? karena lahan yang seharusnya ditanami 1-3 jenis tanaman malah ditanaman 3-6 jenis tanaman.

Baca Juga :  10 Jenis Jenis Kelinci Hias Didunia Dan Gambarnya Terlengkap

Hal ini mengakibatkan kompetisi antar tanaman tersebut dalam memperoleh cahaya matahari, air, mineral, unsur hara serta komponen lain yang mereka butuhkan untuk fotosintesis ataupun untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga tidak mengherankan apabila dalam satu lahan yang terdapat berbagai jenis tanaman, beberapa tanaman tidak tumbuh dengan pesat atau bahkan ada yang sampai layu.

5. Kompetisi antar Ikan Hiu Jantan

Dalam kasus kali ini, ikan hiu jantan yang menempati puncak akan berkompetisi dengan sesamanya untuk memperebutkan daerah kekuasaannya. Maksud adanya kompetisi daerah kekuasaan ini tidak lain adalah untuk mendapatkan makanan demi kelangsungan hidupnya, dimana apabila seekor ikan atau mangsanya masuk di wilayahnya maka itu menjadi hak bagi ikan hiu yang menguasai wilayah tersebut.

Selain itu, ikan hiu jantan juga berkompetisi untuk mendapatkan ikan hiu betina hal ini dilakukan untuk melanjutkan generasi mereka. Generasi ikan hiu sangatlah penting dalam siklus kehidupannya agar masing masing dari mereka tidak punah.

6. Ikan dalam Kolam

Dalam suatu kolam yang sedang biasanya terdapat 2-3 jenis ikan di dalamnya. Meskipun demikian, makanan yang mereka makan biasanya sama. Dalam hal ini, nantinya ikan – ikan yang ada di dalam kolam tersebut akan berkompetisi mendapatkan makanan yang telah diberikan oleh manusia. Biasanya manusia akan memberikan makanan pada ikan yang ada di kolam dalam jumlah yang sedikit, hal inilah yang menyebabkan ikan yang berada di dalam kolam tersebut saling berkompetisi mendapatkan makanan hal ini terjadi karena masing – masing ikan tersebut memiliki volume makanan yang berbeda beda.

7. Ikan Kecil dengan Udang

Sebagai contoh kali ini adalah kompetisi yang terjadi antara ikan – ikan kecil dan udang yang saling memperebutkan makanannya, yaitu plankton.
Plankton merupakan organisme yang menjadi buruan bagi kedua makhluk hidup tersebut. Dalam kasus kali ini, plankton biasanya berada dalam satu wilayah, jumlah mereka pun bisa jadi hanya tersisa sedikit. Kejadian inilah yang membuat kompetisi diantara ikan ikan kecil dengan udang tersebut, mereka akan berusaha mencari makanannya tersebut dengan berkompetisi.

Baca Juga :  Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup : Ciri Khusus Hewan, Penjelasan dan Gambarnya Terlengkap

Itulah pembahasan tentang 7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan terlengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */