7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya

3.5 (70%) 2 vote[s]

7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya

7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya – Betapa luasnya alam yang kita huni dengan segala pesona alam didalamnya yang menjadikan bumi yang kita huni dengan segala keunikannya menjadi sempurna. Di alam yang kita huni ini, terdapat makhluk hidup yang tinggal di habitatnya masing – masing. Baik yang hidup di darat, air, maupun yang hidup di udara.

Jika dulu pernah mengikuti pelajaran biologi mungkin masih ingat tentang pelajaran yang satu ini. Yaitu pelajaran tentang bagaimana tumbuhan dapat melindungi diri dari hewan, manusia ataupun tumbuhan lain yang ingin mendekatinya. Dalam artikel kali ini akan mengulas mengenai 7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya.

Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Meskipun tumbuhan melakukan perlindungan diri untuk dirinya sama seperti hewan, tetapi perlindungan tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda. Perlidungan diri yang dilakukan hewan misalnya, menggigit lawan atau musuhnya, berkelahi dengan musuhnya, menyengat mangsanya, mematuk musuhnya dan lain sebagainya.

Namun untuk tumbuhan biasanya perlindungan diri dilakukan dengan menyesuaikan dengan bagian – bagian atau sifat dari tumbuhan itu sendiri. Bagian – bagian atau sifat tumbuhan itu adalah melindungi diri dengan menggunakan bagian – bagian tubuhnya seperti duri, bulu atau rambut , racun, getah, serta lewat aroma yang menyengat sehingga membuat makhluk lain yang ingin mendekatinya menjauh karena sengatan aroma tubuhnya.

Baca Juga :  12 Tumbuhan Obat Terkenal di Indonesia dan Khasiatnya "Lengkap dengan Gambar"

Berikut ini 7 cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya atau makhluk lain yang ingin mengganggunya, mari simak ulasan ini.

1. Dengan Menggunakan Duri

Salah satu bentuk perlindungan diri yang dilakukan oleh tumbuhan adalah dengan menggunakan durinya sendiri yang ada pada tubuhnya itu. Dengan adanya duri ini, hewan yang tadinya ingin memakan sebagain atau seluruh bagian tubuh tumbuhan ini, akan terganggu karena pastinya akan tertusuk oleh duri yang tajam.

Berikut beberapa contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan menggunakan duri adalah seperti tumbuhan mawar, salak, putri malu, durian, alang – alang pas saat sedang muda, kaktus dan masih banyak lagi tumbuhan yang lainnya. Dari banyak contoh tersebut, morfologi bunga mawar yang paling populer di masyarakat.

2. Dengan Menggunakan Bulu atau Rambut

Selanjutnya ialah dengan menggunakan bulunya. Selain dengan duri, beberapa tumbuhan juga melakukan perlindungan diri mereka dengan menggunankan bulu atau rambut yang ada pada tubuh mereka. Sebagian diantaranya menghasilkan bulu atau rambut yang dapat mengakibatkan rasa gatal yang cukup parah pada pemangsanya.

Jadi jika lihat tumbuhan yang ada rambut atau bulunya jangan coba – coba diusik ya sobat, itu jika anda tidak mau kena rasa gatal karena rambut atau bulunya. Sebagi contoh tumbuhan yang seperti ini adalah bambu. Pelepah bambu memiliki fungsi melindungi tunas yang baru pada ruas bambu itu sendiri.
Pelepah ini dilengkapi dengan bulu yang apabila kena ke kulit manusia contohnya akan menimbulkan atal yang megakibatkan kulit anda merah bahkan bento – bentol. Sebagai contoh lain tumbuhan yang seperti ini adalah tumbuhan ijuk dan pohon rambutan.

3. Dengan Menggunakan Racun

Tumbuhan dengan jenis tertentu melindungi diri dari pemangsanya mereka dengan menggunakan racun yang ada dalam tubuh mereka. Cara tumbuhan melindungi dengan racun itu dilakukan oleh bebeerapa jenis tumbuhan yang berjenis umbi – umbian, karet dan gadung.
Selain itu, tumbuhan kecubung, jarak, dan pohon upas juga menggunakan cara ini untuk mencegah dirinya dimakan oleh hewan pemakan tumbuhan. Jadi dari pada dimakan, lebih baik produksi racun yang banyak ya sobat untuk selamatkan diri.

Baca Juga :  Tanaman Dlingo Atau Jerangau: Nama Ilmiah, Klasifikasi, Gambar, Deskripsi Dan Manfaatnya

4. Dengan Menggunakan Getah

Cara tumbuhan melindungi diri berikutnya yaitu dengan memanfaatkan getahnya. Selain berfungsi sebagai media transportasi, unsur hara dan fotosintat dalam pembuluh angkut, getah juga ternyata dapat berfungsi sebagai media untuk dijadikan perlindungan diri pada tumbuhan. Cara tumbuhan melindungi dirinya menggunakan getah biasanya dilakukan oleh tumbuhan tumbuhan nangka dan karet. Wah, ternyata tumbuhan hebat juga ya sobat.

5. Dengan Aroma

Beberapa tumbuhan juga ada yang melindungi dirinya dengan menggunakan atau mengeluarkan aroma tertentu yang terkandung dalam tubuh tumbuhan tersebut. Contohnya, bunga bangkai. Bunga yang sangat fenomenal baik di dalam maupun luar negeri ini mengunakan aromanya untuk melindungi dirinya dari mangsanya.

Apabila ada hewan yang mendekat dan ingin memangsanya secara otomatis bunga ini akan mengeluarkan aroma yang berbau bangkai. Setelah aromanya dikeluarkan, maka kemungkinan besar hewan atau binantang yang ingin mengganggu atau hendak memangsanya akan pergi karena tidak tahan dengan aroma bangkai tersebut. tumbuhan yang hampir punah ini memang terkenal dengan arema menyengatnya.

6. Dengan Menggunakan Cangkang Keras

Beberapa tumbuhan yang memiliki biji dilengkapi dengan cangkang yang keras. Sebut saja buah kelapa, kelapa sawit, salak, durian dan lain sebagainya yang memang mempunyai cangkang yang cukup keras.
Jika kita lebih mengamati hal ini merupakan salah satu media yang digunakan oleh tumbuhan untuk melindungi biji mereka dari tumbuhan ataupun hewan lain. Dengan cangkang yang keras pohon – pohon tersebut dapat meneruskan perkembang biakan tanpa diganggu atau dimangsa oleh hewan penganggu lainnya.

7. Tumbuhan yang Melindungi Diri Dari Rasa

Ada satu cara lagi, ini adalah cara yang terakhir yaitu cara yang biasanya dilakukan oleh tumbuhan belimbing wuluh . Belimbing wuluh melindungi diri dengan rasanya. Karena memiliki rasa yang pahit menjadikan hewan atau makhluk lainnya tidak jadi memangsa buah dari belimbing ini.

Baca Juga :  Daun : Pengertian, Bagian-Bagian, Struktur dan Penjelasannya Lengkap

Itulah ulasan atau penjelasan mengenai7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya, semoga artikel kali ini bisa menambahkan wawasan bagi kalian. Terimakasih.

Baca juga: