6 Contoh Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Posted on

6 Contoh Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

6 Contoh interaksi antar organisme dalam ekosistem – ekosistem merupakan kesatuan antara abiotic secara biotik yang tidak bisa terlepas. Sejumlah kelompok ekosistem tentu mempunyai namanya interaksi. Kadang interaksi antar organisme pada ekosistem dengan terjadinya perpindahan materi serta energi. Begitulah cara ekosistem tetap bertahan sebab terdapat interaksi disetiap anggotanya. Berikut ini akan kami bagikan teori mengenai 6 Contoh interaksi antar organisme dalam ekosistem.

1. Tanaman padi dengan bekicot

Padi merupakan tanaman pertanian yang kerap ditanam sebab menjadi sumber makanan pokok masyarakat Indonesia. Akan tetapi, di musim pertengahan kemarau, sejumlah tanaman padi tumbuh tak baik kadang diserang hama bekicot. Interaksi yang bisa dilihat ialah tanaman padi mempunyai bulir sedikit dan kematian. Sementara bekicot memperoleh nutrisi dari tanaman padi yang telah ditanam oleh petani.

2. Pohon inang dengan tanaman tali putri

Tanaman tali putri ialah tanaman yang tidak dapat hidup jika tak ada pohon inang. Pohon inang dari tanaman tali putri yakni pohon beluntas. Interaksi antar organisme ini terasa sekali pada waktu tali putri akan mulai mendominasi pada pohon beluntas. Akibat yang ditimbulkan ini nanti pohon beluntas akan terjadi kematian dengan perlahan sebab terlalu lama dililiti sejumlah tanaman tali putri. Cara agar tanaman tali putri tak mengganggu pohon beluntas maka dengan cara memotong tanaman tali putri jika sudah terlalu banyak tanaman tali putrinya.

Baca Juga :   9 Ciri Terumbu Karang dan Jenis-Jenisnya Lengkap

3. Kerbau dengan burung jalak

Kerbau dengan burung jalak ini mempunyai interaksi antara organisme di dalam ekosistem. Hal tersebut sudah tak asing lagi sebab di sejumlah buku biologi kerap memberikan contoh interaksi diantara organisme memakai kerbau menggunakan burung jalak. Interaksi keduanya ini Nampak saat kerbau dipenuhi oleh sebuah kutu yang mengakibatkan luka-luka di tubuhnya. Lalu dengan adanya burung jalan ikut memakan kutu terhadap tubuh kerbau bisa memberikan keuntungan yakni jumlah kutu pun menjadi berkurang serta burung jalak memperoleh sumber makanannya. peranan mamalia untuk kehidupan salah satunya kerbau yang dibiasakan dipakai dalam sejumlah upacara adat.

4. Sapi dengan tanaman kehutanan/ pertanian

Dalam pola penanaman, terdapat teknik baru yang dapat dijalankan oleh petai guna membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Caranya dengan menanam tanaman kehutanan maupun pertanian yang dibarengi dengan pengembalaan hewan sapi. Interaksi antara keduanya ini sapi mendapatkan bahan makanan dari tanaman yang telah ditanam. Kemudian tanaman yang telah ditanam terpenuhi nutrisi tambahan yang berasal dari pupuk kandang yang sudah dihasilkan. Trik agar sapi tak bisa mengganggu tanaman yang kalian tanam yakni dengan cara menanam tanaman pelindung agar tanaman pokok tak dimakan oleh sapi,

5. Singa dengan rusa

Pada tayangan di sebuah cannel discovery, pastinya kalian sering melihat sebuah tayangan seekor singa memburu rusa.antara singa dengan rusa akan terjadi sebuah interaksi yakni predasi. Predasi ialah interaksi yang dijalankan predator bersama dengan mangsanya.akan tetapi terdapat kejadian unik yang mana rusa tak selalu sebagai mangsa yang empuk untuk singa khususnya ketika rusa ada di dalam kawannya. Pada waktu rusa ada dalam kawannya, bila terdpat singa yang sedang mencoba memangsanya maka pastinya kawanan rusa akan mencoba melawan singa agar tak menyerang kawanan rusa.

Baca Juga :   Ekosistem Buatan: Pengertian, Karakteristik, Rantai Makanan Beserta Contohnya Terlengkap

6. Pohon kaliandra bersama pohon kopi

Bagi kalian yang kenal dengan istilah pola penanaman agroforestry maka sudah pasti sudah tau bahwa penanaman pohon kaliandra ini dengan pohon kopi merupakan satu satunya contoh dari interaksi antar organisme dalam sebuah ekosistem. Penanaman pohon kaliandra bersama pohon kopi dengan bersama sama bisa memberikan keuntungan. Salah satu diantara manfaat yang bisa dirasakan ialah pohon kopi yang kalian tanam akan diberikan nutrisi tambahan terhadap pohon kaliandra. Kemudian dengan memberikan nutrisi dari pohon kaliandra tidak mengakibatkan pohon kaliandra akan kekurangan unsur hara sebab kaliandra mengandung banyak bahan organic jadi secara mudah bisa mengambil nutrisi dari tanah.

Interaksi dalam sebuah ekosistem ini bisa dialami kapan saja baik ekosistem darat, ekosistem danau, ekosistem air, atau bahkan di ekosistem rawa dan juga ekosistem buatan. Interaksi sebuah ekosistem bisa dibedakan jadi 3 hal, yakni antara interaksi antar komponen abiotic, komoponen biotik dan interaksi antar komponen biotik dan abiotic. Interaksi tersebut bisa dibedakan 3, diantaranya :

1. Interaksi antar organisme
2. Interaksi antar komunitas
3. Interaksi antar populasi
4. Iteraksi antar organisme

Interaksi antar organisme tersebut berhubungan dengan keperluan sumber daya baik tempat tinggal, tempat makanan dan tempat mencari makanan. Interaksi bisa memberikan sebuah keuntungan sebelah pihak maupun keduanya, bisa pula memberikan kerugian sebelah pihak maupun dua duanya. Dapat pula tak memberikan sebuah keuntungan di salah satu pihak serta pihak yang lain tidak bisa memperoleh keuntungan atau kerugian.

Interaksi tersebut dapat tak memberikan keuntungan serta keuntungan di kedua belah pihaknya.
Interaksi bisa terjadi secara komplek daripada interaksi yang mengalami antar organisme serta populasi.

Baca Juga :   Ekosistem Darat : Pengertian, Ciri, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Terlengkap

Contohnya yakni interaksi komunitas sungai bersama dengan komunitas sawah, komunitas sungai dll.
Nah, itu tadi sedikit teori mengenai 6 Contoh interaksi antar organisme dalam ekosistem. Didalam sebuah kehidupan sudah pasti kita mengalami interaksi bersama sesame makhluk hidup lain. Sama halnya dengan ekosistem, mereka ada yang bisa memberikan keuntungan sebelah pihak saja, ada yang keduanya saling menguntungkan dan bahkan ada pula yang memberikan kerugian kedua-duanya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian.

Baca juga: