6 Cara Memelihara Kesehatan Rangka Tubuh Manusia

5 (100%) 1 vote

Cara Memelihara Kesehatan Rangka Tubuh Manusia

6 cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia – fungsi rangka manusia ialah sebagai pelindung dan penjaga beberapa organ penting yang ada. Jadi, saat kalian jatuh maka hal pertama yang menghalau atau melindungi organ vital kalian ialah tulang. Sesudah tulang, maka barulah organ yang terdapat dibawahnya.

Selain dapat menjaga beberapa organ penting, rangka juga berfungsi untuk membentuk tubuh seseorang, seperti mengenali seseorang walaupun tidak Nampak punggungnya. Hal ini terjadi sebab bentuk tubuh seseorang tentu berbeda beda. Dan rangka inilah sebagai pembentuk tubuh manusia yang berbeda-beda.

Berkaitan dengan pentingnya rangka menjadi alat penopang tubuh, sehingga taka da salahnya bila kita perlu menjaga kesehatan rangka. Nah, berikut ini ada 6 cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia, antara lain :

1. Duduk Dengan Sikap Yang Baik

Sikap duduk yang baik ialah caranya dengan duduk sedikit menyender di kursi. Lurus dan tegap, letakkan bahu dengan mengarah kebelakang. Kalian tidak boleh condong kekiri dan kanan. Dan tidak baik juga untuk terlalu maju di depan maupun di belakang menyender. Hal tersebut bila dibiasakan dapat membuat tulang kalian bengkok. Usahakan pula paha ini untuk menempel di wilayah kursi serta bagian pinggangnya menyentuh sandaran di belakang kursi.

Baca Juga :  5 Kelainan Kromosom Pada Manusia : Pengertian, Jenis dan Cirinya lengkap

2. Berdiri Dengan Lurus Dan Baik

Jangan membiasakan guna berdiri dengan posisi yang lurus dan baik. Tidak hanya untuk menyandar di satu kaki saja serta kaki lainnya ini di tekuk. Hal tersebut bila dibiasakan maka akan mengalami gangguan ketika lutut yang sering menjadi tumpuhan ini. Sebab, berat tubuh ini tidak dapat di topang hanya menggunakan satu kaki saja. oleh karenanya berdirilah secara baik, lurus dan bahunya tegap. Hal ini dapat sebagai latihan bagi tulang kalian supaya dapat tumbuh secara lurus.

3. Mengangkat Beban Semaksimalnya

Terkadang, kebanyakan orang memaksakan kehendak dirinya untuk mengangkat beban yang lebih berat dari kesanggupannya. Hal tersebut dapat membuat tulang yang membawa beban dengan terlalu berat ini akan merasakan lelah. Bahkan bila sudah parah dapat sampai patah tulang. Bila memang terasa berat, maka angkatlah dengan menggunakan bahu kanan kalian. Lalu beralihlah di bahu kiri bila sudah merasakan lelah. Cara tersebut dapat meminimalisir kelelahan di bagian punggung. Dapat pula dengan mengangkat beban yang sesuai dengan kemampuan tubuh kalian saja. Bila memang belum selesai, maka dapat di ulangi lagi keberapa kalinya.

4. Membiasakan Aktivitas Untuk “Berjemur” Di Kala Pagi

Matahari yang masih pagi ini menyinari bumi dengan mempunyai sejumlah zat yang dapat membantuk dalam memproduksi vitamin D bagi tubuh. inilah mengapa anak kecil maupun bayi yang masih usianya beberapa bulan saja sesudah mandi langsung di ajak keluar di panasan untuk mencari sumber dari vitamin D itu. Kelebihan dari mengkonsumsi vitamin D ialah untuk membantu dalam penguatan tulang dan termasuk dalam faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan dari manusia sendiri. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya di bawah terik matahari ini sejak di mulai pukul 7 hingga 9 pagi sebagai salah satu trik dari merawat tulang kalian guna di masa tua nantinya.

Baca Juga :  Perkembangan Manusia Dari Bayi Sampai Dewasa Beserta Gambarnya

5. Berolahraga Dengan Rutin

Salah satu cara yang mutlak yang dapat kalian lakukan agar benar benar membuat tulang kalian sehat ialah dengan rutin dalam melakukan olah raga. Hal tersebut dapat membuat tulang kalian menjadi terbiasa dengan hal hal yang berat. Kegiatan olahraga tersebut akan mampu berfungsi dalam meningkatkan kecepatan penyerapan makanan tulang atau disebut dengan kalsium. Melakukan olahraga secara teratur ini pun akan mengurangi risiko dari terjangkit penyakit tulang serta bisa menjaa bagian bagian dalam ginjal yang termasuk dari salah satu organ penting dan vital guna membantu kesehatan tubuh ketika di usia dewasa nantinya.

6. Makan Makanan Bergizi

Pada rangka penguatan serta pemeliharaan tulang, tidak Cuma memakai peran dari vitamin D. tetapi, disini pun menggunakan makanan yang kandungannya terdapat nutrisi lain. Misalnya seperti kalsium serta mineral. Dari kedua zat inilah maka ada bahan makanan yang sehat bagi tubuh, contohnya air putih, sayur mayor, dan buah buahan. Maka biasakanlah bila makan makanan ini supaya gizi kalian akan terpenuhi dengan optimal. Sejumlah makanan yang mengandung nilai gizi tinggi tersebut diantaranya telur, keju, susu, kedelai, yougurt, ikan, brokoli, bayam, buah buahan dan masih banyak lagi lainnya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk mencegah supaya tubuh kalian ini sehat maupun terhidar pada penyakit, maka kita pun tidak boleh mengabaikan sedikitpyn tentang masalah menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut ini ada sejumlah pembahasan tentang pentingnya dalam menjaga tubuh, diantaranya :

1. Mencegah penyakit osteoporosis

Penyakit ini hubungannya dengan kondisi tulang, dan biasanya yang sering dijumpai pada manusia usia dewasa hingga usia lanjut.

2. Melindungi dari flu burung

Flu adalah penyakit dimana tulang tidak dapat digerakkan secara semestinya.

Baca Juga :  Lambung : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Bagian Bagian, dan Gangguan Penyakitnya Lengkap

3. Tampil segar walaupun usianya sudah tak muda lagi

Dengan tampil bersemangat maka akan memberikan energi yang posited baik bagi diri sendiri maupun orang lainnya.

4. Mencegah resiko kifosisis

Kifosisis ini adalah kelainan di bagian tulang punggung terlalu membungkuk di belakang.

5. Mencegah risiko lordosis

Lordosis ini kelainan tulang belakang bengkok kedepan.

6. Mencegah risiko scoliosis

Yakni salah satu kelainan tulang membengkok di arah kiri maupun kanan.

Nah, itu dia 6 cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia. Dengan kalian memelihara kesehatan rangka kalian secara baik, maka kalian pun akan sehat dan terhindar dari penyakit. Semoga dapat menambah wawasan kalian.

Baca juga:

/* */