5 Fungsi Membran Sel Pada Hewan, Struktur dan Sifatnya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Fungsi Membran Sel Pada Hewan, Struktur dan Sifatnya Terlengkap

5 Fungsi membran sel pada hewan – keberadaan suatu sel diselubungi dan dibatasi oleh struktur selaput yang tipis yang biasa disebut membran sel. Selain itu, membran sel juga sekaligus memelihara perbedaan-perbedaan pokok antara isi sel dengan lingkungannya. Membran sel memiliki struktur yang lembut, lentur, dan tipis. Ketebalan membran sel hanya 7,5 – 10 nano meter. Struktur dasar membran sel berupa Lipid Bilayer yang tipis, dimana masing – masing layer hanya setebal 1 molekul.

A. Struktur Membran Sel

Percobaan yang pernah dilakukan pada tahun 1925, bahwa membran sel yang ada di dalam tubuh suatu organisme hidup, terdiri atau tersusun dari molekul lipid dalam dua lapisan. Selapis molekul lipis memiliki luas 2 kali permukaan sel darah merah yang menempati lipid yang diekstraksi menggunakan aseton yang berasal dari membran sel darah merah.

Molekul molekul lipid dari membran sel tersusun, dari 3 jenis yakni:

1. Fosfolipid
2. Kolesterol
3. Glikolipid

Ketiga jenis molekul lipid tersebut bersifat amfipotik. Maksudnya adalah molekul – molekul lipid tersebut mempunyai ujung hidrofobik atau nonpolar yang berarti menjauhi air dan ujung hidrofilik atau polar yang berarti menyenangi air. Berikut penjelasan dari penyusun molekul lipid :

1. Fosfolid

Lapisan Fosfolipid merupakan lapisan rangkap ganda. Lapisan fosolipid ini memiliki 2 bagian dan memiliki sifat yang saling bertolak belakang. Karena itu fosfolipid bersifat hidrolik, dimana daerah kepala memiliki sifat hidrofilik dan daerah ekor memiliki sifat hidrofobik .

Baca Juga :  Proses Metamorfosis Pada Hewan Sempurna dan Tidak Sempurna Terlengkap

Terdapat 2 jenis protein yang terkandung dalam fosfolipid, yaitu protein integral atau perotein dan protein porifer . Protein Integral adalah protein yang tertanam dan menembus lapisan fosfolipid. Sedangkan protein perifer merupakan protein yang menempel pada lapisan luar fosfolipid. Peran Protein Integral adalah sebagai pemroses transportasi molekul yang masuk dan juga keluar sel. Sedangkan peran Protein perifer adalah sebagai tempat menempelnya enzim atau hormon.

2. Kolesterol

Letak kolesterol yaitu berada di bagian dekat dengan kepala fosfolipid. Fungsi atau kegunaan dari kolesterol adalah untuk menjaga kestabilitasan fosfolipid dalam segala keadaan. Seperti contohnya kolesterol dapat menghambat pergerakannya agar fosfolipid tidak menjadi terlalu cair disaat keadaan menjadi panas.

3. Glikolipid

Selain Fosfolipid dan Kolestrol, molekul lipid juga disusun dari Glikolipid. Sebenarnya selain Glikolipid, juga ada Glikoprotein. Molekul karbohidrat yang menempel pada protein disebut Glikoprotein. Sedangkan Glikolipid merupakan molekul karbohidrat yang menempel pada lemak. Kegunaan dari glikoprotein dan glikolipid memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tanda pengenal untuk sel.

B. Sifat Membran Sel

Berdasarkan kemampuannya untuk memfilter atau memilah suatu zat yang masuk ke dalam sel. Membran memiliki 3 jenis sifat, yaitu :

  1. Impermeabel
    Impermeabel merupakan salah satu sifat membran sel, dimana memiliki mekanisme penolakan dari sel. Sehingga tidak semua zat yang dari luar dapat masuk ke dalam sel.
  2. Semipermeabel
    Semipermeabel adalah suatu sifat yang lazim di ditemui pada semua jenis sel. Karena sifat ini hanya mengijinkan zat – zat tertentu masuk ke dalam sel. Dimana zat tersebut adalah zat yang dibutuhkan oleh sel.
  3. Permeabel
    Permeabel adalah dimana masuknya segala zat – zat yang dari luar sel bisa masuk ke dalam sel. Biasanya keadaan seperti ini terdapat pada sel yang membrannya mengalami kerusakan. Sehingga sel tidak mampu bertahan hidup.
Baca Juga :  Hewan Berdarah Dingin Dan Panas Beserta Contohnya Terlengkap

C. Fungsi Membran Sel

Setelah mengetahui dari pengertian membran sel dan penyusun membran sel pada hewan, selanjutnya penjelasan mengenai 5 fungsi membran sel hewan. Berikut penjelasannya :

  1. Transportasi molekul dan ion dalam sel
    5 fungsi membran sel hewan yang pertama yaitu sebagai tempat terjadinya transportasi keluar masuknya molekul – molekul atau ion ke dalam sel. Karena sesuai pengertian yang sudah dijelaskan tadi, membran sel adalah lapisan terluar dari sel dan memiliki fungsi yang spesifik. Sehingga, membran sel mampu bertindak sebagai barier semipermeabel.
  2. Sebagai pelindung dan reseptor
    5 fungsi membran sel hewan yang kedua adalah sebagai pelindung dan mengatur molekul – molekul atau ion yang keluar masuk ke dalam sel, dengan melalui beberapa metode, antra lain :
    – Difusi adalah pergerakan molekul yang mempunyai arah pergerakan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.
    – Osmosis adalah pergerakan air yang memiliki pergerakan dari konsentrasi tinggi (banyak air) ke konsentrasi yang lebih rendah (sedikit air).
    – Difusi berfasilitas adalah proses terjadinya perpindahan suatu zat yang memerlukan protein pembawa tanpa membutuhkan energi.
    – Transport aktif adalah terjadinya proses pergerakan molekul – molekul melalui membran yang memerlukan bantuan energi.
  3. Sebagai pembatas
    5 fungsi membran sel hewan yang ketiga adalah sebagai pembatas. Dari pengertiannya membran sel yang merupakan lapisan terluar sel. Ternyata membran sel adalah sebuah lapisan yang mambatasi antara sel dengan bagian-bagian lainnya. Selain itu, membran sel juga membatasi terjadinya proses pergerakan molekul atau ion yang dapat terlarut dalam air melalui membran.
    Membran sel adalah rintangan yang selektif dimana terdapat aliran nutrien, oksigen, serta limbah yang cukup berguna untuk melayani seluruh sel.
  4. Sebagai selektor
    5 fungsi membran sel hewan yang keempat adalah sebagai selektor. Membran sel mempunyai sifat yang selektif permeable dimana membran sel mempunyai kemampuan untuk menyeleksi berbagai jenis molekul, ion, serta senyawa lainnya yang akan melewati membran sel.
  5. Berperan dalan sintesis berbagai zat dalam tubuh
    5 fungsi membran sel pada hewan yang terakhir adalah sebagai sintesis berbagai zat dalam tubuh hewan. Dimana membran sel sangat membantu dalam proses pensinyalan sel, sintesis ATP, serta Adhesi sel.
Baca Juga :  6 Daur Hidup Cacing Pita dan Jenis - Jenisnya Lengkap

Itulah ke 5 fungsi membran sel pada hewan dan penjelasan lengkap lainnya. semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */