5 Fungsi Kelenjar Getah Bening dan Pengertiannya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Getah Bening Pada Manusia

Fungsi Kelenjar Getah Bening pada tubuh manusia – satu struktur yang sempurna dan sangat komplek adalah tubuh manusia. Tubuh manusia memiliki berbagai macam bagian. Pada setiap bagian dalam tubuh manusia terdapat beberapa unsur atau elemen yang terkandung di dalamnya. Getah Bening adalah salah satu unsur atau elemen yang menyusun tubuh manusia. Getah bening adalah bagian dalam tubuh manusia yang berupa cairan berwarna bening.

Gentah bening berhubungan dengan kelenjar getah bening dan juga pembuluh getah bening.

  • Kelenjar getah bening adalah sebuah struktur yang menyaring getah bening.
  • Pembuluh getah bening adalah saluran yang dilewati oleh cairan getah bening ini.

Namun dalam artikel ini kali ini akan membahas lebih jauh mengenai fungsi kelenjar getah bening pada tubuh manusia.

Pengertian Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian dari sistem pertahanan / kekebalan tubuh manusia. Letak dari kelenjar getah bening adalah di sepanjang jalur sistem limfatik. Di dalam tubuh manusia, terkandung kelenjar getah bening kurang lebih sebanyak 600 kelenjar.

Kelenjar getah bening terdapat pada bagian tertu di dalam tubuh manusia, khususnya pada bagian submandibular (bagian bawah rahang bawah), bagian lipatan paha, ataupun pada bagian ketiak. Kelenjar getah bening memiliki bentuk kecil berbentuk seperti kacang, jika berkumpul menjadi satu atau berkelompok memiliki bentuk seperti buah anggur.

Baca Juga :  5 Kelainan Kromosom Pada Manusia : Pengertian, Jenis dan Cirinya lengkap

Sistem limfatik adalah saluran yang memiliki fungsi untuk membawa cairan yang berwarna jelas atau berwarna keputih-putihan atau yang sering disebut dengan getah bening. Saluran limfatik yang berasal dari jari, lengan dan tangan yang masuk akan disaring di kelenjar getah bening yang terletak di bagian siku dan ketiak. Begitu juga saluran limfatik yang berasal dari bagian kaki, jari kaki dan paha yang masuk akan disaring di kelenjar getah bening yang terletak di bagian belakang lutut dan pangkal paha.

Fungsi Kelenjar Getah Bening Pada Tubuh Manusia

Kelenjar getah bening memiliki beberapa fungsi khusus. Kelenjar getah bening membantu mencegah terjadinya penumpukan cairan pada jaringan, mempertahankan volume dan juga tekanan darah di dalam tubuh, serta menjaga tubuh dari infeksi yang bekerja sama dengan pembuluh getah bening, dan beberapa organ limfatik.
Kelenjar getah bening memiliki manfaat yang terbagi menjadi 2 macam. Fungsi kelenjar getah bening pada tubuh manusia yaitu :

1. Memfilter Cairan Getah Bening

Cairan bening yang berasal dari plasma darah yang kemudian keluar dari pembuluh darah kapiler ini disebut sebagai cairan getah bening. Letak Cairan getah bening tersebut menjadi cairan interstitial yang letaknya mengelilingi sel.

Pembuluh getah bening ini yang akan mengumpulkan cairan bening interstitial menuju ke kelenjar getah bening secara langsung. Fungsi kelenjar getah bening yaitu menyaring getah bening patogen berbahaya seperti kanker dan juga virus.

Selain itu, getah bening juga akan menyaring beberapa selular, sel- sel kanker, dan juga sel- sel mati yang ada di dalam tubuh manusia. Getah bening ini disaring dari seluruh bagian tubuh yang pada akhirnya akan kembali lagi ke darah dengan jalan melalui pembuluh darah dekat dengan jantung.

Baca Juga :  Kelainan Sistem Ekskresi Manusia : Pengertian, Penyebab, Ciri, Dampak dan Cara Mengatasinya

Kembalinya cairan bening yang sudah disaring ini ke dalam darah dapat mencegah edema atau akumulasi kelebihan cairan yang berada di sekitar jaringan. Dalam kasus infeksi, kelenjar getah bening ini melepaskan limfosit kealiran darah yang bertujuan membantu dalam hal mengidentifikasi dan juga penghancuran patogen.

2. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh Untuk Membangun Respon Imun di Dalam Tubuh

Fungsi kelenjar getah bening yang selanjutnya adalah membantu sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening limfosit adalah tempat utama dari sel – sel sistem kekebalan tubuh yang berasal dari sumsum tulang sel – sel induk. Sel B dan juga T-sel limfosit ditemukan pada kelenjar getah bening dan juga jaringan getah bening. Ketika limfosit sel B menjadi aktif karena adanya antigen tertentu, mereka akan menciptakan antibodi yang spesifik dengan antigen yang spesifik. Antigen yang sudah diganti akan ditandai sebagai penyusup dan juga diberi label untuk penghancuran oleh sel- sel imun lainnya. Limfosit sel- T ini bertanggung jawab untuk imunitas sel dimediasi dan juga berpartisipasi dalam proses penghancuran patogen.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Fungsi kelenjar getah bening yang bisa dikatakan cukup penting yaitu menjaga keseimbangan tubuh. Cairan limfa dihasilkan dari berbagai jenis cairan yang berada di dalam jaringan tubuh. Kemudian cairan itu akan disaring oleh Kelenjar Getah Bening. Jika memiliki kelebihan cairan atau cairan mengandung organisme berbahaya, Kelenjar Getah Bening akan melakukan proses pengembalian lagi ke aliran darah agar dibuang oleh tubuh melalui sistem eksresi. Sehingga, kadar cairan di dalam tubuh akan tetap seimbang.

4. Melawan Infeksi

Fungsi kelenjar getah bening selanjutnya adalah selain membentuk sistem kekebalan tubuh, kelenjar getah bening juga berfungsi untuk melawan infeksi. Limfosit berfungsi untuk mendeteksi dan menyerang organisme berbahaya penyebab infeksi yang ada dalam tubuh. seperti virus, bakteri, kuman, sel yang rusak, hingga sel kanker.

Baca Juga :  Sistem Penggolongan Darah ABO : Pengertian, Karakteristik dan Pengaruhnya Lengkap

5. Menyerap Lemak dan Zat Gizi yang Larut Dalam Lemak

Fungsi kelenjar getah bening yang terakhir adalah menyerap lemak dan zat gigi yang larut dalam lemak. Kelenjar Getah Bening yang berada di usus mampu membantu sistem pencernaan guna untuk menyerap lemak dan zat gizi lainnya yang larut dalam lemak. Karena, lemak dan zat gizi yang larut dalam lemak tidak dapat langsung diserap oleh pembuluh darah kapiler seperti zat gizi lainnya seperti gula dan protein.

Itulah pembahasan tentang fungsi kelenjar getah bening pada tubuh manusia. Untuk memaksimalkan kinerja organ tersebut, pastinya anda harus mengkonsumsi makanan bergizi bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */