5 Fungsi Getah Empedu Dalam Tubuh Manusia Beserta Penjelasannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

5 Fungsi Getah Empedu Dalam Tubuh Manusia

5 Fungsi Getah Empedu Dalam Tubuh Manusia – cairan getah empedu adalah cairan pada sistem pencernaan yang dihasilkan dari hati. Secara kasat mata cairan ini akan berwarna kuning kehijau-hijauan. Letak getah empedu berada didalam kandung empedu. Sebelum disekresikan ke dalam usus halus, getah empedu akan berkumpul di kandung empedu. Getah empedu dapat disekresikan oleh sel hati pada setiap harinya. Proses ini akan berjalan terus menerus di dalam tubuh untuk mencerna lemak yang masuk.

Di dalam kandung empedu juga terdapat kholeritik yang mempunyai fungsi untuk menambahkan sekresi empedu. Selain itu juga berpengaruh untuk mengkosongkan kandung empedu. Di dalam kandung empedu juga ada struktur lain; seperti fundus vesikafelea dan juga korpus vesikafelea.

Kandungan Dalam Getah Empedu

  • Salah satu kandungan getah empedu adalah kandungan alkali yang mempunyai ph sekitar 7,6 – 8,6. Dari keseluruhan getah empedu, 80% kompisisnya merupakan; air, kolestrol, pigmen empedu, garam empedu, ion dan beberapa zat lainnya.
  • Getah empedu dan cairan empedu memiliki kandungan yang banyak garam didalamnya. Garam tersebut berupa natriium dan juga kalium. Garam dalam empedu biasanya akan membentuk monogliserida yang setelahnya akan diproses menjadi pigmen empedu.
  • Kandung empedu bersama dengan getah empedu yang terletak di dalam mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelangsungan tubuh kita, terutama dalam hal sistem pencernaan.
Baca Juga :  6 Fungsi Kantong Empedu Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut ini ke 5 Fungsi Getah Empedu dalam tubuh manusia yang perlu anda ketahui.

1. Untuk mengabsopsi lemak

Fungsi lemak dalam tubuh manusia memang cukup vital dan berpengaruh. Terutama terhadap kinerja sistem pencernaan organ-organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itu lemak dalam tubuh perlu diproses dengan baik agar dapat dicerna dengan baik pula. Sehingga dapat menghasilkan berbagai fungsi lemak yang baik pula. Dan getah empedu mempunyai peranan yang besar disini.
Karena terdapat kandungan garam di dalam empedu, hal ini mengakibatkan secara tidak langsung berperan aktif dalam mengabsopsi kandungan lemak yang telah dicerna tubuh.

2. Sebagai pengemulsi lemak

Disini getah empedu berperan sangat penting yaitu untuk mengemulsi lemak. Dimana jumlah produksi cairan getah empedunya dapat bertambah beberapa kali lipat. Itu dikarenakan lemak yang masuk. Proses ini biasa terjadi pada bagian lambung yang kosong. Di fase ini getah empedu juga akan mengabsorbsi air beserta elektrolit-elektrolit yang lainnya, kemudian berfungsi untuk membentuk getah empedu yang baru.

3. Untuk penyerapan garam

Supaya fungsi kantong empedu dapat berlangsung secara optimal. Maka, disini cairan getah empedu akan menyerap garam yang berlebih di dalam tubuh. Dengan bantuan garam alami yang berada didalam getah empedu. Proses kerjanya yaitu dengan cara meningkatkan kelarutan dari kolestrol, vitamin dan juga lemak. Garam empedu disini merupakan kelompok dari garam natrium dan kalium yang berasal dari kandungan asam empedu yang sudah berproses dengan konjungsasi lisegen maupun taurin.

Setiap garam yang berasal dari getah empedu akan bergabung dan berkumpul menjadi satu sehingga akan membentuk cairan didalam air. Hal inilah yang akan selanjutnya akan menyerap garam yang masuk tadi dengan menggabungkannya bersama garam asli dan beberapa lemak dari getah empedu. Hal inilah yang menyebapkan kolestrol dapat larut di kandung empedu, berkat bantuan dari berbagai kandungan garam getah empedu dan juga lestin.

Baca Juga :  8 Penyakit Tulang Belakang Dan Penyebabnya Terlengkap

4. Melarutkan vitamin dalam tubuh

Setiap tubuh menusia membutuhkan vitamin yang cukup untuk dapat menunjang ativitasnya sehari-hari serta memiliki ciri-ciri mahluk hidup yang normal. Dalam tubuh juga vitamin tidak dapat larut dengn sendirinya. Ada beberpa faktor dan organ-organ tubuh yang membantu penyerapan vitamin. Dan disinilah tugas dari getah empedu.
Cairan dalam getah empedu akan mengalir ke dalam kandung empedu saat katup oddi tertutup. Setelah itu kandungan air didalamnya mencapai hampir 100 persen maka vitamin-vitamin dalam tubuh akan masuk bersama dengan air tersebut dan diabsobsi dengan kandungan yang ada pada cairan empedu lainnya, sehingga tekanan intafiller akan naik dan melarutkan vitamin dalam waktu beberap jam.

5. Untuk membuang kolestrol dan zat hemoglobin

Pada tubuh manusia sejatinya memiliki barbagai zat yang tidak diperlukan tubuh. Salah satu contohnya karena jumlahnya yang berlebih. Getah empedu disini punya peranan yang berarti untuk dapat membuang barbagai zat yang tidak terlalu berguna untuk tubuh kita melalui lambung, usus halus, dan sistem pencernaan lainnya. Proses pembuangan zat ini dilakukan guna mencegah berbagai kelainan pada sistem eksresi manusia.

Getah empedu disini juga akan membantu mekanisme peredaran darah manusia dengan cara membuang barbagai zat sisa makanan, terutama kandungan kolestrol dan sel darah merah yang berlebih pada tubuh dengan menggunakan cara menaikkan kelarutan garam empedu pada berbagai zat. Sehingga membantu fungsi usus besar dalam proses penyerapannya. Hemoglobin dan kolestrol ini dapat diubah menjadi pigmen utama yang dapat membentuk getah empedu dan diproses kedalam empedu. Zat sisa ini juga memegang peranan penting dalam diskreksi di getah empedu.

Garam-garam yang ada pada empedu juga berperan sama. Dengan proses masuknya dudenum kedalam kandungan getah empedu dan mencampurnya dengan enzim, maka zat-zat yang tidak diperlukan tubuh itu akan bercampur dengan enzim pencernaan manusia dan menutup ductus choleducus sehingga zat-zat tersebut ikut terbuang bersama dengan fases.

Baca Juga :  Macam Macam Enzim Pada Pencernaan Manusia Terlengkap

Demikian artikel tentang 5 Fungsi Getah Empedu Dalam Tubuh Manusia, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan informasi, serta bermanfaat.

Baca juga:

/* */