5 Daur Hidup Bintang Laut (Taksonomi, Morfologi, Fisiologi) Beserta Cirinya Lengkap

5 (100%) 1 vote

5 Daur Hidup Bintang Laut Secara Ringkas

5 daur hidup bintang laut secara ringkas – bintang laut ialah hewan invertebrate yang hidupnya di laut. Saat ini bintang laut di dunia terdapat sekitar 1.500 spesies. Mulai dari wilayah tropis hingga di kutub yang mempunyai iklim dingin. Bintang laut sering dijumpai di intertidal hingga kedalaman abyssal ± 6.000 m di bawah permukaan laut. Pada kesempatan kali ini, admin akan mengulas 5 daur hidup bintang laut secara ringkas.

Taksonomi Bintang Laut

Bintang laut ialah hewan dari kelas genus asteroidean yang ada di bawahnya filum Echinodermata, yakni kelompok hewan invertebrate dengan tanda tubuhnya simetris bilateral serta mempunyai kulit yang berduri.

Dalam taksonomi, ada beberapa kelas klasifikasi Echinodermata ini, yakni salah satunya kelas asteroidia. Jumlahnya hingga 1.500 spesies. Namun, secara umum terdapat 7 klasifikasi dari bintang laut. Contoh spesies bintang laut yakni pisaster ochraceus, asteroidean Sp, dll.

Morfologi Bintang Laut

Ciri-ciri morfologi yang mudah untuk dilihat ialah central disc yang dikelilingi oleh lengan-lengan. Permukaan atasnya halus dan berduri. Spesiesnya banyak yang berwarna cerah (oranye dan merah muda). Ada pula yang tertutupi dengan warna gelap hitam, coklat dan kelabu.

Di bawah lengan ada celah amburakal panjang hingga ke mulut di tengah-tengan central disc. Dalamnya celah ada kaki tabung funsginya menjadi alat penggerak. Ujung lengannya pun ada bintik mata yang paling peka dengan cahaya.

Fisiologi Bintang Laut

Selain dari ciri-ciri yang Nampak di permukaan tubuhnya, bintang laut ini mempunyai karakteristik di sistem pencernaan, sistem pernapasan serta sistem reproduksinya. Berikut simak ulasan dibawah ini :

Baca Juga :  Bahayanya Kerusakan Terumbu Karang yang Terjadi di Indonesia
  1. Sistem pencernaan
    • Mulut yang ditengan central disc, letaknya dekat kerongkongan dan menyambung dengan lambung.
    • Makanan dicerna dalam lambung besar dan di serap oleh getah lambung, lalu dikirim menuju 5 lengan lewat usus.
    • Sisa pencernaan akan dikeluarkan lewat anus
  2. Sistem pernapasan
    Sistem peredaran darah hewan ini sulit diamati. Kadang terdiri atas sejumlah pembuluh darah dengan mengelilingi mulut serta menghubungkan dalam pembuluh arah radikal menuju setiap lengan.
  3. Sistem reproduksi & perkembangan
    Bintang laut akan menjalankan perkembangbiakan lewat 2 cara, yakni dengan aseksual serta dengan seksual. Sistem reproduksinya sangat berhubungan dengan tahap perkembangannya secara menyeluruh dalam daur hidup.

Proses Singkat Daur Hidup Pada Bintang Laut

Bintang laut melakukan daur hidupnya dengan menyeluruh, bintang laut muda perlu melakukan sejumlah tahap perkembangan lebih dulu saat sebelum menetapkan tinggal di laut menjadi bintang laut dewasa. Meski demikian bintang laut ini banyak dicari untuk hewan hias dalam aquarium. Tetapi, perkembangbiakan bintang laut dalam aquarium masih paling jarang terjadi.

Jadi, selama ini semua orang hanya menyaksikan bintang laut dewasa tanpa pernah tahu bagaimana daur hidupnya. Padahal bintang laut menjalani siklus yang paling menarik. Dengan ringkasnya bintang laut lewat 5 tahapan kehidupan. yakni pembuahan gamet, lalu tahap perkembangan, metamorfosis ke individu dewasa, pembuahan aseksual serta yang terakhir spesies hermafrodit.

  1. Pembuahan gamet
    Bintang laut menjalankan fertilisasi eksternal lewat proses yang bernama pemijahan. Mirip seperti yang dialami dalam katak dan ikan. Guna menghasilkan telur, maka bintang laut betina serta jantan masing-masingnya akan mengeluarkan sel sperma dan sel telur di permukaan air. Lalu mereka akan saling bertemu dan terjadi pembuahan.
    Pembuahan menjadi telur yang akan membungkus zigot. Zigot menggumpal dengan berwarna putih susu di permukaan air.
  2. Tahap awal perkembangan
    Sejumlah spesies bintang laut akan menunjukkan pola perkembangan yang beda, tetapi dengan keseluruhan akan mengikuti daur yang sama. Sesudah gamet membuahi dan membentuk zigot selanjutnya akan berkembang jadi larva bilateral bernama bipinnaria.
    Larva tersebut akan memakan mikroorganisme yang lebih kecil disekitar mereka. Bipinnira akan mengapung dalam air dalam beberapa hari hingga beberapa hari hingga minggu. Sebelum akhirnya akan bertransformasi sebagai organisme non-feeding dengan menetap di dasar laut. Hasil perubahan bipinnaria bernama brachiolaria.
  3. Metamorfosis menuju ke individu dewasa
    Sesudah brachiola habitatnya menetap sesuai, maka tubuhnya akan berkembang jadi simetris radial. Dengan bertahap ia mulai bermetamorfosis sebagai individu dewasa. Ada sejumlah penelitian yang membuktikan bahwa brachiolaria akan mencari daerah yang didalamnya mengandung feromon bintang laut dewasa. Selanjutnya ia akan menentukan habitatnya dan bintang laut aka tumbuh hingga dewasa.
  4. Reproduksi aseksual
    Selain reproduksi seksualnya dijalankan dengan eksternal, yakni pembuahan sel telur pada sperma yang diluar rahim. Dari sejumlah kasus ini, anggota tubuhnya bintang laut terpisah dapat melakukan regenerasi untuk membentuk lagi spesies baru bintang laut. Inilah perkembangbiakan secara aseksual, yakni proses reproduksi yang tidak melibatkan degan sel telur dengan sperma.
  5. Spesies hermafrodit
    Sejumlah spesies dari bintang laut mempunyai tanda kelamin betina dan jantan di dalam tubuhnya yang dikenal dengan nama hermafrodit. Hewan seperti tersebut dapat melakukan pembuahan sendiri. Bintang laut hermafrodit terkadang mengerami anaknya berbentuk bipinnaria. Hal tersebut dikarenakan habitatnya tidak memungkinkan larva yang asalnya dari telurnya guna mengambang bebas di permukaan air.
Baca Juga :  13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

Demikianlah pembahasan tentang 5 daur hidup bintang laut secara ringkas. Jadi, dengan ringkasnya bintang laut ini telah melewati dalam 5 tahapan kehidupan. Diantaranya adalah pembuahan gamet, lalu tahap perkembangan, metamorfosis ke individu dewasa, pembuahan aseksual serta yang terakhir spesies hermafrodit. Semoga dengan tulisan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari referensi mengenai bintang laut. Terima kasih.

Baca juga:

/* */