5 akibat Kurang Air : Pengertian dan Fungsi Air Minum Bagi Tubuh Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Dampak Kurang Air Bagi Tubuh Terlengkap

5 akibat kurang air bagi tubuh – minum menjadi salah satu aktivitas wajib bagi tubuh kita. Selain dapat menyegarkan tenggorokan, minum bermanfaat pula untuk membantu memperlancar pencernaan tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, air berperan penting dalam tubuh, sebab mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. 5 akibat kurang air bagi tubuh dan penjelasan lengkapnya seperti berikut ini.

Fungsi Air Minum

Berikut ini sejumlah fungsi air minum untuk tubuh :
1. Menjadi zat pelarut di dalam tubuh
2. Menjadi zat katalisator
3. Menjadi zat untuk yang mengatur suhu tubuh
4. Untuk melepas dahaga
5. Melancarkan sistem pencernaan
6. Menjaga kesehatan tubuh
7. Mengeluarkan racun dalam tubuh
8. Penyedia elektrolit bagi tubuh

Akibat Kekurangan Air Putih

Namun, ada beberapa Efek kekurangan air putih bagi tubuh. Berikut ini yang nanti terjadi ketika tubuh kekurangan air putih :

1. Kelelahan dan Mudah Lelah

Seseorang yang kurang dalam mengkonsumsi air putih maka akan mudah merasa lelah. Hal ini terjadi karena saat seseorang sedang mengkonsumsi sedikit air, maka metabolisme tubuh serta cairan yang ada di dalam tubuh akan berkurang secara drastis, sehingga ia akan merasa cepat lelah.

Baca Juga :  Tulang Paha : Bagian Bagian Dan Fungsinya Terlengkap

2. Masalah Pada Pencernaan

Cairan yang masuk di dalam tubuh, khususnya air putih ini sangat dibutuhkan guna membantu saat proses pencernaan tubuh. dengan mengonsumsi air putih yang sedikit maka akan berpengaruh dari buruknya pencernaan bagi tubuh.
Beberapa masalah pada pencernaan yang muncul akibat kurang minum air putih :

  • Diare
  • Sulit buang air besar
  • Sulit buang air kecil
  • Sakit perut

3. Kulit Kusam

Kebiasaan dalam minum air putih dengan teratur, bisa membantu menjaga kesegaran bagi tubuh. Hal ini bisa dipastikan, efek dari kekurangan air putih bagi tubuh bisa menyebabkan kulit jadi kusam serta kurang segar. Selain itu, tubuh pun akan terlihat pucat dan terlihat seperti tidak bertenaga.

4. Menganggu Fungsi Ginjal

Sebelum mempengaruhi pencernaan, fungsi ginjal akan mengalami gangguan akibat dari kekurangan minum air putih. Proses pencernaan akan melibatkan banyak organ pencernaan, satu satunya adalah ginjal. Selain ginjal, sejumlah organ pencernaan yang ada di bawah ini akan mengalami penurun fungsi :

  • Usus
  • Lambung
  • Tenggorokan
  • Hati
  • Kandung Kemih
  • Saluran Kencing

5. Kurang Konsentrasi

Daya konsentrasi akan di kontrol melewati otak. Efek dari kekurangan air putih, bagian otak juga akan mengalami dehidrasi/kekurangan cairan. Kondisi otak yang sedang mengalami dehidrasi ini akan menyebabkan beragam gangguan konsentrasi. Konsentrasi ini paling dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Hal ini bisa berdampak pada sejumlah hal, diantaranya :

  • Mudah melamun dan bengong
  • Sering salah ketika mengambil keputusan
  • Sulit mengerjakan tugas
  • Mudah melakukan kesalahan

6. Halusinasi

Halusinasi merupakan kondisi seperti melihat sesuatu, tetapi sebenarnya objek yang di lihat tidak nyata. Halusinasi adalah salah satu ciri kurangnya orientasi, dan salah satunya disebabkan efek akibat kekurangan minum air putih. Halusinasi paling mengganggu dalam kegiatan sehari-hari, bahkan jika membutuhkan daya konsentrasi.

Baca Juga :  Logam Berat Pada Manusia : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Mengindarinya lengkap

7. Mudah Mengantuk

Salah satu ciri lagi orang yang mengalami kurang minum air putih ialah akan mudah mengantuk. Perlu diingat, bahwa air putih serta cairan fungsinya untuk menjaga kesegaran tubuh, jadi saat tidak meminum air putih, maka yang terjadi nanti tubuh tidak lagi merasa segar. Akibat dari kurang air minum, menyebabkan gejala sering ngantuk, menguap serta mata yang kelihatan sangat lelah.

8. Tenggorokan Kering

Pada saat sedang makan, tentu akan merasa haus serta membutuhkan minum. Minum bisa membuat makanan yang sudah dikonsumsi jadi lebih mudah ditelan. Kemudian juga akan memudahkan proses pencernaan, yang diteruskan menuju usus, hingga ke lambung. Kurangnya minum air putih dapat membuat tenggorokan kalian terasa kering, serta efek selanjutnya ialah radang tenggorokan.

9. Kepala Pusing

Berkurangnya cairan yang masuk di otak, maka bagian tersebut akan terjadi gangguan. Kurang minum bisa membuat kepala akan terasa sakit dan pusing.

10. Urin Berwarna Pekat

Ciri umum yang gampang di deteksi saat sedang mengalami kurang cairan ialah urin kalian yang warnanya sangat pekat. Jika urin yang normal, warnanya akan bening dan kekuningan, tetapi jika orang yang mengalami kurang minum air putih maka akan berwarna kuning pekat. Hal tersebut jelas menunjukkan bahwa tubuh kalian sedang mengalami kekurangan cairan.

11. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Salah satu hal lagi yang menjadi ciri dari kurangnya meinum air putih ialah rasa sakit saat melakukan buang air kecil. Hal ini bisa terjadi saat kandung kemih telah mengalami infeksi. Kandung kemih memerlukan cairan yang cukup supaya bisa melakukan sekresi maupun pembuangan secara baik dan sempurna. Cairan yang sedikit bisa menyebabkan kandung kemih akan mengalami infeksi, serta menyebabakan rasa nyeri saat buang air kecil

Baca Juga :  Metabolisme Lemak dalam Tubuh : Pengertian dan Jenisnya Lengkap

Kebutuhan Air Minum dalam Setiap Harinya

Pad dasarnya tubuh manusia terdiri atas 80% air untuk bayi, serta 60% air untuk orang dewasa. Hal ini menggambarkan bahwa tubuh paling membutuhkan kandungan air banyak dalam setiap harinya. Para ahli sendiri sudah merekomendasikan supaya dalam sehari, kita harus bisa mengkonsumsi air minum sebanyak minimal 8 gelas per hari, dengan takaran gelas 200 ml. Itu artinya tubuh kita harus mempunyai asupan air mineral banyaknya 1 – 2 liter per hari.

Untuk memperoleh air sendiri, tidak harus dengan mengkonsumsi air putih saja. Namun, juga mengkonsumsi makanan yang di dalamnya mengandung air sehingga dapat pula membantu menambah cairan dalam tubuh. Misalnya seperti buah-buahan. Begitu juga dengan jenis minuman lain seperti susu.

Itulah uraian tentang 5 akibat kurang air bagi tubuh. Dengan berbagai ulasan yang sudah dipaparkan air di atas, semoga banyak orang atau masyarakat lebih sadar akan pentingnya tubuh dengan cairan.

Baca juga:

/* */