15 Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan Beserta Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Contoh Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan Pada Umbi, Biji, Daun, Batang, Bunga dan Buah

Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan – sama hal nya pada manusia, tumbuhan juga membutuhkan makanan agar tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Namun, pada musim tertentu beberapa tumbuhan kesulitan saat mendapatkan makanannya. Maka dalam hal ini seringkali tumbuhan menyimpannya sebagai cadangan makanan. Nah, kalian penasaran bukan tumbuhan mana saja yang dapat menyimpan cadangan makanannya sendiri? Berikut ini pembahasan tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan :

Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanannya didalam Umbi

Tumbuhan ini biasanya mempunyai batang dan akar menggembung menjadi pertanda bahwa tumbuhan telah memiliki cadangan makanan cukup. Berikut sejumlah contoh tumbuhan menyimpan cadangan makanannya dalam umbi:

1. Wortel

Wortel adalah jenis umbi-umbian bertekstur seperti kayu dengan warna jingga kekuningan. Mempunyai batang pendek serta akar tunggang yang akan berubah jadi umbi bulat memanjang. Wortel menyimpan cadangan makanannya dalam umbi. Tumbuhan ini kaya akan kandungan alpha serta beta karoten, sehingga mempunyai kandungan paling tinggi vitamin A yang bisa mencegah dari tumbuhnya sel kanker ganas. Selain itu, mengandung lutein sebagai kesehatan mata.

Baca Juga :  Bunga Rafflesia Arnoldi : Pengertian, Ciri - Ciri, Sejarah Penemuan dan Cirinya Lengkap

2. Kentang

Kentang juga termasuk jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dalam umbi. Tumbuhan ini berbatang besar guna menyimpan cadangan makanannya yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Tumbuhan ini dapat menghasilkan nilai karbohidrat lumayan tinggi, jadi tak heran bila dipakai manusia sebagai sumber makanan pokok, khususnya di Negara eropa. Kentang mengandung vitamin C, B, A, dan masing masing memiliki manfaat baik bagi manusia.

3. Singkong

Singkong sejak dahulu dipakai nenek moyang sebagai salah satu alternative pangan selain beras dan kentang. Tumbuhan ini juga menyimpan cadangan makanan pada umbi yang adapat tumbuh di tanah menggembur.

Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanannya dalam Biji

Berikut sejumlah contoh tumbuhan yang penyimpanannya cadangan makan dalam biji :

1. Kacang panjang

Tumbuhan ini termasuk penyimpan cadangan makanan dalam biji, yakni tandanya semakin besar bijinya dan kacang menjadi panjang. Panjang kacang ini kurang lebih 15-25cm yang bila dibuka berwarna putih kecoklatan. Kacang mengandung zat besi, tembaga, mangan, dan kalsium. Berfungsi sebagai pembentukan gigi dan tulang, melancarkan metabolism tubuh sampai anemia dan menjaga daya ingat.

2. Kacang tanah

Karakteristik pada tumbuhan ini kulit berwarna coklat dank eras, teksturnya berserat. Kacang tanah menyimpan cadangan makanannya dalam biji, sehingga dimanfaatkan oleh manusia sebab mengandung banyak protein, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, omega 3, omega 9 zat besi. Manfaatnya untuk menurunkan kolestrol dan memelihara kesehatan jantung, menjaga kekebalan tubuh dll.

3. Kacang hijau

Tumbuhan ini mempunyai batang menyabang dan tegak lalu batang ini muncul menjadi bunga. Di bagian bunga kacang nantinya tumbuh sebagai biji kacang hijau. Kulitnya berwarna hijau, namun bila dibuka warnanya biji putih. Kacang hijau kaya akan protein, asam folat, vitamin B1 dan mineral misalnya kalsium dan fosfor.

Baca Juga :  Akar tunggang dan akar serabut : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh serta Perbedannya

Tumbuhan dengan Menyimpan Cadangan Makanan dalam Buah

Berikut sejumlah contoh tumbuhan menyimpan cadangan makanan dalam buah :

1. Alpukat

Tumbuhan ini asalnya dari amerika serikat yang masuk di Indonesia sekita abad 18. Alpukat termasuk jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dalam buah. Jadi, kebanyakn manusia memanfaatkan alpukat untuk dikonsumsi. Sekarang ini alpukat banyak dipakai sebagai pengobatan alami dan bahan dasar kosmetik.

2. Apel

Tumbuhan ini tumbuh subur dengan temperature dingin. Buah apel mengandung banyak vitamin B1,B2,B3, B5 dan vitamin A sampai vitamin C. Buah apel pun mengandung mineral misalnya kalsium zinc, zat besi, magnesium dan potassium. Manfaatnya guna melancarkan pencernaan, menangkal radikal bebas dan mengurangi kolestrol serta lemak. Tumbuhan ini menyimpan cadangan makanannya dalam buah.

Tumbuhan dengan Menyimpan Cadangan Makanan dalam Daun

Berikut sejumlah contoh tumbuhan menyimpan cadangan makanan dalam daun :

1. Kangkung

Daun kangkung melekat dalam buku-buku batang dan ketikanya daun bisa muncul tunas baru sehingga membentuk cabang baru. Daun kangkung mempunyai kandungan air tinggi, oleh sebab itu tumbuhan ini menyimpan cadangan makanannya dalam daun.

2. Bayam

Tumbuhan bayam ini mempunyai sistem perakaran tunggal serta pada tangkai batang daunnya ada banyak air cukup lunak. Sehingga tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan yang menyimpan cadangan makannya dalam daun.

Tumbuhan dengan Menyimpan Cadangan Makanan dalam Bunga

Contohnya tumbuhan jenis ini adalah Bunga kol. Tumbuhan dengan menyimpan cadangan makanannya dalam bunga adalah tumbuhan bunga kol atau disebut dengan kubis. Tumbuhan bunga kol banyak kandungan gizi bermanfaat bagi tubuh manusia sebab lengkap dengan bebagai vitamin yakni Vitamin C, A, B kompleks, dan Vitamin E.

Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makannya di dalam Batang

Berikut sejumlah contoh tumbuhan menyimpan cadangan makanan dalam batang :

Baca Juga :  13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Ciri dan Contohnya lengkap

1. Tebu

Tebu merupakan jenis tumbuhan dengan menyimpan cadangan makanannya dalam batang. Tumbuhan ini mempunyai berbagai kandungan vitamin serta mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium, serta zat besi. Maka tak heran bila tumbuhan ini bisa dipakai untuk meredakan beragam macam penyakit manusia seperti nyeri, demam, hingga batu ginjal.

2. Sagu

Batang sagu di bagian bawah kadang memiliki diameter lebih besar bila dibanding diameter bagian atasnya, dan pada batang inilah sagu dapat menyimpan cadangan makanannya berupa karbohidrat.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui beragam tumbuhan hijau dengan menyimpan cadangan makanannya, baik yang disimpan dalam umbi, buah, biji, daun, bunga, atau bagian batangnya. Dalam artikel ini juga sudah dilengkapi berbagai manfaat yang dikandung dalam tumbuhan masing-masing. Semoga artikel tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Baca juga:

/* */