14 Tumbuhan Beracun Paling Mematikan Beserta Gambarnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Tumbuhan Beracun Paling Mematikan Beserta Gambarnya

14 Tumbuhan Beracun Paling mematikan – Manusia adalah makhluk yang sangat bergantung kepada alam. Karena alam mempunyai berbagai jenis makhluk hidup.Terutama adalah tumbuh-tumbuhan, di kehidupan tumbuhan memang memberikan banyak manfaat bagi manusia, tetapi tanpa kalian sadari, terdapat beberapa tumbuhan yang bisa merugikan untuk manusia. Karena di dalam tumbuhan ini mengandung zat yang dapat menyebabkan keracunan hingga menyebabkan kematian pada manusia.

Ada baiknya kalian mengetahuinya, tumbuhan apa saja yang dapat membahayakan manusia dan memiliki kandundungan racun yang mematikan. Agar kalian bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Serta bisa lebih waspada dengan tumbuhan ini. Apa saja tumbuhan beracun yang mematikan itu?
Berikut daftar 14 tumbuhan beracun paling mematikan:

1. Ketela Karet

Singkong memang mengandung racun, namun kadarnya berbeda, tergantung varitasnya. Singkong pahit atau lebih dikenal dengan singkong karet memiliki kadar racun yang lebih tinggi dibanding singkong manis. Racun biasanya berada di daun dan umbi singkong.
Racun ini diketahui dapat menghasilkan senyawa sianida. Sianida sudah dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dan sulit terdeteksi. Ia tak berasa, tak berbau dan tak berwarna.

2. Yew Berry

Yew Berries merupakan tanaman di dunia ini dapat membunuh manusia, jika dikonsumsi dengan dosis 50 gram. Efek yang ditimbulkan dari racun Yew Berry, dapat menyebabkan gagal ginjal. Sehingga berujung pada kematian tanpa ditandai ciri – ciri lainnya.

Baca Juga :  Akar : Pengertian, Bagian - Bagian, Fungsi, Sifat dan Jenisnya Lengkap

3. Kecubung

Kecubung yang ada di Indonesia adalah jenis datura metel masih satu keluarga dengan bunga lonceng. Kecubung mengandung beberapa senyawa kimia yang berkhasiat menyembuhkan. Kandungan yang ada di kecubung sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tetapi kecubung juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen, terutama pada bagian bijinya.

4. Daun Bahagia (Dieffenbachia)

Racun yang ada di dalam getah tanaman ini dapat menyebabkan gatal – gatal dan kejang. Selain itu jika terkena kerongkongan bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan kematian. Karena kandungan kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut Rafida dan bentuknyayang seperti jarum.

5. Rhubarb

Rhubarb adalah sejenis pohon keladi atau talas. Pada tanaman Rhubarb yang hanya dapat dimanfaatkan adalah batangnya saja, karena daunnya memang beracun. Daun Rhubarb mengandung senyawa asam oksalat atau C2H2O4 yang menyebabkan penyakit ginjal.

6. Tanaman Jarak

Daun dan getah tanaman jarak memang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi tidak pernah disangka biji jarak adalah pembunuh yang mematikan. Memakan dua buah biji jarak sudah cukup membunuh seseorang. Racun di tanaman jarak yaitu Ricin. Ricin adalah suatu senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji tanaman jarak. Jika sampai Ricin terhirup atau tertelan, dapat membunuh seseorang hanya dalam waktu 36 – 48 jam.

7. Pohon Upas

Serombongan pengembara berteduh di bawah pohon upas di sebuah lapang, 1 menit kemudian mereka meninggal. Ternyata penyebabnya adalah getah dari pohon upas yang mereka jadikan sandaran. Getah dari pohon upas ini sangat mematikan sehingga pernah dipakai pejuang perang melawan VOC.

8. Naga Bhut Jolokia

Tumbuhan cabai satu ini mempunyai banyak sekali nama lain, mulai dari Ghost Pepper, Ghost Chili Pepper, Red Naga Chili, dan Ghost Chili. Cabai dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan warna orange kemerahan ini merupakan tanaman hibrida interpesifik. Tanaman ini banyak dibudidayakan dibeberapa daerah di India yakni, Assam, Nagaland dan Manipur.

Baca Juga :  6 Fungsi Daun Pada Tumbuhan Beserta Penjelasannya Terlengkap

9. Pohon Bintaro

Sekarang ini pohon bintaro banyak ditanam sebagai pohon penghijaua, dimana pohon ini berguna untuk penyerap karbondioksida (CO2). Tanaman ini mengandung racun cerberin. Cerberin dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia. Sehingga mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian.

10. Saga Rambat

Saga Rambat atau Saga telik merupakan tumbuhan obat anti sariawan yang populer. Biji tumbuhan ini memiliki warna merah dengan warna hitam pada bagian yang runcing. Biji tanaman ini beracun dan hampir sama dengan racun yang ada di jarak pohon (ricin). Tumbuhan ini memiliki tingkatan racun 75 kali yang lebih keras dari racun ricin yang ada pada biji jarak.

11. Kacang Racun

Kacang racun adalah pohon yang berasal dari India dan Asia Tenggara. Benih kecil di dalam pohon hijau berupa buah jeruk ini sangat beracun dipenuhi dengan alkoid beracun srignight serta brusin. 30 miligram racun ini cukup fatal untuk orang dewasa, serta dapat mengakibatkan kematian yang dimulai dengan kejang hebat. Tanaman ini menyerang stimultan ganglia sensoris tulang belakang.

12. Gympie – Gympie

Orang luar negeri menyebut gympie – gympie sebagai tanaman penyengat. Karena saat kulit tersentuh daun gympie – gympie sedikit saja, rasanya seperti tersengat rasa panas yang luar bisa dan tidak akan pernah hilang, hingga berbulan – bulan. Tanaman ini diketahui pernah membunuh hewan dan manusia, karena mengandung racun moreidin.

13. Kembang Terompet

Kembang terompet merupakan tanaman berbunga yang asli berada di daerah tropis Amerika Selatan. Namun, dapat ditemukan di semua dunia termasuk Indonesia. Kembang terompet, nama ini datang dari bunga berupa terompet terjuntai tertutup bulu halus yang menggantung dari pohon. Seluruh sisi dari tanaman ini memiliki kandungan racun. Tanaman kembang terompet biasanya diolah menjadi teh, serta dicerna sebagai obat halusinogen.

Baca Juga :  Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

14. Oleander

Oleander juga disebut dengan kembang jepun, ini adalah salah satu tanaman hias yang indah dengan warna pink yang cantik. Bunga ini sering digunakan untuk desain landscape yang indah. Namun, semua bagian dari tanaman ini sangat beracun. Racun yang ada di kembang jepun dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti muntah – muntah, diare hingga kerusakan sistem saraf.

Itulah ulasan tentang 14 Tumbuhan Beracun Paling mematikan yang seharusnya kalian ketahui. Semoga ulasan dari artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan baru tentang tanaman.

Baca juga:

/* */