13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Ciri dan Contohnya lengkap

5 (100%) 1 vote

Tumbuhan Hampir Punah Beserta Gambar dan Contohnya

Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Gambarnya – Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati. Tanaman yang terdapat di Indonesia terus berkembang dan selalu mempunyai cara perkembangbiakan tumbuhan yang berbeda-beda. Namun tanaman yang di nilai mempunyai karakteristik menarik dan apik ini banyak yang mengincar. Tujuannya untuk di perjualbelikan di pasar bebas serta gelap.

Bunga Bangkai

Sayang sekali, jika nanti kita hanya dapat menceritakan kepada anak cucu kita tentang tanaman X yang mempunyai keindahan warnanya. Sudah sepantasnya sumber kekayaan dan keanekaragaman hayati ini kita jaga. Dengan cara tidak ikut merusak, bahkan memusnahkan habitatnya. Oleh karena itu, penting untuk kita dalam menjaga dan melestarikan tanaman yang terdapat di sekitar kita. Inilah daftar ke 13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Gambarnya:

1. Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi)

Bunga ini dijuluki dengan bunga raksasa, sebab bentuknya yang sangat besar dengan menguncup hingga 4meter.

Ciri-ciri bunga bangkai antara lain:

• Ketika mekar warna kelopaknya luar terlihat putih krem
• Mahkota kembangnya warna merah merekah tua bersemburat keunguan
• Lamanya mekar selama 7 hari hingga mati sendiri
• Kemudian tanaman ini kembali tumbuh & mengalami masa berulang lagi
• Baunya sangat busuk sampai menyerupai bau bangkai

Baca Juga :  Cara Mencangkok Tanaman yang Benar dan Cepat Tumbuh

Bunga ini habitatnya asli dari hutan Sumatra, Indonesia.

2. Pohon Damar

Pohon damar mempunyai batang yang kuat, tinggi,serta menjulang mencapai 60 meter. Habitat aslinya didaerah Jawa, beberapa masih terjaga demi kelestariannya agar tidak segera punah. Di sejumlah tempat sudah lain penyebutannya misalnya seperti Kisi di daerah Buru, salo di daerah Ternate, dayungon di daerah Samar, serta ki damar di daerah Sunda Jawa Barat.

Tujuan orang menebang pohon ini untuk di ambil kayunya kuat dan panjang. Antara lain untuk membangun rumah maupun alat alat furniture. Ada juga yang memanfaatkan demi di ambil getahnya. Sebab, getah pohon inidapat dipakai untuk membuat kopal/ bahan dasar biasa untuk cairan pelapis kertas, lak dan venis. Maka kertas yang telah di lapisi zat ini cenderung lebih kuat serta kualitasnya lebih bagus.

3. Bunga Kantong Semar

Bunga kantong semar ini memiliki kebiasaan memakan serangga ataupun hewan kecil. Caranya ialah dengan membuka kantungnya, lalu membiarkan sejumlah serangga masuk dalam kantung tersebut. Sesudah ada serangga yang masuk, lalu ia akan terjebak. Maka kantung semar pintunya akan menutup sendiri. Lalu ia akan menjalankan proses pencernaan serangga yang berhasil ia tangkap tadi.

4. Pohon Ulin

Pohon ulin terkenal sebagai pohon bulian, yakni salah satu tanaman khas Kalimantan. Pohon ini sering dikenal sebagai kayu besi karena kekuatan kayunya kuat dan tangguh. Dengan ketinggian mencapai 36m dengan diameter 95cm sangat cocok dimanfaatkan menjadi bahan bangunan.

Namun sayangnya, perkembangbiakan pohon ini sangat susah, karena harus di sesuaikan dengan vegetasi dan iklim serta cuaca. Sehingga hanya tumbuh di sejumlah hutan di Kalimantan dan Sumatra.

5. Pohon Cendana

Cendana ialah salah satu pohon yang sering dipakai masyarakat Indonesia sehari-hari. Nama ini dulunya sangat terkenal, sebagai nama dari keluarga mantan presiden Soeharto. Baunya yang khas, wangi, dan juga menarik hati. Banyak orang menggunakan pohon/ kayunya untuk kebutuhan dupa, parfum, hingga aroma terapi.
Secara psikologis, bau pohon cendana ini memiliki efek menangkan.

Baca Juga :  11 Tumbuhan Yang Bermanfaat Bagi Manusia Terlengkap

Konon, wanginya bertahan sampai ratusan tahun. Sayang, pohon cendana susah dikembangbiakkan. Ini di sebabkan kecambah pohon cendana berbentuk parasite,sehingga ia tidak dapat tumbuh sendiri. Hidupnya selalu menumpang pada tanaman lainnya.

6. Bunga Anggrek Tebu

Spesies ini menjadi salah satu jenis anggrek dengan kategori bunga besar. Satu rumpun anggrek ini beratnya mencapai 1 ton lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Sehingga anggrek ini termasuk jenis tanaman raksasa. Warnanya kekuning-kuningan dengan kombinasi bintik aksen polkadot cokelat, merah, serta merah tua semu kehitaman. Spesies ini juga berstatus diambang kepunahan.

7. Tengkawang

Tengkawang adalah salah satu tanaman khas di daerah Kalimantan. Pohon tengkawang mempunyai ±12 jenis yang berbeda. Yang paling terkenal ialah sebagai bahan dasar pembuatan minyak. Selain sebagai minyak, bijinya memiliki nilai gizi tinggi. Beberapa manfaatnya dipakai untuk penyedap masakan, bahan obat tradisional sampai sebagai bahan dari pembuatan alat kosmetika, lalu pembuatan lilin, sabun serta bahan dasar lainnya.

8. Daun Payung

Daun ini bentuknya mirip dengan payung. Daun payung disebut juga sebagai daun sang. Tanaman ini tumbuh di daerah Sumatra. Nama lainnya daun Salo, nama ilmiah Johannestiksmania altifrons. Pemberian nama sesuai siapa penemunya, yaitu Professor Teijsman. Daun payung dulu sebagai pelindung/ atap rumah manusia.

9. Bunga Edelweiss Jawa

Bunga edelweiss sebagai simbol dari kesetiaan sebab tak layu ketika di petik dari tangkainya. Bagi masyarakat jawa di kenal sebagai bunga senduro. Bunga ini bisa tumbuh pertama kali sesudah erupsi pada gunung berapi. Beberapa gunung lain yang bisa kalian temui ada di Tegal Alun seperti Gunung Papandayan, lalu alun alun surya kencana Gunung Gede, dll.

10. Tanaman Balam Suntai

Tanaman ini menjadi salah satu tanaman kelas tinggi yakni segi keawetannya masuk ke dalam kelas nomer IV serta kekuatannya masuk kelas nomer II. Maka jangan salah jika banyak orang memang mencari tanaman ini untuk salah satu kayunya.

Baca Juga :  Ragam Tumbuhan Langka di Indonesia dan Di Dunia Terlengkap

11. Tanaman Bayur

Sama seperti pada tanaman balam suntai, pohon bayur sebagai salah satu pohon langka. Sebab banyak yang berusaha untuk mengambil manfaat dari tanaman ini. Terkadang dipakai sebagai bahan rekonstruksi dari bahan bangunan.

12. Pohon Durian

Tanaman ini merupakan satu satunya yang mampu bertahan di daerah beriklim tropis. Keanekaragaman pohon durian ini paling kaya di daerah Kalimantan. Verietasnya lebih banyak serta lebih kaya. Bahkan beberapa daerah di Kalimantan mempunyai plasma nutfah durian ini. Misalnya Mindanao, Sumatra, dan Semenanjung Malaya.

13. Pohon Enau

Pohon ini masuk kategori genus palma terpenting setelah kelapa. Tingginya mencapai 25m dengan diameter 65 cm. Tanaman enau ini mempunyai banyak kegunaan. Misalnya ijuk sebagai pelindung bagian atas pohon untuk sapu. Padahal ijuk merupakan alat yang dipakai untuk beradaptasi, dengan cara melindungi pada bagian batangnya.
Bagaimana? Sudah jelaskan beberapa habitat kita yang mengalami kepunahan. Maka selayaknya kita sebagai manusia harus menjaga keindahan dari sang penciptanya agar kelak anak cucu kita bisa ikut menikmati keindahan habitat ini.

Demikian pembahasan tentang 13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Gambarnya. Selamat membaca.

Baca juga:

/* */