13 Fungsi Penting Lemak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

5 (100%) 1 vote

Fungsi Penting Lemak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

13 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia – Lemak di dalam tubuh seringkali dianggap mengganggu penampilan ataupun kesehatan. Padahal fungsi lemak untuk tubuh sangat banyak. Lemak merupakan salah satu bagian nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh, sebagaimana protein serta karbohidrat.

Tubuh memerlukan lemak yang tidak dapat dihasilkan sendiri, seperti asam lemak omega-3. Keberadaan lemak di dalam porsi makanan kamu sangat penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan sehat. 13 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusiaakan dibahas pada ulasan dibawah ini.

Jenis Lemak

  1. Lemak jenuh. Antara lain: mentega, minyak kelapa, susu, kapas, dan minyak kelapa sawit.
  2. Lemak tidak jenuh. Antara lain: minyak zaitun, minyak canola, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, alpukat, minyak kacang, minyak jagung dan hampir semua jenis kacang–kacangan terkandung minyak jenuh.
  3. Lemak trans. Ini hampir mirip lemak jenuh, minyak ini dapat meningkatkan kolestrol dalam tubuh.
    Dalam tubuh manusia yang dibutuhkan ialah lemak tidak jenuh, sebab lemak jenuh dan emak trans akan menghasilkan zat–zat yang bisa menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh.
Baca Juga :  Gangguan Penglihatan Anak : Pengertian, Tanda - Tanda, Penyebab dan Cara Mengobatinya Lengkap

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi lemak bagi tubuh manusia:

1. Menambah energi

Ternyata lemak merupakan kompenen utama dalam meningkatkan energi. Selain karbohidrat, lemak juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan dalam proses penambahan energi. Lemak pada tubuh berfungsi sebagai cadangan makanan, sehingga ia menyimpan sejumlah energi yang nantinya akan dibutuhkan bagi tubuh.

2. Membentuk sel

Lemak tentu berfungsi sebagai pensuplay energi, tetapi selain itu lemak membantu pula protein dalam membentuk sel–sel yang dibutuhkan dalam tubuh.

3. Memperlancar buang air besar (BAB)

Kandungan lemak tidak jenuh dapat membantu memperlancar dalam proses pembuangan zat–zat sisa makanan lewat usus. Ibaratnya, sebuah pipa bila diberikan minyak untuk pipa tersebut, maka otomatis barang-barang yang di lewatkan dari pipa akan lebih mudah meluncur.

4. Menjaga organ tubuh.

Lemak dalam tubuh kita harus ±45%, sehingga dapat melindungi organ tubuh dalam proses perlindungan seperti melindungi kulit dari sinar Uv. Jika tubuh kekurangan lemak, tentu ini sangat berbahaya, diantaranya bahaya kekurangan lemak:

a. Penyakit jantung.

Penyakit yang timbul akibat kurangnya lemak baik/ bisa disebut penyakit ini dikarenakan kekurangan HDL. Lemak tidak mampu berfungsi dengan maksimal, karena zat yang dibutuhkan tidak mencukupi. Sehingga mengakibatkan sebagaian dari sel jantung menjadi mati.

b. Stroke.

Disebabkan karena ketidakmampuan pembuluh darah mengalirkan darah yang terkandung oksigen ke otak, sehingga otak tidak dapat merespon dengan baik dari apa yang diperintahkan dari luar.

c. Leukimia.

Lemak yang cukup, akan membantu sel darah merah serta sel darah putih bisa bekerja secara normal. Sehingga berfungsi membantu keseimbangan sel darah.

d. Kanker payudara.

Disebabkan karena hormon yang tidak bisa seimbang di dalam reproduksinya, keseimbangan hormon ini di bantu lemak tubuh yang sehat.

Baca Juga :  3 Proses Penting Pembentukan Urine dalam Tubuh Manusia

e. Mudah kelelahan.

Selain menjadi penyeimbang tubuh, lemak juga mempunyai fungsi sebagai penyimpan sumber makanan, dan lemak menghasilkan energi.

5. Penghemat protein

Lemak juga dapat membantu tubuh dalam menyaring apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa adanya lemak tubuh maka protein-protein akan terbuang untuk hal yang tidak penting. Jadi, peran lemak disini membantu menghentikan protein atau akan menjaga protein supaya protein hanya digunakan untuk hal-hal yang dibutuhkan saja.

Sehingga, hal ini pula akan mempengaruhi kerja otak, bila protein bisa di jaga dengan maksimal, maka keadaan otak pun akan menjadi lebih baik, selain itu juga dengan adanya protein yang cukup untuk otak maka akan lebih mudah juga di gunakan dalam berfikir serta mencerna segala apa yang ada di luar sana.

6. Untuk mengangkut vitamin

Lemak berfungsi pula untuk mengangkut vitamin–vitamin yang larut lemak ke seluruh tubuh. Seperti misalnya vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K atau juga biasa disebut dengan ( A D E K )

7. Melindungi organ vital

Lemak di gunakan bagi tubuh untuk melindungi organ vital misalnya seperti lambung dan jantung, atau juga lemak dipercaya bisa memberi pelumas pada organ vital tersebut, sehingga dapat mempermudah gerak organ-organ vital tersebut.

8. Menambah daya pikir otak

Minyak yang terkandung omega dapat membantu proses pertumbuhan anak sehingga daya pikir otak anak akan lebih berkembang.

9. Memberi rasa lezat

10. Alzeimer akan tertangkal

Pada dasarnya, usia yang bertambah dapat menyebabkan Alzheimer dalam tubuh akan mudah muncul, sehingga kesehatan dalam tubuh juga akan menjadi terganggu.

11. Memperkuat jantung
12. Membantu menjaga dalam hormon seks
13. Merawat kulit, baik untuk kulit wajah maupun kulit yang lainnya

Sesudah mengetahui manfaat lemak, bahaya lemak tidak ada dalam tubuh, serta jenis jenis lemak. Sekarang kita juga perlu mengerti apa saja sih makanan alami yang banyak mengandung lemak sehingga dibutuhkan bagi tubuh manusia.

Baca Juga :  Sistem Pernapasan Manusia (Urutan dan Gambarnya) Lengkap

Makanan yang Mengandung Lemak

Lemak tidak jenuh dibagi menjadi dua jenis, yakni lemak nabati dan juga lemak hewani, adapun makanan yang terkandung keduanya adalah dari:

a. Nabati

  • Buah alpukat
  • Kacang kenari
  • Kacang kedelai
  • Kacang macadamia
  • Tumbuhan laut
  • mentega shea
  • minyak salvia
  • biji anggur
  • camalina oil
  • minyak kelapa

b. Hewani

  • Minyak ikan laut
  • Daging
  • Minyak ikan
  • Telur
  • Susu

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai 13 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia. Jadi, jangan menganggap sepele lemak dalam tubuh, sebab tubuh kita memang membutuhkan banyak lemak. Selain itu, kita pun harus memperhatikan dalam mengkonsumsi lemak, jangan asal-asalan dalam mengonsumsinya. Akan tetapi, konsumsilah yang banyak mengandung lemak tidak jenuh.

Baca juga:

/* */