13 Fungsi Otak Kanan Manusia – Pengertian, Dampak Kerusakan dan Cara Mengembangkan Otak Kanan

5 (100%) 1 vote[s]

13 Fungsi Otak Kanan Pada Manusia Terlengkap

13 fungsi otak kanan pada manusia – otak adalah bagian organ penting dalam tubuh manusia. Bila tanpa adanya otak, maka manusia tak akan mempunyai fungsi apa saja dan tak dapat melaksanakan kegiatan apapun. Otak menurut bahasa inggris ialah brain. Menurut ilmiahnya, otak menjadi pusat dari sistem saraf vertebrata dab pada sejumlah invertebrate yang lain. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai 13 fungsi otak kanan pada manusia.

13 Fungsi Otak Kanan Manusia - Pengertian, Dampak Kerusakan dan Cara Mengembangkan Otak Kanan

Pengertian Otak

Otak manusia merupakan pusat struktur terhadap pengaturan yang mempunyai jumlah kurang lebih 1.350cc dan terdiri pula atas 100 juta sel saraf (neutron). Pad abagian otak manusia ini yang bekerja serta mengkoordinir sebagian besar tingkah laku, gerakan, serta fungsi tubuh manusia misalnya mengatur detak jantung, mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan cairan yang terdapat dalam tubuh pula.

Otak dan sejumlah bagian neuron dipercaya dapat mempengaruhi psikologi secara kognitif manusia yang tak hanya itu saja otak pun mempunyai tanggung jawab dari fungsi pengenalan ingatan, emosi, pembelajaran motoric serta beragam pembelajaran lain.

Kita tau bahwa otak manusia dibedakan jadi dua jenis yakni otak kanan serta otak kiri. Kedua otak tersebut mempunyai fungsi berbeda beda dan dapat mengatur kelangsugan dari kehidupan manusia di setiap harinya. Banyak peneliti yang menjalankan penelitian tentang kedua sisi dari otak yang berbeda berfungsi untuk perilaku yang berbeda juga. Pada waktu itu kita akan membahas mengenai sisi dari otak di sebelah kanan manusia.

Baca Juga :  Sendi Putar : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainan Lengkap

Nah, apa yang akan terjadi nanti bila otak bagian kanan manusia terjadi gangguan maupun kerusakan permanen. Apakah hal ini mempunyai dampak paling besar pula dengan tubuh manusia. Bila otak kanan terjadi kerusakan permanen oleh anggota tubuh mana pun yang akan berhentu fungsinya serta kita perlu selalu mempunyai cara untuk memelihara kesehatan dari kerangka tubuh.

13 Fungsi Otak Kanan Pada Manusia

Berikut ini merupakan sejumlah fungsi dari otak kanan, diantaranya :

  1. Otak kanan akan terjadi fokus eksternal dengan lebih besar
  2. Otak kanan nyatanya akan lebih tertarik akan informasi yang mengejutkan
  3. Otak kanan melihat seluruh hal yang mempunyai kesamaan
  4. Otak di sisi bagian kanan akan senang mengekspresikan emosi dengan bebas
  5. Otak kanan akan berpikir dengan menyeluruh sekaligus
  6. Otak kanan nyatanya lebih suka dengan sintesisi melalui lewat penggabungan
  7. Pola pemikiran dari otak kanan ini berawal dengan menyeluruh
  8. Pemikiran dari otak kanan ini berwujud gambar
  9. Penalaran dalam otak kanan dominan mengandalkan emosi dan juga rasa
  10. Otak kanan selalu mengutamakan imajinasi
  11. Cara pemikirannya otak kanan secara acak, tak teratur, holistic dan intuitif
  12. Otak kanan dominan memakai kreatifitas saat memecahkan sebuah masalah
  13. Otak kanan bisa mengontrol tubuh di bagian kanan

Akibat Rusaknya Otak Kanan Manusia

Fungsi tubuh yang fungsinya berhenti bila otak kanan terjadi kerusakan permanen, antara lain :

  • Mengalami kelumpuhan di bagian saraf sensorik sebelah bagian kiri
  • Mengalami kelumpuhan pergerakan di bagian tubuh kiri
  • Manusia akan terjadi gangguan penglihatan yang bisa mengganggu di bagian bagian mata
  • Mulai kurangnya tingkat kesadaran dari anggota tubuh yang lainnya serta hal ini akan terus terjadi penurunan
  • Manusia tak dapat lagi kenal dengan anggota tubuhnya
  • Manusia akan kehilangan kemampuannya ketika mengenali konsep dari ruangan. Misalnya seperti arah serta anggapan, selain tersebut pun menjadi lebih susah dalam membaca peta.
  • Manusia ini akan terjadi kehilangan ingatannya
  • Mengalami perubahan di tingkah lakunya, misalnya seperti depresi tak dapat memahami situasi, sampai menjalanlan tindakan yang tak seharusnya dijalankan.
  • Mereka akan menjadi sulit dalam menemukan sebuah benda yang dipakai dalam seharinya misalnya seperti perlengkapan mandi maupun pakaian
Baca Juga :  Macam Macam Enzim Pada Pencernaan Manusia Terlengkap

Cara Kreatif Dalam Mengembangkan Fungsi Otak Kanan

Otak kanan yang melakukan tugas guna memikirkan semuanya diluar aturan baku serta sistematis, adakalanya pula mampu memunculkan daya dari kreatifitas manusia, apalagi dapat menjadi sebuah inovasi yang luar biasa. Dan bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara mengembangkan fungsi otak kanan, diantaranya berikut :

1. Membiasakan mencari alternative

Kebiasaan otak kiri dalam berfikir ialah jarang mencari solusi. Mereka hanya memusatkan pikiran yang sudah ada. Nah, disinilah kalian bisa mengembangkan otak kanan dengan cara mencari jalan lain dalam menyelesaikan masalah. Perlahan kreativitas pada otak kanan akan muncul.

2. Menentang kebiaan

Menentang kebiasaan tak berarti dengan frontal yaitu mengubah dari apa yang telah terjadi sesuai keinginan kita. Maksud mengubah kebiasaan ialah mencoba keluar terhadap pola orang dulu menuju jalan lebih baik melalui perkembangan disekitar. Disinilah otak kanan menjadi lebih terpacu dari seiring perkembangan.

3. Bermain asah otak

Ada sejumlah permainan yang bisa membantu fungsi otak kanan. Misalnya dengan memainkan rubik. Lagi lagi disini kita ditekankan untuk mencari pemecahan masalah yang datang.

4. Selalu mengkaitkan setiap ide

Tak jarang sebuah ide ini muncul dari otak kanan. Ide ini muncul secara terus menerus yang berhubungan dengan ide pertama. Sehingga kita menjadi lihai dalam mencari alternative solusi.

5. Berfikir adanya pilihan ganda

Kita selalu mempunyai fikiran bahwa tes ujian nasional pilihannya ganda, akan tetapi dalam kehidupan pasti menawarkan jawaban dengan lebih satu. Dan inilahh yang perlu kita sugesti di dalam otak kita.

Demikianlah penjelasan tentang 13 fungsi otak kanan pada manusia. Jadi, otak kanan ini melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan emosi, intuisi dan yang tak kalah penting ialah kreativitas. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga :  Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Baca juga: