13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

5 (100%) 1 vote

13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

Ciri ciri lingkungan sehat dan tidak sehat – lingkungan adalah salah satu faktor penting untuk kesehatan manusia. Dibutuhkan usaha bersama-sama guna menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat akan menciptakan kesehatan, ketenangan serta kenyamanan agar tak memberikan dampak pencemaran udara.

Lingkungan yang tak sehat sangat tidak baik untuk tumbuh kembang anak yang ada di dalam lingkungan tersebut. Lingkungan yang tak sehat menyebabkan warga yang tinggal juga merasa tidak nyaman. Berikut ini ciri ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.

A. Lingkungan Sehat

Lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan anak serta berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya anak. Dibutuhkan usaha dan upaya supaya bisa menciptakan lingkungan yang sehat.

Ciri-ciri lingkungan sehat guna kesehatan dan tumbuh kembangnya anak-anak:

  1. Udara – Lingkungan sehat dapat dirasakan dari udaranya. Udara yang bersih tidak akan menghambat saluran pernafasan, namun sebaliknya udara bersih, segar dan sejuk dapat melegakan pernafasan.
  2. Pembuangan Sampah – Dengan adanya tempat dari pembuangan sampah maka lingkungan akan bersih, jika lingkungan bersih akan terhindar dari berbagai macam penyakit serta pencemaran tanah.
  3. Tersedianya Pengelolaan Sampah – Lingkungan yang sehat perlu dilengkapi dengan pengelolaan sampah. Misalnya saja ialah pengelolaan sampah organik dan anorganik.
  4. Adanya Pengelompokan Sampah – Untuk menciptakan lingkungan bersih terutama anak-anak adalah dengan memilah-milah sampah menurut sifatnya yakni dapat diuraikan ataupun tidak dapat diuraikan.
  5. Saluran Air – Saluran air yang lancar serta tidak terjadi penyumbatan akan membuat orang yang berada di lingkungan tersebut gampang untuk melakukan MCK sehingga kesehatan juga bisa dijaga.
  6. Terlengkapinya Sarana Kakus Baik – Biaya mahal untuk pembuatan sarana kakus ini membuat masyarakat lebih memilih untuk BAB di sungai yang tanpa biaya. Jika dilakukan terus menerus maka bisa menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.
  7. Banyaknya Tumbuhan Hijau – Tumbuhan yang hijau juga menciptakan udara yang bersih. Udara yang bersih adalah salah satu ciri dari lingkungan bersih dan juga sehat.
  8. Pengelolaan Limbah Baik – Lingkungan yang bersih juga diperlukan saluran limbah serta pengelolaan limbah yang baik dalam setiap rumah, tujuannya untuk bisa menciptakan sebuah lingkungan yang sehat dan juga bersih.
Baca Juga :  Mengenal Pertanian Modern Di Indonesia Terbaru

B. Lingkungan Tidak Sehat

Cepat ataupun lambat kesehatan seseorang terganggu dengan keadaan lingkungan yang tak sehat

Ciri lingkungan tak sehat :

  1. Kualitas Udara Buruk – Kualitas udara yang buruk ditandai dengan udara sekitar lingkungan yang berwarna putih ataupun hitam akibat dari pencemaran udara. Tak hanya itu saja, kualitas udara buruk juga ditandai dengan udara yang berbau.
    Lingkungan di pinggir jalan serta dekat kawasan industri biasanya mempunyai kualitas udara yang buruk sebab dampak tercemar. Pengaruhnya orang yang berada di lingkungan itu memiliki gangguan pernafasan.
  2. Tidak Mempunyai Tempat Sampah – Ciri lingkungan lainnya adalah tidak mempunyai tempat sampah sehingga membuat sampah besrerakan dan menjadi sarang penyakit.
  3. Tidak Ada Tempat Akhir dari Pembuangan Sampah – Ciri lingkungan yang tidak sehat ketiga adalah di lingkungan tersebut tak ada tempat akhir pembuangan dari sampah sehingga banyaknya masyarakat yang bingung untuk membuang sampah yang sedang menggunung dan tersebar kemana-mana.
    Akibatnya sampah jika dibiarkan tertumpuk di bak sampah dengan berhari – hari bahkan juga berminggu-minggu. Sampah yang telah menumpuk menyebabkan lingkungan jadi tidak sehat karena lalat dan berbagai macam hewan lainnya pembawa penyakit akan ada di sana. Bau sampah yang menumpuk pun membuat penghuni rumah jadi tidak nyaman.
  4. Tidak Ada Pengelolaan pada Limbah Sampah – Tempat akhir pembuangan sampah sendiri tidaklah cukup, harus dilengkapi juga tempat pengelolaan limbah sampah sehingga bisa di daur ulang jadi barang yang berguna.
    Jika tempat pengelolaan pada limbah sampah tak ada akibatnya ialah sampah pun akan menggunung pada tempat pembuangan akhir sampah. Sampah yang menggunung akan bisa menciptakan bau, lalu penyakit dan juga membuat di lingkungan menjadi tidak sehat.
  5. Tidak Tersedianya Saluran Air – Ciri lingkungan yang tak sehat selanjutnya ialah setiap rumah tak memiliki saluran air yang tak lancar sehingga sarana untuk MCK juga tidak ada. Hal tersebut dapat menyebabkan lingkungan tak sehat karena orang yang tak memiliki saluran air tersebut melakukan kegiatan MCK di sungai yang terdapat di lingkungan tersebut. Sungai yang kotor pun bisa menyebabkan dari pencemaran lingkungan, sehingga saluran air yang lancar serta bersih menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan sebuah lingkungan yang bersih serta sehat.
Baca Juga :  6 Dampak Pencemaran Udara Terhadap Lingkungan dan Pencegahannya Lengkap

C. Menciptakan Lingkungan Sehat

Lingkungan yang sehat tak bisa muncul dan ada dengan tiba-tiba, namun lingkungan yang sehat ini harus diciptakan dengan bersama – sama. Diperlukan usaha keras dan juga ketelatenan untuk dapat menciptakan lingkungan yang bersih serta sehat.

Berikut ini ialah cara menciptakan lingkungan yang sehat yang bisa kita laksanakan bersama – sama :

  • Membuang sampah di tempatnya
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mendirikan tempat untuk pembuangan akhir sampah
  • Mendaur ulang sampah
  • Membuat saluran air dan sarana MCK
  • Saluran limbah
  • Menanam tumbuhan hijau

Nah, begitu penting sekali bukan lingkungan yang sehat ini bagi kehidupan kita sehari – hari. Bagi kalian yang masih menjalankan ciri dari lingkungan yang tidak sehat segeralah mengubah dengan menciptakan lingkungan yang sehat agar terhidar dari berbagai penyakit. Demikian pembahasan mengenai Ciri ciri lingkungan sehat dan tidak sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */