12 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh Beserta Gambarnya Lengkap

Rate this post

12 Rekomondasi Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Mengenal Tanaman pengusir nyamuk – nyamuk merupakan musuh manusia, jika menggigit di gulit maka menjadi gatal, bentol dan memerah. Nyamuk juga dapat memicu berbagai penyakit, misalnya Demam berdarah dangue (DBD) dan malaria. Seringkali manusia mengusir nyamuk menggunakan obat berbahan kimia yang akan berdampak buruk untuk kesehatan. Berikut ini kita akan mengenal tanaman pengusir nyamuk yang dapat membantu dirumah kalian. Daftar tanaman-tanaman pengusir nyamuk, antara lain :

Mengenal Tanaman Pengusir Nyamuk

1. Tanaman Lemongrass (Serai Wangi)

Serai biasanya dipakai untuk penyedap minuman dan makanan. Serai dapat tumbuh subur di segala iklim dan jenis tanah. Ternyata, serai ini ampuh dalam mengusir nyamuk. Untuk mengakali menggunakan tanaman ini dapat kalian tanam di bawah jendela disekeliling rumah kalian.

2. Tanaman Lemon Balm

Lemon bal mengandung sebuah senyawa sitronelal ampuh juga untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk pada daun lemon balm termasuk salah satu wangi-wangian musuh nyamuk. Namun, kalian harus hati-hati menanamnya sebab mempunyai sifat invatif/ pertumbuhan yang cepat. Jadi, untuk membuat pekarangan kalian bebas dari nyamuk dan beraroma segar maka lemon balm menjadi salah satu pilihannya.
Selain itu, tanaman ini pun cocok dipakai sebagai penyedap rasa. Lemon balm bisa tumbuh sampai setinggi 80-100cm. Kamu tidak perlu butuh waktu lama guna menikmati manfaatnya.

Baca Juga :  12 Tumbuhan Obat Terkenal di Indonesia dan Khasiatnya "Lengkap dengan Gambar"

3. Tanaman Catnip/ Nepeta Cataria

Di dalam tanaman catnip mengandung minyak esensial sebagai nepetalactone yang ampuh guna mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi dengan cepat, jadi menanamnya dipekarangan lebih luas saja.

4. Tanaman Bawang putih

Bawah putih sudah terkenal untuk pengusir nyamuk. Supaya aromanya dapat menyengat, kalian bisa menambahkan minyak esensial dari lavender maupun lainnya yang sesuai dengan selerea kalian.

5. Tanaman Geranium

Tanaman ini diketahui menjadi jenis tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini terkenal dengan tapak dara dengan mengandung geraniol serta sitronelol. Kandungan itu sangat tidak disukai para nyamuk sebab baunya yang sangat harum dan menyengat.

6. Tanaman Lavender

Warna bunga lavender ungu serta mempunyai aroma sangat harum. Aromanya paling disukai manusia, namun tidak disukai oleh nyamuk. Sebab lavender mengandung zat lynalyl asetat dan linalool.

7. Tanaman Neem

Tanaman ini terkenal menjadi mimba/ intaran yang tidak hanya dapat mengusir nyamuk. Negara asalnya di india, dijuluk sebagai “apotek desa” yang bermanfaat untuk bahan makaanan serta obat tradisional. Tanaman ini cukup ditanaman dipekarangan/ halaman rumah kalian. Maka nyamuk tidak akan bisa mendekat.

Terkenal dengan pestisida alami, maka kalian bisa mengektrasikan daunnya guna dijadikan sebagai spray pengusir serangga juga, bahkan guna mngusir hama serrangga pada tanaman lainnya. Bisa menyesuaikan diri pada tanah yang tandus. Tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi 20 m. Cocok bagi kalian yang ingin tanaman rindang dan sekaligus untuk pengusir nyamuk.

8. Tanaman Bunga Rosemary

Di Indonesia mempunyai intensitas matahari lumayan tinggi, jadi hal ini membuat beragam jenis tanaman mudah layu. Namun, tidak terjadi dengan tanaman bunga rosemary. Tanaman ini mempunyai ketahanan tinggi dari sinar matahari. Jadi selain cocok bila di tanam dipot untuk hiasan rumah, juga dapat membantu kalian dalam mengusir nyamuk.

Baca Juga :  Daun : Pengertian, Bagian-Bagian, Struktur dan Penjelasannya Lengkap

Rosemary mempunyai karateristik fisik yang tegak dan tinggi mencapai 80-100 cm ketika dewasa. Tanaman ini bisa menjadi tanaman pagar alami cantik dirumah kalian. Tanaman ini paling direkomondasikan menjadi perlindungan pertama pada serbuah nyamuk dalam rumah.

9. Tanaman Selasih

Selasih ialah tanaman yang terkenal akan khasiatnya menjadi obat tradisional serta pengusir nyamuk lewat aroma yang dihasilkannya. Sifat pada tanaman ini tahan pada sinar matahri sehingga coock bila ditanam diluar rumah. Bagi kalian yang ingin perlindungan total terhadap serangan nyamuk, maka baiknya kalian tanam didalam rumah. Kalian hanya menaburkan biji/ benih pada tanah di pot.

10. Tanaman Bunga Kristan

Bunga kristan ialah satu-satunya jenis tanaman hias yang disukai banyak orang. Bentuk dari bunga dan warnanya yang menariik membuat bisa tumbuh sampai 50cm dan tanaman ini sering digunakan untuk rangkaian buket bunga. Aroma yang dihasilkannya pun membuat kalian terkesan namun sebaliknya pada nyamuk membuatnya tidak berani untuk mendekat.

11. Tanaman Zodia

Zodiac merupakan tanaman endemic yang berasal dari daerah papua yang banyak sekali dibudidayakan sekarang ini. masyarakat papua biasa memakai aroma dari tanaman ini guna mengusir nyamuk. Kalian cukup meletakkannya dalam ruangan guna mendapatkan manfaatnya. Tetapi untuk hasil yang maksimal kalian juga boleh mengusapkan daunnya pada kulit kalian.

12. Tanaman Bunga Kamboja

Bunga kamboja ini kerap sekali dianggap menjadi bunga keramat sebab pohonnya yang sering ditemukan di area pemakaman. Walaupun begitu, tidak berarti bahwa bunga tersebut tidak dapat ditanam di area pekarangan rumah kalian. Ketika mekar secara sempurna, banyak orang yang akan berdecak kagum dari keindahan bunga kamboja ini.
Bunga kamboja ampuh juga untuk mengusir nyamuk, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian bisa mengekstrak dengan minyak bunganya. Minyak harus dan juga efek aromaterapi ini akan ampuh dlam mengusir nyamuk.

Baca Juga :  6 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Pengertiannya Terlengkap

Jadi, dengan mengenal tanaman pengusir nyamuk yang memang cocok memerlukan ketelitian sebab jenisnya ini sangat beragam. Kalian juga harus memikirkan dari faktor perawatannya serta ukuran dari tanamannya. Jadi, ketika kalian nanti menanam tidak akan kesulitan mengaturnya lagi.

Nah, bagaimana sekarang apa kalian sudah menemukan tanaman yang cocok guna diletakkan/ ditanam di area rumah kalian? Semoga dengan adanya artikel ini menjadi salah satu referensi kalian sehingga membantu kalian untuk mengusir nyamuk.

Baca juga:

/* */