12 Fungsi Insulin dalam Tubuh Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Fungsi Insulin dalam Tubuh Manusia

12 fungsi insulin dalam tubuh manusia – insulin merupakan jenis produk pada sistem endoktrin dalam tubuh yang sering dikenal sebagai hormone. Keberadaan insulin ini menjadi penting sebab berkaitan erat dengan keseimbangan dari glukosa darah. Sehingga, kelainan dari produksi insulin/ kekurangan hormone ini akan memunculkan berbagai dampak yang buruk bagi kesehatan.

Berikut ini adalah ulasan tentang 12 fungsi insulin dalam tubuh manusia, antara lain :

1. Meningkatkan Metabolisme Glukosa Dari Sel Otot

Otot membutuhkan energi berbentuk ATP selama kita beraktivitas. Energi ini berasal dari mekanisme pemecahan molekul glukosa. Pada saat inilah hormone insulin akan menstimulasi metabolisme glukosa dari otot supaya berjalan optimal.

2. Mengatur Keseimbangan Pada Glukosa Darah

Dalam melakukan fungsi mengatur keseimbangan kadar gula ini, hormone insulin akan berantagonis dengan hormone sistem ekskresi misalnya pancreas, yaitu hormone glucagon. Saat konsentrasi glukosa dalam darah lebih dari nilai normal, maka hormone insulin bisa menormalkan kembali. Begitu pula sebaliknya bila glukosa ada dibawah batas normal, maka glucagon akan menstabilkan kembali.

Baca Juga :  Mata : Bagian - Bagian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

3. Meningkatkan Penyimpanan Glukosa Dalam Hepar

Hormone insulin akan bekerja dengan meningkatkan aktivitas enzim glukonase, yaitu enzim yang bisa mempercepat dari penyerapan glukosa pada sirkulasi darah menuju dalam bagian-bagian sel. Kemudian, insulin akan meningkatkan sintesis glukogen lewat peningkatan aktivitas enzim.

4. Merangsang Peningkatan Penyerapan Pada Glukosa Plasma Terhadap Sel Tubuh

Mekanisme kerja hormone insulin ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Terkadang hal ini dialami sesudah aktivitas pencernaan karbohidrat pada tubuh selesai dan juga glukosa akan siap diedarkan lewat plasma darah.

5. Meningkatkan Pemakaian Glukosa Pada Sel Sel Hepar

Selain dapat meningkatkan penyerapan pada glukosa plasma, insulin dapat pula meningkatkan pemakaian glukosa dalam sel hepar sendiri. Caranya yakni dengan menginduksi enzim pemecah glikogen sehingga menjadi glukosa dalam hati.

6. Mendorong Terjadinya Lipogenesis

Pada saat energi yang dipakai dalam tubuh tidak sebanding dengan ketersediaan dari sumber energi (lebih sedikit), maka sisa metabolisme karbohidrat ini akan disimpan pula dalam tubuh berbentuk lemak. Mekasime penyusunan dari lemak inilah yang dikenal dengan lipogenesis.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam proses ini. diantaranya yaitu hormonal yang banyak dijalankan oleh hormone insulin. Hal ini dikarenakan insulin bekerja melewati sejumlah cara, yaitu :

  • Pertama, sebab sebagain besar dari lipgenesis dialami dalam sel sel hati, sehingga hormone insulin akan meningkatkan sebuah pengangkutan produk glukosa menuju dalam hati. Kemduian, glukosa ini akan dipecah jadi asetil ko-A yang menjadi bahan baku dari lipogenesis
  • Berikutnya, insulin ini akan bekerja caranya dengan mengaktifkan enzim lipogenik dan glukolitik yang dibutuhkan dalam proses lipogenesis.
  • Sesudah mengaktifkan enzim ini, maka insulin akan meningkatkan pula aktivasi kerja tirosin kinase serta fosforilasi tirosin.
  • Selain dari hal diatas, insulin ini dapat menyebabkan ekspresi serta meningkatkan kerja enzim glitkokinase. Dan untuk hasilnya, maka konsentrasi metabolit pada glukosa yang mempengaruhi pada ekspresi gen lipogenik pun akan meningkat.
Baca Juga :  Sistem Imunisasi : Pengertian, Fungsi, dan Jenis - Jenisnya Lengkap

7. Membantu Pengangkutan Pada Hasil Lipogenesis Dari Hati Menuju Dalam Sel Sel Adposit

Sesudah terbentuknya trigliserida, maka insulin berperan juga dalam membantu pengangkuta senyawa itu supaya dilepaskan dari sel-sel hati, lalu disimpan dalam sel-sel adiposity.

8. Menghambat Pelepasan Pada Asam Lemak Menuju Dalam Sirkulasi Darah

Supaya pemakaian glukosa diet menjadi sumber energi utama bisa diwujudkan, maka hormone insulin ini akan mencegah dari pemecahan trigliserida yang di simpan dalam sejumlah sel adiposity, yakni caranya dengan menghambat aktivitas enzim lipase sensitive hormone.

9. Berperan Dalam Mengangkut Asam Amino Menuju Dalam Sel

Tidak hanya mempunyai peran dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, ternyata hormone insulin ini dapat bertanggungjawab pada sejumlah metabolisme protein, antara lain yakni peran insulin pada pengangkutan sejumlah jenis asam amino menuju ke dalam sel-sel tubuh. Antara lain asam amino yang dimaksud tersebut ialah valin, isoleusin, leusin, venilalanin dan tirosin.

10. Bertugas Dalam Sintesis Protein

Selain mengangkut asam amino, hormone insulin juga dapat meningkatkan translasi mRNA terhadap organel translasi, yaitu ribosom. Dan di samping itu, insulin pun dapat meningkatkan transkripi DNA dalam inti sel sehingga menjadi RNA dengan jumlah RNA yang meningkat.

11. Menghambat Katabolisme Protein Pada Saat Tertentu

Dalam kondisi tertentu yang dibutuhkan tubuh, hormone insulin ini akan menghambat pelepasan asam amino pada sel-sel tubuh ke plasma. Jadi, keberadaan pada protein ini akan tetap seimbang.

12. Menghambat Gluconeogenesis Dalam Hati

Glukogeogenesis adalah mekanisme sintesis glukosa menggunakan bahan baku yang selain karbohidrat, pada proses ini dijalankan oleh tubuh guna terpenuhinya kebutuhan akan glukosa tersebut, yaitu pada saat karbohidrat ini tidak tersedia dengan jumlah cukup di dalam makanan.

Baca Juga :  Macam Macam Enzim Pada Pencernaan Manusia Terlengkap

Substrat utama yang dipakai ialah asam amino glikogenik, gliserol, laktat dan propionate. Pada saat mengalami gluconeogenesis, maka insulin akan mengurangi aktivitas enzim dengan menstimulasi glukogenesis yang ada di dalam hati, jadi asam amino ini yang dipakai nantinya sebagian besar asalnya dari plasma.

Jadi, dapat disimpulkan dari keberadaan hormone insulin ini dalam tubuh manusia sangat penting. Khusunya adalah dalam hal metabolisme makanan. Hal ini karena insulin berkaitan erat dengan keseimbangan dari glukosa darah. Sekian dari pembahasan ke 12 fungsi insulin dalam tubuh manusia. Semoga dengan kalian mempelajari artikel ini kalian akan lebih mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga:

/* */