11 Contoh Simbiosis Parasitisme Pada Lingkungan Sekitar Yang Sering Dijumpai

Posted on

11 Contoh Simbiosis Parasitisme Pada Lingkungan Sekitar Yang Sering Dijumpai

11 contoh simbiosis parasitisme pada lingkungan sekitar yang sering dijumpai – simbiosis ialah hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup dengan saling berdampingan. Simbiosis terdiri atas 2 macam, yakni simbiosis mutualisme dan simbiosis paratisme. Nah, kali ini kita akan fokus pada simbiosis paratisme.

11 Contoh Simbiosis Parasitisme Pada Lingkungan Sekitar Yang Sering Dijumpai

Namun, sebelumnya kita kenali dulu apa satu persatu apa yang dimaksud dengan kedua simbiosis tersebut. Simbiosis mutualisme ialah hubungan dua makhluk hidup dengan saling menguntungkan. Sementara simbiosis paratisme ialah hubungan antara dua makhluk hiudp dengan hanya menguntungkan satu pihak saja, sementara pihak yang lainnya dirugikan.

Contoh simbiosis mutualisme kemungkinan sudah banyak yang tau. Yakni contohnya bunga dengan lebah, jamur dengan lumut kerak, burung jalak dengan kerbau, buga dengan kupu-kupu dan masih banyak lagi lainnya. semua makhluk hidup ini saling memberikan keuntungan serta menerima keuntungan diantara satu dengan lainnya. sementara yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai contoh simbiosis paratisme.

Baca Juga :   Simbiosis : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

Berikut ini 11 contoh simbiosis parasitisme pada lingkungan sekitar yang sering dijumpai :

1. Nyamuk dengan manusia

Contoh simbiosis paratisme yang ada di lingkungan sekitar pertama ini adalah nyamuk dengan manusia. Nyamuk mendapatkan sumber makanannya melalui cara menghisap darah manusia. Nah, dampak ini yang akan dipicu sebab gigitan nyamuk itu yakni kulit akan merasa gatal serta bentol-bentol, bahkan yang lebih parahnya lagi ini manusia yang tergigit oleh nyamuk jenis malaria bisa mengalami penyakit demam berdarah.

2. Kutu rambut dengan manusia

Kondisi kepala maupun rambut yang mempunyai kutu sudah pasti akan merasa sangat gatal jadi tak jarang bila menjadi menggaruk-garuk kepala secara terus menerus. Sementara kutu rambut ini bisa seenaknya akan merayap serta menghisap darah di kepala, tentunya kepala kita ini menjadi sarang yang sangat menguntungkan untuk kutu rambut guna memperoleh makanan sementara untuk pemilik kepala tentunya merasa dirugikan sekali.

3. Cacing tambang dengan usus manusia

Daur hidup cacing tambang yang ada di usus manusia merupakan tempat yang sangat menguntungkan untuk cacing tambang sebab dapat seenaknya menghisap darah dari inangnya yakni usus. Sementara orang yang mempunyai usus ini akan terjadi anemia akut atau bahkan bisa kekurangan darah yang bisa mengakibatkan pada kematian.

4. Benalu dengan inangnya

Benalu merupakan tumbuhan parasite obligat yang menempel di batang pohon tumbuhan lain agar dapat tetap hidup. Benalu akan mengambil air serta unsur hara yang asalnya dari inangnya yakni pohon, sebab benalu tak mempunyai akar guna merayap air dari tanah.
Sementara pertumbuhan ujung batang pohon bisa terjadi kekeringan sebab cadanganair serta unsur hara yang telah dibawa inangnya akan diambil oleh benalu.

Baca Juga :   7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan Terlengkap

5. Tikus dengan petani

Contoh simbiosis paratisme yang ada di lingkungan sekeliling kita berikutnya adalah tikus dengan petani. Hewan pengerat tersebut kerap kali dijumpai dimana-mana. Kadang tikus akan hidup di sawah guna memakan tanaman padi si pemilik petani. Tentunya petani akan terjadi kerugian sebab tanaman padinya akan dimakan oleh tikus.

6. Jamur panu dengan tubuh manusia

Simbiosis satu ini paling merugikan sekali untuk manusia, sebab tubuh maupun kulit yang sudah terjangkit jamur panu akan merasakan gatal dengan sangat luar biasa dan merugikan sekali bagi manusia. Jamur panu akan mendapatkan makanannya yakni dari penyerapan protenin dari kulit manusia.

7. Lalat dengan buah-buahan

Lalat betina akan memberikan suntikan pada telurnya di dalam buah dengan tujuan guna menyimpan telurnya serta nantinya telur ini akan menetas sebagai larva kemudian berkembang menjadi lalat yang dewsa. Namun, dampak dari yang dialami pada buah itu adalah buah akan menjadi cepat busuk maupun rontok saat sebelum dipetik.

8. Tali putri dengan inangnya

Dulunya, saat kita masih kecil pasti kerap bermain dengan tanaman mie yang warnanya kuning. Nah, tanaman inilah yang bernama tali putri. Ternyata, tanaman mie yang kerap dibuat permainan oleh kita dulu ini bagian dari contoh simbiosis paratisme. Hal ini disebabkan tanaman ini tidak mempunyai klorofil, jadi ia akan mencari makannya dengan cara menempelkan ditanaman lain guna metabolisme serta untuk bertahan hidup.

9. Manusia dengan cacing pita

Pada hubungan tersebut, cacing pita yang berada di dalam usus manusia akan mengambil makanan sari makanan manusia, yang mana secara umum sari sari makanan harusnya menjadi metabolisme karbohidrat guna dipakai sebagai energi. Hal ini pastinya bisa merugikan manusia sebab mereka akan kehilangan sari makanannya, namun disisi yang lain hal tersebut bsia menguntungkan sekali untuk cacing pita ini sebab memeperoleh makanan dengan gratis.

Baca Juga :   Ekosistem Laut Dangkal : Pengertian dan Definisinya Terlengkap

10. Raflesia dengan inangnya

Bunga raflesia arnoldi adalah salah stau bunga langka di dunia serta di Indonesia sendiri hanya dijumpai did aerah Bengkulu. Walaupun terlihat menawan, namun tanaman tersebut menjadi parasite bagi tanaman inangnya serta inangnya sendiri menjadi sangat dirugikan sebab kehilangan sejumlah hasil fotosintesisnya.

11. Lintah dengan makhluk hidup

Lintah adalah jenis hewan yang hidup pada lingkungan lembab. Hubungannya dengan makhluk hiudp tak bagus. Sebab lintah ini jenis lintah penghisap darah. Sehingga jika lintah menempel atau bahkan masuk dalam tubuh makhluk hidup maka makhluk hidup ini akan kekurangan darah bahkan bisa memicu kematian.

Nah, itu tadi mengenai 11 contoh simbiosis parasitisme pada lingkungan sekitar yang sering dijumpai. Simbiosis ini merupakan kebalikan dari simbiosis mutualisme, sebab merugikan makhluk hidup lainnya. semoga menambah wawasan kalian. Terima kasih

Baca juga: