10 Jenis Kelainan Mata yang Harus Diwaspadai

5 (100%) 1 vote[s]

10 Jenis Kelainan Mata yang Harus Diwaspadai

Jenis kelainan mata – kelainan mara ini dapat terjadi oleh setiap orang yang tidak mengenal batas usia. Walaupun sebagian dari kelainan ini dapat pulih dengan otomatis, akan tetapi sebagian lainnya ini pun memerlukan pengobatan pada dokter mata. Berikut ini akan kami kupas tentang jenis kelainan mata.
Kelainan mata ini jangan dianggap remeh. Jika tidak segera mendapatkan penanganan tepat, maka kelainan mara bisa membuat kalian akan kesulitan menjalani kegiatan sehari-harinya. Sejumlah kelainan mata hingga bisa mengakibatkan kebutaan yang jika tidak segera ditangani.

Jenis Kelainan Mata

Mari kita cermati dengan seksama berbagai jenis kelainan pada mata yang sangat sering kita temui, antara lain :

1. Rabun jauh

Rabun jauh atau dikenal dengan miopia ialah keadaan ketika mata yang terlihat samar melihat benda jarak jauh. Rabun jauh ini secara umum diakibatkan oleh faktor genetik. Untuk mengatasi hal ini atau rabun jauh ini dibutuhkan pemakaian kacamata, lensa konatk maupun dengan operasi laser mata (LASIK).

2. Rabun dekat

Rabun dekat adalah kebalikannya pada rabun jauh, yakni ketika mata terlihat samar saat melihat objek dari jarak dekat. Secara umum, hal ini dikarenakan faktor dari genetik pada orang tua yang telah mengidap rabun dekat. Penangan dari rabun dekat ini sama dengan rabun jauh yakni pemakaian kacamata, lensa konatk serta operasi laser mata.

Baca Juga :  Fungsi Penting Alveolus Bagi Paru Paru Manusia

3. Rabun senja

Rabun senja ialah kelainan pada mata yang mengalami ketika seseorang ini tidak dapat melihat di tempat yang menggunakan pencahayaan buruk, tempat gelap, maupun di saat malam hari.
Sejumlah penyebab dari rabun senja ini yang masih bisa teratasi oleh dokter tergolong pula diantaranya katarak, kekurangan vitamin A, dan juga rabun dekat. Akan tetapi, saat ini belum terdapat penyembuhan guna kasus dari rabun senja ini yang sudah terjadi semenjak lahir.

4. Astigmatisme

Astigmatisme ialah kelainan pad amata yang dikaibatkan oleh kelengkungan kornea maupun lensa yang tak sempurna maupun tidak rata.
Keadaan ini menyebabkan perubahan pada letak jatuhnya cahaya dalam retina, jadi mengakibatkan penglihatan jadi berbayang atau samar. Kelainan mata tersebut kadang mengalami sebab faktor keturunan.

5. Buta warna

Kalian dinyatakan terjadi buta warna bila tidak bisa melihat dari warna khusus maupun tidak dapat membedakan satu warna dan juga warna lainnya (kadang merah maupu hijau).
Keadaan ini diialami saat sel kerucut maupun sel warna dalam mata tidak da[at bekerja dengan normal. Pada umumbya, buta warna ini diderita seudah semenjak lahir, akan tetapi dapat pula berkembang di usia dewasa akibat pengaruh konsumsi sejumlah obat-obatan penyakit khusus.

6. Glaukoma

Glaukoma ialah penyakit dari gangguan saraf penglihatan sebab peningkatan tekanan di dalam obat bola mata. Peningkatan tekanan tersebut diduga berhubungan dengan tekanan darah tinggi, adanya sumbatan pada saluran air mata, maupun pemakaian obat mata yang golongannya kortikosteroid dengan berlebihan.

7. Konjungtivis

Konjungtivis maupun kerap dikenal dengan pink – eye adalah kelainan mata yang dialami sbab peradangan dalam konjungtiva (selaput tipis dengan melapisi bola mata serta kelopak mata dibagian yang dalam).
Kondisi tersebut kadang diakibatkan oleh sejumlah bakteri, alergi maupun viruus sampai dengan paparan asap rokok, barang kosmetik tertentu maupun dengan debu. Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci tangan secara baik menjadi salah satu dari pencegahan dari kelainana mata tersebut.

Baca Juga :  10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

8. Katarak

Katarak ialah kelainan pada mata yang dialami sebab akibat penumpukan dari protein lensa mata, jadi penglihatan ini menjadi terlihat samar. Tumpukan protein tersebut bisa dialami akibat dari proses penuaan, radiasi sinar ultraviolet, lalu obesitas, diabetes, cedera mata, atau bahkan dapat pula dari faktor bawaan dari lahir. Operasi katarak adalah pilihan terapi yang sangat tepat untuk pasien katarak.

9. Infeksi mata

Infeksi mata jenisnya banyak, paling sering infeksi dalam selaput lendir putih mata serta kelopak mata ataupun dapat dikenal dengan penyakit mata merah. Ada pula yang dikenal dengan belekan yang diakibatkan dari infeksi virus dan kadang disertai dengan infeksi bakteri.

Penyakit mata tersebut membuat mata jadi merah, bengkak atau bahkan merasakan nyeri dan memproduksi kotoran mata jadi banyak. Gejala belekan kadang membuat bulu mata ini saling menempel serta sulit untuk dibuka dalam waktu bangun tidur sebab terlalu banyak kotoran yang lengkat pada bulu mata.
Gangguan mata satu ini kadang menyerang pada anak anak serta sangat menular. Penyakit infeksi yang lainnya yakni bintitan yang dikarenakan oleh adanya infeksi pada bakteri dalam kelenjar di dasar bulu mata dan tergolong pula penyakit mata yang ringan. Pada umumnya ini akan menghilang dalam waktu kurang lebih 1 minggu sesuda bernanah.

10. Iridosiklitis

Penyebab dari iridosklitis ini asalnya dari gigi yang berlubang. Pada awalnya, penyakit ini adalah gangguan penglihatan tersebut yang tandanya mata merah, akan tetapi tidak ada kotorannya. Kemudian diselilingi rasa nyeri serta penglihatan agak terganggu sebab bintik hitam yang berterbangan. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit tersebut diobati dengan obat yang terjual bebas.

Jadi, kesehatan mata harus dijaga dengan sebaik mungkin, supaya fungsinya ini tidak terganggu. Jika kalian merasakan keluhan maupun kalainan pada mata atau bahkan kelainan dalam mata, maka segeralah untuk memeriksakan ke dokter mata supaya bisa diberikan penanganan yang sesuai. Semoga dengan adnaya tulisan ini tentang jenis kelainan mata dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Baca Juga :  6 Fungsi Kantong Empedu Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Baca juga:

/* */