10 Contoh Hewan Asiatis Dan Penjelasannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

10 Contoh Hewan Asiatis Dan Penjelasannya Lengkap

10 contoh hewan asiatis dan penjelasannya – contoh hewan asiatis adalah hewan yang ada di wilayah dataran pulau sunda di sebelah barat wallace yaitu badak bercula satu, orang utan dan yang lain berbeda dari contoh hewan autrialis. Hewan fauna yang tergolong keanekaragaman hayati di indonesia pada kelompok asiatis merupakan hewan yang banyak dijumpai pada wilayah dataran sunda. Berikut mengenai 10 contoh hewan asiatis dan penjelasannya.

10 Contoh Hewan Asiatis Dan Penjelasannya Lengkap

Dataran yang tergolong ke dalam dataran sunda, antara lain :

  • Pulau sumatera
  • Pulau kalimantan
  • Pulau jawa
  • Pulau bali

Contoh Hewan Asiatis Dan Penjelasannya

Pada hewan yang tergolong dalam jenis fauna asiatis mudah sekali untuk ditemukan.

1. Gajah

Gajah merupakan hewan yang mempunyai bobot yang paling besar bukan termasuk contoh hewan melata. Hewan tersebut mempunyai ciri khas hidungnya yang panjang. Hidung ini kerap dikenal dengan belalai. Hewan gajah pun mempunyai telinga yang lebar dengan warna kulit abu abu.

Gajah merupakan hewan yang dipakai ikon negara dari thailand. Gajah pun mempunyai kaki yang paling kuat dengan rambut sedikit di bagian kepalanya. Gajah merupakan hewan yang tergolong ke dalam kelompok jenis hewan herbivora yang mana hewan tersebut akan memakan dedaunan serta tumbuhan.

Hewan tersebut pun mempunyai suara sangat khas sekali. Gajah diburu banyak masyarakat guna diambil bagian gadingnya gajah. Kulit gajah kasar serta berkerut. Gajah sumatera saat ini habitatnya sudah semakin lama dan semakin terancam. Hal tersebut yang akan membikin gajah menjadi semakin mengkhawatirkan keberadaannya.

Baca Juga :  7 Jenis Makanan Burung Berdasarkan Paruhnya Terlengkap

2. Harimau

Harimau merupakan contoh dari hewan mamalia yang ada di dalam puncak rantai makanan. Hewan tersebut adalah karnivora maupun hewan pemakan daging. Harimau pun diburu banyak guna diambil pada bagian kulitnya. Kulit harimau mempunyai belalang hitam serta orange yang paling menarik. Hewan tersebut saat ini sudah punah di jenis harimau jawa yang mana mempunyai ukuran yang paling besar daripada dengan harimau jenis yang lain.

Harimau jawa terjadi penurunan luas jelajah serta habitat dari kekuasaan jadi harimau sering kesulitan guna bertahan. Harimau pun banyak diburu dengan liar oleh sejumlah orang yang tak bertanggungjawab. Harimau sumatera sampai saat ini masih dapat dijumpai akan tetapi keberadaannya pun kian terancam. Hal tersebut jadi perhatian yang serius guna menyelamatkan hewan predator tersebut. Pada jenis harimau jawa sudah dijalankan penelitian selama 20 tahun dan sampai saat ini belum dijumpai tanda adanya hewan harimau. Status hewan harimau jawa ini sudah dinyatakan punah.

3. Badak bercula satu

Badak bercula satu bisa dijumpai di daerah ujung kulon. Hewan tersebut mempunyai perawatan paling besar. Populasi badak jawa sampai sekarang ini tak ada perkembangan. Hal tersebut dikarenakan luas habitatnya dari badak yang tak terbatas. Badak paling sulit untuk dijumpai. Hal tersebut disebabkan badak bercula satu mempunyai penciuman yang paling sensitiv kepada manusia. Badak tersebut pun tergolong dalam kelompok dari hewan herbivora yang mana hewan tersebut aka memakan dedaunan. Badak mempunyai ukuran kaki yang paling besar. Hewan tersebut sampai saat ini hanya bisa diamati lewat kamera trap.

4. Badak bercula dua

Badak bercula dua bisa dijumpai di daerah sumatera dan bukanlah menjadi contoh hewan annelida. Hewan tersebut menjadi salah satu jenis mamalia yang lumayan sulit untuk berkembangbiak. Badak tersebut tergolong ke dalam hewan herbivora. Hewan herbivora ada di urutan kedua di dalam rantai konsumen yang mengonsumsi produsen. Hewan badak pun mempunyai ukuran yang paling besar. Badak mempunyai kebiasaan k=guna berkubang dalam lumpur.

Baca Juga :  Sistem Pernapasan Hewan Mamalia : Definisi, Proses, Ciri dan Contohnya Lengkap

5. Orang utan

Hewan orang utam merupakan hewan yang bisa dijumpai di hutan kalimantan. Hewan tersebut pun bisa terjadi penyempitan lahan habitat nan kini populasinya menjadi semakin terancam. Orang utan tergolong ke dalam hewan mamalia yang mempunyai cara perkembangbiakan dengan vivipar maupun melahirkan. Orang utan pun banyak dibunuh sebab hutan kalimantan banyak yang dilakukan peralihan fungsi. Hal tersebut memberikan keprihatinan di kelangsungan hidup pada orang utan. Orang utan hidup dengan cara berkelompok serta soliter.

6. Kancil

Kancil merupakan hewan yang ditemui banyak di daerahh hutan dan juga dataran rendah. Kancil pun adalah salah satu jenis mamalia yang mempunyai tubuh kecil. Kancil hewan yang ditemuui hidup di soliter. Kancil pun tergolong ke dalam hewan yang hidup dengan cara soliter maupun sendiri.

7. Beruang madu

Beruang madu merupakan hewan yang mempunyai warna rambut hitam dengan menutupi semua bagian tubuhnya. Hewan tersebut merupakan hewan yang lumayan menyeramkan. Hewan tersebut masuk kategori mamalia dengan perkembangbiakan melahirkan atau vivipar.

8. Beo

Burung beo merupakan burung yang paling didomestikasi sebab burung pintar, jadi bisa menirukan apa yang akan dikatakan oleh majikannya. Burung pun mempunyai banyak jenisnya.

9. Bekanten

Bekanten ialah hewan yang asalnya dari pulau kalimantan. Bekantan mempunyai ciri khas yakni hidungnya besar. Hewan tersebut dipakai sebagai ikon tempat wisata jakarta utara yaitu dufan. Hewan bekantan merupakan salah satu bagian hewan dilindungi sebab status keberadaannya yang punah.

10. Kera ekor panjang

Kera ekor panjang tergolong kelompok mamalia dengan hidup mengelompok. Hewan tersebut banyak diburu dan dijadikan sebagai penampilan doger monyet.

Nah, itu tadi mengenai 10 contoh hewan asiatis dan penjelasannya. Beberapa hewan ini termasuk keanekaragaman hayati yang ada di indonesia yang banyak dijumpai di wilayah dataran sunda. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian semua.

Baca Juga :  Daur Hidup Aurelia Aurita (Ubur-Ubur) dan Struktur Tubuhnya Terlengkap

Baca juga: