10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jantung Pada Manusia

10 Cara kerja jantung pada manusia – jantung berasal dari bahasa latin “cor” yang artinya sebuah rongga atau organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi berirama yang berulang. Jantung berperan penting dalam kehidupan manusia, karena berfungsi di dalam sistem peredaran darah. Jantung terletak di rongga dada sebelah kiri, tepatnya diantara organ paru – paru sebelah kanan dan paru – paru sebelah kiri. Massa jantung kurang lebih 300 gram dan besarnya sekitar sebesar kepalan tangan. Bisa dikatakan, jantung adalah mesin ajaib yang mampu memompa cairan tanpa berhenti sampai 2 miliyar kali. Serta, mensirkulasikan cairan sebanyak 200 – 400 liter per hari.

Lalu bagaimanakah sebenarnya prinsip kerja jantung? Dan apa sajakah bagian – bagiannya?. Untuk itu pada artikel kali ini, akan diulas lebih jelas tentang cara kerja jantung.

A. Struktur Jantung Manusia

Sebelum membahas tentang cara kerja jantung, akan lebih baik jika mengetahui sedikit tentang struktur jantung terlebih dahulu.
Bagian dari jantung sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian internal dan eksternal. Berikut penjelasan singkat mengenai struktur dari jantung :

1. Struktur Internal

Bagian pertama dari jantung yaitu bagian internal. Bagian internal jantung ialah bagian yang letaknya berada di bagian dalam jantung itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai bagian internal dari jantung :

  • Jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi 2 belah bagian dari atas ke bawah dan menjadi dua pompa.
  • Kedua pompa ini tidak pernah tersambung.
  • Belahan jantung tersebut terdiri atas 2 rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung.
  • Kemudian jantung dapat disimpulkan memiliki 4 rongga.
  • 4 rongga tersebut yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
  • Jantung juga memiliki dinding serambi yang berada di dalamnya.
  • Ketebalan dinding serambi jauh lebih tipis dibandingkan dengan dinding bilik. Karena dinding bilik berperan dalam melawan gravitasi melawan gaya dan gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas. Selain itu juga memerlukan gaya yang lebih besar untuk dapat mensuplai peredaran darah. Khususnya pada pembuluh darah aorta yang berperan sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh.
  • Katup trikuspidalis adalah katup yang dimiliki oleh serambi kanan dan bilik kanan pada jantung.
  • Katup Mitralis/Bikuspidalis atau sering disebut juga dengan katub berdaun dua adalah katup yang dimiliki oleh serambi kiri dan bilik kiri.
Baca Juga :  Sistem Imunisasi : Pengertian, Fungsi, dan Jenis - Jenisnya Lengkap

2. Struktur Eksternal

Bagian ini juga bagian yang sangat vital di dalam struktur jantung. Bagian eksternal mempunyai peran yang tidak dapat dilupakan dan dianggap remeh. Berikut penjelasan singkat mengenai struktur eksternal dari jantung :

  • Lapisan endhotelium merupakan lapisan menyusun struktur eksternal yang satu otot tunggal.
  • Jantung terletak di rongga torakik lebih tepatnya letaknya berada di bagian balik tulang dada.
  • Pada bagian eksternal, struktur jantung berbelok ke bawah dan mengarah sedikit ke kiri.
  • Hampir sepenuhnya jantung diselubungi oleh paru-paru.
  • Selaput perikardium merupakan selaput ganda yang menyekat Jantung yang terletak di bagian diafragma dari paru – paru dengan posisi menempel pada diafragma.
  • Pada lapisan pertama, lapisan itu menempel sangat erat pada jantung. Sedangkan lapisan luarnya menempel sedikit longgar dan berair. Karena itu berguna untuk menghindari gesekan yang terjadi antara organ di dalam tubuh yang terjadi. Yang dikarenakan adanya gerakan konstan memompa jantung.
  • Pada jantung, terdapat 2 garis pembelah. Fungsi garis itu adalah untuk menunjukkan dimana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.

B. 10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia

Setelah membahas mengenai sturktur jantung, sekarang akan membahas mengenai cara kerja jantung. Berikut ini adalah 10 cara kerja jantung pada manusia :

  1. Diastol adalah kegiatan jantung yang berdenyut yang kemudian semua ruang dalam jantung mengendur dan terisi darah.
  2. Proses Sistol adalah jantung akan kembali berdenyut dan kemudian memompa darah keluar dari jantung.
  3. Kemudian, kedua serambi akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Kedua bilik pun akan berkontraksi secara bersamaan.
  4. Setelah itu, darah yang memiliki banyak sekali kandungan karbon dioksida dan kehabisan oksigen yang berasal dari seluruh tubuh masuk ke dalam jantung melalui vena cava menuju ke dalam atrium kanan.
  5. Setelah atrium kanan terisi oleh darah yang masuk melalui vena cava, selanjutnya yaitu atrium kanan akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.
  6. Selanjutnya, darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru.
  7. Kemudian, darah akan mengalir ke pembuluh darah kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru. Disana terjadi proses penyerapan oksigen dan pelepasan karbon dioksida. Selajutnya, darah akan dialirkan kembali ke jantung.
  8. Darah yang sudah kaya akan oksigen akan dialirkan menuju ke dalam vena pulmonalis untuk dialirkan lagi ke atrium kiri. Peredaran darah ini disebut dengan sirkulasi pulmoner, karena darah dialirkan ke paru-paru.
  9. Selanjutnya, darah yang sudah berada di atrium kiri akan dialirkan kembali menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis. Kemudian akan memompa darah bersih melewati katup aorta masuk ke dalam aorta.
  10. Pada proses terakhir, darah yang kaya akan oksigen ini akan dialirkan ke seluruh tubuh kecuali paru-paru.
    Proses kerja jantung ini akan terus berjalan seperti itu sampai manusia meninggal dunia. Proses jantung tidak akan pernah berhenti meskipun hanya sedetik.
Baca Juga :  6 Fungsi Kantong Empedu Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Itulah pembahasan tentang 10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */